The use of e-learning with "PAKSOBRI" to improve of students learning outcomes on Linear Algebra at Wisnuwardhana University
Abstract
Keywords
References
Abas, H. M., Hairun, Y., & Tonra, W. S. (2020). Analisis Kesalahan Konsep Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Linear Pada Studi Kasus Mahasiswa Matematika Semester Iv Angkatan 2016. Saintifik@ Jurnal Pendidikan MIPA, 5(1), 5–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33387/sjk.v5i1.3641
Affandi, M. R., Widyawati, M., & Bhakti, Y. B. (2020). Analisis Efektivitas Media Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Pelajaran Fisika. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), VIII(2), 150–157. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2910
Alenezi, A. M., & Shahi, K. K. (2015). Interactive e-learning through Second Life with Blackboard Technology. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 891–897. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.555
Alimuddin. (2020). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Agama Islam Melalui Metode Penugasan dan Resitasi pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Balikpapan. Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, 2(1), 11–21. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/3123
Amelia, M. A. (2017). Analisis Soal Tes Hasil Belajar High Order Thinking Skills (Hots) Matematika Materi Pecahan Untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian, 20, 123–131.
Anas, A., & Munir, N. P. (2019). Penerapan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Universitas Cokroaminoto Palopo. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 49–57. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v4i2.1442
Asriningsih, Ni Wyn Nonik; Sujana, I Wyn; Darmawati, I. G. P. S. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media PowerPoint Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 251–259. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.36193
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Deepublish. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=lRQ3DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR6&dq=bilfaqih+y.+%26+qomarudin+m.+n.+(2015).+esensi+pengembangan+pembelajaran+daring.+yogyakarta+deepublish&ots=FZmEUNEnds&sig=UHZc4QqguTuqTOrcr8IFMUoUtbk&redir_esc=y#v=onepage&q&f=fal
Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K. K., Bhardwaj, A., Goyal, R. C., & Varghese, C. (2012). An eLearning System for Agricultural Education. Indian Res. J. Ext. Edu, 12(3), 132–135.
Dewi, K. E., & Rainarli, E. (2013). Penerapan Metode Penugasan dalam Perkuliahan Aljabar Linier dan Matrik. Majalah Ilmiah UNIKOM, 12(2), 187–194. https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jurnal-unikom/article/view/29
Efendi, D., & Wulantina, E. (2021). Hasil Belajar Mata Kuliah Program Linear Pada Pembelajaran Full Online Berdasarkan Gender. LINEAR Journal of Mathematics Education, 2(1), 83–90. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/linear/article/view/3205
Ferdiansyah;, Ambiyar;, Zagoto, M. M., & Putra, I. E. D. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis E Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Media Pembelajaran Musik. KOMPOSISI: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Seni, 21(1), 63–72. https://doi.org/10.24036/komposisi.v21i1.42098
Fitria, M., Arnawa, M., & Lufri. (2014). Pengembangan Modul Aljabar Linear Elementer Bernuansa Konstruktivisme Berbantuan ICT. EKSAKTA, 1, 34–42. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/eksakta/article/view/3450
Gita, I. N., & Apsari, R. A. (2018). Scaffolding in problem based learning to increase students’ achievements in linear algebra. Journal of Physics: Conference Series, 1040(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1040/1/012024
Gustianingrum, R. A., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Objek Matematika pada Materi Determinan dan Invers Matriks. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225–244. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.977
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.
