The Dimension of Metacognitive Knowledge Categorized HOTS in Indonesian Language Exercise Book for Junior High School Students
Abstract
Keywords
References
Anderson, Lorin W. dan David R. Krathwohl. (2017). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Daryanto dan Syaiful Karim. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Fitri, Ruqoyyah. (2017). Metakognitif pada Proses Belajar Anak dalam Kajian Neurosains. Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 1, pp. 44-52.
Indarini, Endang, dkk. (2013). Pengetahuan Metakognitif untuk Pendidik dan Peserta Didik. Jurnal Satya Widya, Vol 29, No. 1, pp. 40-46.
Iskandar, Srini M. (2014). Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Sains di Kelas. Jurnal Erudio, Vol. 2, No. 2, pp. 13-20.
Kemendikbud. (2017). Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII (edisi revisi 2017).
Kemendikbud. (2017). Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII (edisi revisi 2017).
Kemendikbud. 2018. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas IX (edisi revisi 2018).
Mayer, Richar E. (2002). Rote Versus Meaningful Learning. Journal Theory Into Practice, Vol. 41, No. 4, pp. 227-232.
Musclich, Masnur. (2016). Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Nugroho, R. Arifin. (2018). HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Pintrich, Paul R. (2002). The Role of Metacognitive Knowledge in Learning, Teaching, and Assesing. Journal Theory Into Practice, Vol. 41, No. 4, pp. 219-225.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumampouw, Herry Maurits. (2011). Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Genetika (Artikulasi Konsep dan Verifikasi Empiris). Jurnal Bioedukasi, Vol. 4, No. 2, pp. 23-39.
Susantini, Endang. (2009). The Development of Biology Material Resources by Metacognitive Strategy. Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 16, No. 2, pp. 88-93.
DOI: https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i2.2320
Article Metrics
Abstract Views : 398 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Dian Rahmawati, Suhartono Suhartono, Titik Indarti