Development of Chemistry Subject Module to Improve Student’s Critical Thinking in SMA Negeri 1 Pulau-Pulau Terselatan Southwest Maluku
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, R. H. (1987). Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Terjemahan dari judul asli: Selcting and Developing Media for instruction. Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No 9. Jakarta: CV Rajawali.
Borg, W.R, Gall, M.D, and Gall J.P. (2003). Educational Research: An Introduction. New York: Pearson Education, Inc.
Daryanto, D. (2013). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media.
Facione, P. (2011). Critical Thinking. Whats It Is and Why Its Counts. Measured Reason and The California Academic Press
Femiceyanti, I. (2017). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Penyangga untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA. Thesis Magister Pendidikan Sains. Universitas Sebelas Maret Surakarta. (Online). Tersedia di https://eprints.uns.ac.id/31591/ diakses pada tanggal 11 Maret 2019
Fisher, A. (2003). Critical Thinking An Introduction. New York: Cambridge University Press.
Fitriani, N.I, dan Setiawa, B. (2017). Efektivitas Modul IPA Berbasis Etnosains Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 2 (2): 71-76. (Online). Tersedia di https://journal.unesa.ac.id//index.php/jppipa/article/view/3094. Diakses pada tanggal 12 Maret 2019.
Hadiwidodo, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Model Argument Driveb Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi Dan Hasil Belajar Siswa (Tesis magister pendidikan tidak dipublikasikan). Universitas Surabaya.
Khumairah, F. (2014). Pengembangan Modul Kimia Dasar Pada Materi Termokimia Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia. Jurnal. (Online). Tersedia di https://ejournal.unsri.ac.id/download. Diakses pada tanggal 25 Maret 2019.
Mimbs, C.A. (2005). Teaching From The Critical Thinking, Problem-Based Curricular Approach: Strategies, Challenges, And Recommendations. Journal of Family and Consumer Sciences Education, Vol. 23, No. 2: 7-18
Mukti, B. (2012). Berpikir Kritis. Bandung: Prosiding Simposium Nasional Inovasi Pembelajaran dan Sains (SNIPS). (Online). Tersedia di htttp://id.scribd.com/doc/8076824/berpikir-kritis. Diakses 12 November 2018.
Muttaqien, I. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis (Tesis magister pendidikan tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya
Nisa, E.K. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fluida Statis Dengan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA (Tesis magister pendidikan tidak dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya.
Philips, V & Bond, C. (2004). Undergraduates’ Experiences of Critical Tinking Higher Educational Research & Development. Journal 23 (3): 277-292.
Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIV
Pratama, G.W., Ashadi. Dan Indriyanti Y. (2017). Efektifitas Penggunaan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Koloid SMA Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS). Hal 150 – 156.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: kencana Prenada Media Group.
Santrock, J.W. (2004). Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Diterjemahkan dari buku aslinya Educational Psychology. Jakarta: Kencana.
Sudjana N, dan Ahmad Rivai. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wardoyo, Sigit Mangun. (2013). Pembelajaran Konstruktivisme.Bandung: Alfabeta.
Yanti, F.A., Sukarmin, Suparmi. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA/MA Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Pendidikan IPA. (Online),Vol. 4 No. 3. (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/inkuiri/article/view/7820, diakses 10 Juli 2019).
DOI: https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i8.2252
Article Metrics
Abstract Views : 308 timesPDF Downloaded : 89 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Sendry Richard Dahoklory, Yatim Riyanto, Sukma Perdana Prasetya