Handayani, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat-Sifat Operasi Hitung Campuran, FPB, dan KPK Melalui Penerapan Metode Penugasan. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2), 61–66. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/jino.v4i2.6540
Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran Matematika di masa pandemic covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistik. Jurnal Math Educator Nusantara, 6(2), 179–189. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14813
Harahap, A. N., & Abidin, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis E-learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. JURNAL MathEdu, 4(2), 231–235. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2733
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. JPE, 10(1). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/3438
Hermawan, R., & Wicaksono, V. D. (2021). Analisis Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Melalui Metode Penugasan Pada Pembelajaran Ppkn Secara Daring Kelas V Sdn Balasklumprik I Surabaya. JPGSD, 09(07), 2861–2970. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/41483
Hignasari, L. V., & Supriadi, M. (2020). Pengembangan E-Learning dengan Metode Self Assessment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Mahendradatta. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 206–219. https://doi.org/10.33394/JK.V6I2.2476
Khairani, B. P., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMA Pada Materi Matriks. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 505–514. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.981
Kristiana, A. I. (2014). Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Dengan Authentic Assesment Pada Mata Kuliah Aljabar Linier Prodi Pendidikan Matematika Fkip Universitas Jember. Kadikma, 5(3), 89–98. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/kdma.v5i3.1377
Kurniawan, R., Silalahi, L. B., Limbong, C., & Tambunan, H. (2021). Analisis Literasi, Komunikasi Dan Penalaran Matematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Selama Pembelajaran E-Learning. Jurnal Pendidikan Matematiksa: Judika Education, 4(1), 56–70. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/judika.v4i1.2312
Nawafilah, N. Q. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Menggunakan Operasi Baris Elementer. Jurnal Reforma, 8(1), 167. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.112
Patricia, F. A. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Persamaan Kuadrat Pada Mata Kuliah Aljabar Elementer. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 1(2), 8–15. https://doi.org/10.33503/prismatika.v1i2.430
Rahmi, Mardiyah, A., & Juwita, R. (2017). Analisis Kebutuhan Mahasiswa Dalam Mengikuti Perkuliahan Aljabar Linear Elementer. Lemma, III(2), 1–7.
Rosita, C. D., Laelasari, L., & Noto, M. S. (2014). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Aljabar Linear 1. Jurnal Euclid, 1(2), 60–69. https://doi.org/10.33603/e.v1i2.345
Ruswana, A. M. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Aljabar Linier Elementer. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 03(02), 293–299. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.111
Safitri, D. N., Kusmayadi, T. A., & Usodo, B. (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatf Peer Tutoring Dan Mandiri Dengan E-Learning Pada Pokok Bahasan Aljabar Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(1), 99–109. https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/10368
Sagita, M., & Khairunnisa. (2019). Pemanfaatan E-Larning bagi Para Pendidik di Era Digital 4.0 (Utilization of E-Learning for Educators in Digital Era 4.0). Jurnal Sosial Humaniora, 2(2), 1–7.
Sari, D. I. (2016). Keefektifan Metode Silih Tanya Model Kompetisi Biasa Jenis 1 Antar Mahasiswa Pada Materi Ruang Vektor Matakuliah Aljabar Linear Elementer Semester V. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 17. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.851
Sary, F. P., & Prasetio, A. (2021). Pengaruh Pemanfaatan E-learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah E-Commerce di Universitas Telkom Bandung. Edum Journal, 4(1), 29–39. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/edumjournal.v4i1.75
Siskawati, F. S. (2019). Effectiveness of Using “PAKSOBRI” with Quiz Faber to Improve Students’ Problem Solving Abilities at Islamic University of Jember. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(1), 7–15. https://doi.org/10.36835/axi.v4i1.339
Siskawati, F. S., & Chandra, F. E. (2018). Pengembangan “Paksobri” Dengan Quiz Faber Mata Kuliah Aljabar Linier Elementer Di Universitas Islam Jember. Gammath, 3(2), 26–37. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/JPM/article/view/1604/1320
Soesanto, R. H. (2021). Tinjauan Analisis Kesalahan Mahasiswa Pada Mata Kuliah Aljabar Linear Berdasarkan Model Tahapan Kastolan. De Fermat: Jurnal Pendidikan …, 4(1), 1–12. http://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/defermat/article/view/147
Suparti. (2014). Penggunaan Metode Penugasan Atau Resitasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Dalam Memahami Konsep Mengenal Pecahan Sederhana. Pedagogia, 3(1), 54–66. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i1.57
Suryaningsih, Y. (2016). Korelasi Hasil Belajar Mata Kuliah Aljabar Linear dan Matriks Mahasiswa Program Studi Matematika FKIP Universitas Lambung Mangkurat. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4, 118–125.
Widiyasari, R. (2017). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa Dengan Mind Map Berbantuan E-Learning Melalui Edmodo. Jurnal Teknodik, 21(1), 027. https://doi.org/10.32550/teknodik.v21i1.270
Yazdi, M. (2012). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek, 2(1), 143–152. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/FORISTEK/article/view/665
DOI: https://doi.org/10.29103/ijevs.v4i4.5792
Article Metrics
Abstract Views : 179 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Cynthia Tri Octavianti* Yunita Oktavia Wulandari & Fitria Khasanah