Marginalization of Genggong Art in Batuan Villages in the Global Era
Abstract
Keywords
References
Adorno, T.W dan Horkheirmer, (2003). “Teori Sosial Kritis, Penerapan dan Implikasinya”, (terjemahan Nurhadi). Yogjakarta: Penerbit Kreasi Wacana.
Astita Komang, dkk., (2015). “Peta Kesenian dan Budaya Bali, Seni Pertunjukan Modal Dasar Pesta Kesenian Bali dan Pembangunan Bali Berkelanjutan”. Denpasar : Deva Communications.
Bandem I Made, (2013). “Gamelan Bali Di Atas Panggung Sejarah”. Denpasar: BP STIKOM Bali.
Bandem I Made, dkk., (2004). ”Kaja dan Kelod, Tarian Bali dalam Transisi”. terjemahan I Made Marlowe Makaradhwaja Bandem, Yogyakarta: Istitut Seni Indonesia Yogyakarta.
Barker Chris, (2014). “Kamus Kajian Budaya”. Yogyakarta : Kanisius Anggota IKAPI.
Budiarsa I Wayan, dkk., (2014). “Bentuk Pertunjukkan Dramatari Genggong di Desa Batuan Gianyar”. Denpasar: Jurusan Seni Tari, Fakultas Seni Pertunjuakan Institut Seni Indonesia Denpasar.
Darsana I Ketut, dkk., (2002). “Dokumentasi Tari-Tari Tradisonal Bali”. Denpasar: Dinas Kebudayaan Propinsi Bali.
Djelantik A.A.M., (1992). “ Ilmu Estetika Jilid I dan II Falsafah Keindahan dan Kesenian”. Denpasar Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI).
George Dickie, (1979). Aesthetics. Idianapolis: Pegasus, Bobbs-Meril Education Publishing.
Gie The Liang, (1996). Filsafat Seni. Yogyakarta: Pusat Belajar Ilmu Berguna.
Griya I Wayan, dkk, (1998). Taksu Never anding art creativity. Denpasar: Cultural Affairs Office of Province and Taksu Foundation.
Ibrahim Idi Subandi, (1997). Lifestyle ecstasy, Kebudayaan POP Dalam Masyarakat Komuditas Indonesia. Yogyakarta: Diterbit oleh Jalasutra.
Kunst Jaap and C.J.A. Kunst Van Wely, (1925). The Toonkunst van Bali. Amsterdam: Waltervreden; Koninklikjk Bataviaasch Genootschaap,
Kunst Jaap, (1968). Hindu Javanese Musical Instruments 2nd ed”. Amsterdam: The Hague; Matinus Nijhoff.
Kontjaraningrat, (1993). “ Masyarakat Terasing”. Jakarta: Gramedia.
Langer, S.K., (1971). Philosopy in New Key. Harvard Universitity: Cambride, Massachusetts.
Oka Sudira, (2010), Ilmu Seni dan Praktik. Jakarta Timur: Inti Prima Promosindo.
Piliang Yasraf Amir, (2010). Semiotika dan Hipersemiotika, Kode, Gaya dan Matinya Makna, Ed IV Plus DVD. Bandung : Matahari
Racki Christian, (1998). The Sacred Dances Of Bali . Denpasar: CV. Buratwangi.
Rai, S. I Wayan, (2001). Gong Antologi Pemikiran. Denpasar: Penerbit Mangi Press
Sadguna I Gede, I Made Indra, dkk., (2015). Genggong Dalam Karawitan Bali, Sebuah Kajian Etnomusikologi. Denpasar: Fakultas Seni Pertunjukkan Institut Seni Indonesia.
Sadguna Indra, Sutirtha, (2015). Genggong Dalam Karawitan Bali, Sebuah Kajian Etnologi. Denpasar: Fakultas Seni Pertunjukan ISI Denpasar.
Soedarsono, R.M., (1999). Seni Pertunjukan Indonesia di Era GLobalisasi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Suartaya Kadek, (1985). Genggong Di Desa Batuan. Denpasar: Penerbit Akademi Seni tari Indonesia Denpasar.
Suedarsono, Tati Narawati, (2011). Dramatari Indonesia Kontinuitas dan Perubahan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Sutrisno Mudji, Hendar Purwanto, (2005). Teori-Teori Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius.
Sugiyono, (2005). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D. Bandung: Alfa Beta.
DOI: https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i4.2553
Article Metrics
Abstract Views : 297 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 I Nyoman Winyana, I Nyoman Suarka, I Gde Arya Sugiarta