Understanding The Mathematical Consept Through The Development Of Student Worksheet (LKS) Model Of Discovery Guided For High School Students
Abstract
Keywords
References
Aan, P., Hendra, S. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan lembar kerja siswa berbasis penemuan terbimbing kelas VIII SMP. JEMS, 6(1):39-49.
Ahmad, T. (2009). Pengantar Metode Penelitian. Teras, Yogyakarta.
Alifia, I.F., Sri, P. (2015). Pengembangan lembar kegiatan siswa (LKS) berorientasi guided discovery untuk melatih ketrampilan berpikir kritis siswa pada materi asam basa kelas XI SMA. UNESA Journal of Chemical Education, 4(2):262–271.
Andini, J.M. (2016) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Trigonometri untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Padang. [Thesis]. STKIP PGRI SUMATERA BARAT. Padang
Anggi M.S., Christina, E.V. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berdasarkan Model Pembelajaran Guided Discovery. Aksioma, 9(1):97-112.
Astriani, A., Muhamad, F., Yadi, A. (2019). Pengembangan LKS berbasis discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada materi SPLTV. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPPM), 1(1):1-12
BSNP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pembelajaran tahun 2014. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan (Online).
Daryanto, Karim, S. (2018). Pembelajaran Abad 21. Gava Media, Yogyakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas, Jakarta.
Dodik, M., Lucy, A.P., Agusman, R. (2018). Penerapan metode penemuan terbimbingpada pembelajaran matematika siswa SMP. JOEAI, 1(1):51-58.
Eti, P., Irwandi, Tomi, H. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi dengan Menggunakan Model Discovery Learning dan Inkuiri di SMAN 2 Kepahiang. Prosiding. Seminar Nasional Sains dan Entreprenuership VI tahun 2019, Universitas PGRI Semarang. Semarang.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia, Bandung.
Hastari, R., Ghufron, K. (2018). Penggunaan lembar kerja siswa dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Karya Darma UT. Fibonancci, 4(2):155-160.
Inderwati, A.R. (2019). Pengaruh Model Guided Discovery dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Proses dan Hasil Belajar Peserta Didik Proximal, Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika,1(2):68-76.
Irsad, R. (2016). Pengembangan lembar kegiatan siswa berorientasi pembelajaran penemuan terbimbing (guided discovery learning) untuk melatih ketrampilan proses sains. Jurnal Pena Sains, 3(1):55-63.
Jacobsen, D. A., Eggen, p., Kauchak, D. (2009). Methods for Teaching: Metode-metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK - SMA. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Johnson, E. B. (2010). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Kaifa, Bandung.
Kiki, F., I, N.P., Swasono, R. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa materi perkalian matriks bercirikan penemuan terbimbing untuk siswa SMK kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(9): 21-29.
Linda, M.S., (2017). Penggunaan LKS berbasis discovery learning pada materi asam basa terhadap hasil belajar siswa di MAS Oemar Diyan Aceh Besar. [Skripsi]. UIN Ar-Raniry. Banda Aceh.
Mahdiana Nita. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-siku Kelas X SMA Islam Kepanjen. [Skripsi]. UM. Malang
Mariana, R. , Nila, M.M. (2017). Pengembangan LKS Trigonometri dengan Pendekatan Guided Discovery untuk SMA Kelas X. SEMINAR MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY. Yogyakarta.
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat bahan Ajar Inovatif. Diva Press, Yogyakarta.
Presthia, W., Nurhayati, M.S. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif, Musamus Journal of Mathematics Education,1(2):80-89.
Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta, Bandung.
Sefrida, N., Tika, S. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis penemuan terbimbing pada materi peluang untuk siswa kelas XI IPA SMA Abadiah 2 Padang. Mosharafa. Jurnal pendidikan matematika, 6(2):299-304
Sella, P. (2017). Pengembangan LKS berbasis contextual teaching and learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis bagi siswa kelas IV SDN 1 Nunggalrejo. [Tesis]. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Siti, N., H. Hartono. (2016). Pengembangan pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan berpikir kritis dan motivasi belajar geometri di SMP. Pythagoras, 11(2):207-218.
Untari, O.N., Zahra, C. (2016). Pengembangan LKS materi lingkaran berbasis pembelajaran guided discovery untuk siswa SMP kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1):12-23.
Yeni. M., (2016). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis discovery learning pada materi turunan fungsi untuk siswa kelas XI IPS di MA Patra Mandiri Plaju. [Skripsi]. UIN Raden Patah. Palembang.
Yulia, D.Y., Arcat, Hardianto. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis penemuan terbimbing untuk siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama pada materi kibus, balok, prisma dan limas. e-journal mahasiswa prodi matematika, 2(1):1-8
Zam, I.A., Firdha, R. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Metode Penemuan Terbimbing Untuk Pembelajaran Matematika Pada Siswa kelas XII SMA Negeri 1 Segeri, Jurnal Mosharafa, 7(1):1-12.
Zulkardi. (2001). Lingkungan Belajar RME di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Guru di Indonesia. Seminar Nasional RME. UNESA, Surabaya.
DOI: https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i5.2464
Article Metrics
Abstract Views : 635 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Chanafi Chanafi, Achmad Noor Fatirul, Hartono Hartono