Case-Based Learning in Forensic Accounting Education
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyanti, Ita. (2010). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Neger Semarang Angkatan 2008/2009. Skripsi.
Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.
Atmadja, A. T., Saputra, S., & Komang, A. K. (2014). The Effect Of Emotional Spiritual Quotient (ESQ) To Ethical Behavior In Accounting Profession With Tri Hita Karana Culture’s As A Moderating Variable. Research Journal of finance and Accounting, 5(7), 187-197.
Atmadja, A. T., & Saputra, K. A. K. (2015). The Effect of Total Quality Management, Emotional Intelligence. Critical Sociology, Creativity and Mentality of Education Accounting. International Research Journal of Finance and Economics, (139), 47-61.
Atmadja, A. T., & Saputra, K. A. K. (2018). Pengaruh Budaya Universitas Terhadap Kinerja Mahasiswa Akuntansi Dengan Kreativitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi di Perguruan Tinggi Se-Kabupaten Buleleng). Jurnal Akuntansi Aktual, 5(1), 22-30.
Bolgna, J. G., dan Linquist, R. J. (1995). Fraud Auditing and Forensic Accounting. New York: Wiley.
Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. 2004. Praktik Baik dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi: Buku I tentang Proses Pembelajaran. Jakarta.
Fitriaman. 2006. Perilaku Etis Auditor Internal Pemerintah dalam Perspektif ESQ. Tesis Program Studi Akuntansi, Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang.
Gaspersz, Jefry. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Akuntansi Berbasis Problem Terhadap Peningkatan Softskills Mahasiswa Jurusan Akuntansi Pada PTN dan PTS di Kota Ambon. Dinamika Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, Vol.4, No.1, Hal: 1- 10
Goleman, Daniel. 2000. Working With Emotional Intelligence. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.
Hafsah. (2013). Pengaruh IQ dan EQ Terhadap Prestasi Pembelajaran Komputerisasi Akuntansi pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi UMSU Medan. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis. Vol. 13, No. 2, Hal. 152-173.
Handoko, Hani T, dan Reksohadiprodjo Sukanto.(1996). Organisasi Perusahaan. Edisi kedua Yogyakarta: BPFE
Harsono. Dwiyanto, Djoko. (2005). Pembelajaran Berpusat Mahasiswa. Pusat Pengembangan, Pendidikan Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta.
Haryanto. (2007). Teori Yang Melandasi Pembelajaran Konstruktivistik. Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNY
Hopwood, William S., et al. (2008). Forensic Accounting. By The McGraw-Hill Companies, Inc., 1221 Avenue of the Americas, New York, NY,10020.
Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Untuk Akuntansi dan Manajemen). BPFE Yogyakarta.
Iprianto. (2009). Tesis :Persepsi Akademisi dan Praktisi Akuntansi terhadap Keahlian Akuntan Forensik. Program Studi Magister Akuntansi Program Pascasarjana Universitas Diponegoro: Semarang
Melandy, Rissyo RM, Fitri Widiastuti, Nurna Aziza, (2007). Sinkronisasi Komponen Kecerdasan
Emosional dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi dalam Sistem Pendidikan Tinggi Akuntansi, SNA X Makassar.
Moerista, Jeany Vidya. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Student-Centered Learning, Cooperative Learning, Case-Based Learning Terkait Pemahaman Mahasiswa Pada Pembelajaran Akuntansi Keperilakuan. Jurnal Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang
Mutmainah, Siti. (2009). Jurnal Fakultas Ekonomi: Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kasus yang Berpusat pada Mahasiswa terhadap Efektivitas Pembelajaran Akuntansi Keperilakuan. Universitas Diponegoro: Semarang.
Rachmi, Filia. (2010). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Diponegoro Semarang dan Universitas Gajah Mada Yogyakarta).Skripsi.Universitas Diponegoro.
Rezaee, Z., Reinstein, A., dan Lander, G. H. (1996). Integrating Forensic Accountinginto The Accounting Curriculum. Accounting Education, 1, 147–162.
Rezaee, Z., dan Burtin, E. J. (1997). Forensic Accounting Education: Insights from Academicians and Certified Fraud Examiner Practitioners.Managerial Auditing Journal, 12, 479–489.
Rezaee, Z. (2002). Forensic Accounting Practices, Education, and Certifications.Journal of Forensic Accounting, 3, 207–223.
Rismawati, dan Jumawan Jasman. (2014). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Berbasis Kasus yang Berpusat pada Mahasiswa Terhadap Efektivitas Pembelajaran Perpajakan. Jurnal Akuntansi, Vol. 01, No. 02. Hal.65-83.
Rumate, Frans A. (2005). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Bagian Kegiatan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Dirjen Dikti
Said, Fairuz El. (2005). .Artikel Pendidikan: Konsep SCL (Student Centered Learning). 28 Agustus 2010.
Saputra, K. A. K., Koswara, A. T. M. K., & Atmadja, A. T. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Case-Based Learning dan Motivasi Terhadap Pemahaman Akuntansi Forensik Dengan Kecerdasan Emosional Sebagai Variabel Pemoderasi. Simposium Nasional Akuntansi XX, Universitas Jember.
Supardi. (2011). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Berpusat pada Mahasiswa, Pembelajaran berbasis Kasus, dan Pembelajaran Kooperatif terhadap efektifitas pembelajaran Akuntansi Keuangan Lanjutan II. Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Bengkulu.
Suprianto, Edy dan Septian Harryoga. (2015). Faktor-faktor Penentu Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 18, No.3, Hal.75-90.
Suryaningrum, Sri dan Trisnawati, Eka Indah. (2003). “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi”, Simposium Nasional Akuntansi VI, Surabaya.
Suryaningrum, S., Heriningsih, Sucahyo, dan Afufah, Afifah. (2004). “Pengaruh Pendidikan Tinggi Akuntansi Terhadap Kecerdasan Emosional”, Simposium Nasional Akuntansi VII, Denpasar.
Tuanakotta, Theodorus M. (2012). Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif. Penerbit: Salemba Empat.
Tungga, A., Wikrama, A., Saputra, K. A. K., & Vijaya, D. P. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Ke-1. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Upami, Lilik. (2012). Pengaruh Gaya Belajar Motivasi, dan Pemahaman Akuntansi Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Akuntansi. Skripsi. Universitas Maritim Raja Ali Hajai Tanjungpinang
Wulandari, Soliyah. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar, Perilaku Belajar Dan Model Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Kelas Reguler Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol. 4, No. 1, Hal. 37-48.
DOI: https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i6.1763
Article Metrics
Abstract Views : 790 timesPDF Downloaded : 274 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Komang Adi Kurniawan Saputra