Internalization of Falsafah “Peri Mestike Gayo” as an Effort To Developing Students’ Characters Based on Local Authority In SMA 1 Takengon Aceh Central District
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ama Asfalah dan Ama M Thaib KB.; merupakan tokoh masayarakat dan anggota Majelis Adat Gayo (MAG) yang banyak memberikan masukan dan arahan pada saat Focus Group Discussion (FGD) yang digelar di Aula MAG hari Sabtu 21 September 2019.
Amin, S. (2011). Pewarisan Nilai Sejarah Lokal Melalui Pembelajaran Sejarah Jalur Formal dan Informan Pada Siswa di SMA Kudus Kulon. Jurnal Paramita: Historical Studies, 21 (1).
Bungin, B. (2008). Penetlitian Kualitatif, Jakarta: Kencana.
Dewantara, K., H. (1962). Karya Ki Hajar Dewantara: Bagian Pertama. Yogyakarat: Pertjetakan Taman Siswa.
Dewantara, K., H. (1977). Karya Ki Hajar Dewantara: Bagian Pertama. Yogyakarat: Majelis Luhur Taman Siswa
Ibrahim, M. (2013). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Adat Gayo. Banda Aceh: Al-Mumtaz Institut.
James P. Spradley, (2007). Metode Etnografi, Yogyakarta: Tiara Wacana.
Joni MN., (2016). Filsafat Daya Bahasa dan Adat Gayo. Takengon: Yayasan Pendidikan Prima.
Joni, (2018). Kajian Pragmatik Tuturan Bijak Peri Mestika Dalam Budaya Gayo, (Banda Aceh: Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh, Jurnal SUWA: Jurnal Sejarah dan Nilai Budaya, 32(1) Tahun, 2018), h. 20-34.
Moleong, L., J., (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung, Remaja Rosdakarya
Millan, J., H., M & Schummer, S., (2001). Research in Education; A. Conceptual Intuduction, New York: Longman.
Musanna, A (2017). Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewanta, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2 (1) Juni 2017. h. 122-130.
Nindhika, et al (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Sosial Budaya Melalui Pembelajaran Sejarah Pada Kelas X SMA Semesta Semarang Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal: Indonesian Journal of History Education, 6(1). 2018),15-32.
Pinan, A., R., H., A. (1998). Hakikat Nilai-Nilai Budya Gayo Aceh Tengah. Banda Aceh, CV. Rina Utama.
Sumber Data dari Dokumetasi Tata Usaha SMA Negeri 1 Takengon, 2019.
Tilaar, H., A., R., (2012). Kaleidoskop Pendidikan Nasional. Jakarta: Gramedia.
Uswatuddin & Joni. (2019). Serahen Anak Ku Tengku Guru, Tingok Sino Serahen Ulak Ku Urang Tue. Takengon: Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Tengah.
DOI: https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i8.2236
Article Metrics
Abstract Views : 371 timesPDF Downloaded : 111 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Indra Indra, Al Rasyidin, Sukiman Sukiman