Improving the Ability of Representation and Problem Solving Through Concrete Representational Abstract (CRA) Approach in Mathematical Learning
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amri. (2009). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematik Siswa SMP melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Induktif-Deduktif. Tesis SPs UPI Bandung.
Hudiono, Bambang. (2005). Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Terhadap Pengembangan Kemampuan Matematik dan Daya Representasi pada Siswa SLTP. Bandung: Disertasi UPI.
Hutagaol, K (2007) Pembelajaran Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis SPs UPI Bandung.
Hwang, W.-Y., Chen, N.-S., Dung, J.-J., and Yang, Y.-L. (2007). Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System. Educational Technology & Society.
Jones, A.D. (2000). The Fifth Process Standard : An Argument to Include Representation In Standard 2000. [online] Available : htttp://www.math.umd.edu/~dac/650/jonespaper.html. [3 Januari 2018]
Kemendikbud (2013). Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar SMP/ MTs. Jakarta: Kemendikbud
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States.
Pinellas County Schoolls. (2000). Division of Curriculum And Instruction Secondary Mathematics. [online] Tersedia http://fcit.usf.edu/fcat8m/resource/mathpowr/fullpower.pdf
Nurhasanah, Farida. (2010). Abstraksi Siswa SMP dalam Belajar Geometri Melalui Penerapan Model Van Hiele dan Geometers Sketchpad. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung.
Rahmawati, Ade. (2013). Penerapan Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan CRA (Concrete-Representational-Abstract) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung.
Saepuloh, Asep Rahmat. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Sinetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung.
Steedly Kathlyn, dkk. (2008). Effective Mathematics Instruction. NICHCY.
Tabrani, Rusyan. (2008). Cara pembelajaran matematika seri I. Semarang:PT Bengawan Ilmu.
Yuliawaty, Lia. (2011). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan CRA (Concrete Representational Abstract) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung.
Wardhani dan Rumiati (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP : Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
DOI: https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i3.1585
Article Metrics
Abstract Views : 1191 timesPDF Downloaded : 264 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Zulfakri Zulfakri, M. Ikhsan, Yusrizal Yusrizal