Motivasi Berprestasi Siswa Korban Perceraian

Faizah Faizah, Nursan Junita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan motivasi berprestasi pada siswa korban perceraian di MAN 4 Aceh Timur dengan menggali aspek-aspek dari motivasi berprestasi dan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap motivasi berprestasi pada siswa korban perceraian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sebanyak lima responden dalam penelitian ini merupakan korban perceraian yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik di sekolah. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelima responden memiliki keenam aspek motivasi berprestasi, yaitu: Tanggung Jawab, Kreativitas, Mempertimbangkan resiko pemilihan tugas, Memperhatikan umpan balik, Waktu penyelesaian tugas, dan Keinginan menjadi yang terbaik. Aspek Tanggung jawab ditandai dengan adanya komitmen, kerja sama, peran aktif, mampu menghadapi masalah, dan mandiri. Berikut merupakan rangkuman aspek tanggung jawab. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa faktor intrinsik dan ekstrinsik mempengaruhi motivasi berprestasi pada kelima responden,


Keywords


Motivasi berprestasi, siswa korban perceraian

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. dkk (2002). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, A. (2007). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali, M. (2010). Guru Dalam Proses Ngajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru

Aulia, D, Hasnayanti, A & Sulistiyaningsih, R. (2020). Gambaran Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Suku Jawa Dan Sunda Di Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Retrieved 2021. http://conference.um.ac.id/index.php/psi/article/viewFile/19/20

Azhari. (2020). Cerai di Masa Pandemi: di Tahan PSBB, di Dorong Ekonomi. Retrieved 2020, From www.voaindonesia.com.

Creswell, J. W. (2016). Research Design. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Edisi Ketiga (Terjemahan). Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Crossesa, T. L, dkk (2019). Gambaran Motivasi Belajar Pada Remaja Yang Mengalami Broken Home. Jurnal Pendidikan Kesehatan, Vol 8, No 2, 131-137. https://ojs.poltekkes-malang.ac.id

Febriany, R & Yusri. (2013). Hubungan Perhatian Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengerjakan Tugas-Tugas Sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling, Vol 2, No 1, 8-16. http://ejournal.unp.ac.id

Ghullam, H & Lisa, A. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Disekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, Vol 12, No 1, 90-96. http://jurnal.upi.edu

Hakiki, A. (2017). Dampak Perceraian Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Aliyah Islamiyah Ciputat. Jakarta. Retrieved 2021, https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/37015

Hamzah. (2019). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayah, N & Atmoko, A. (2014). Landasan Sosial Budaya Dan Psikologis Pendidikan Terapannya Dikelas. Malang: Gunung Samudra.

Ismayani, A. (2016). Pengaruh Penerapan Stem Projeck Based Learning Terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Jurnal Matematik dan Adukasi, Vol 3, No 4, 2407-8530. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/wp-content/uploads/IME-V3.4-07.Ani_Ismayani.pdf

Kartini, I. I, dkk. (2019). Gambaran Motivasi Belajar Siswa yang Mengalami Broken Home. Jurnal Fokus, Vol 1, No 7, 2614-4123. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id

Kurniawan, AZ. (2014). Tinjauan Pustaka Motivasi Berprestasi. Retreived 2021, https://jurnal.unnur.ac.id/index.php/manners/article/view/278

Maslow, A. H. (1943). A Theory Of Human Motivation. Inggris. Retreived 2021, from: id.id1lib.ac.id.

Mcclelland. D. C. 1987. Estudio De La Motivacion Humana. Spanyol. Retreived 2021, from id.id1lib.ac.id.

Mu’jizah, D. S. (2019). Motivasi Belajar Pada Anak Keluarga Broken Home Di SMK Piri 1 Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Vol 5, No 7, 410-417. http://eprints.uny.ac.id

Muttaqin, I & Sulistyo, B. (2019). Analisis Faktor Penyebab Dan Dampak Keluarga Broken Home. Jurnal Studi Gender dan Anak, Vol 6 No 2, 245-256. http://jurnaliainpontianak.or.id

Mone, H. F. (2019). Dampak Perceraian Orangtua Terhadap Perkembangan Psikososial dan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan IPS. Vol 6 No 2, 155-163. https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/20873

Nayantaka, J., & Savira, S. I. (2017). Motivasi Berprestasi Siswa Yang Berasal Dari Pulau Mandangin. Jurnal Psikologi Pendidikan. Vol 4, No 1, 1-12. https://ejournal.unesa.ac.id

Ningsih, RSU. (2015). Bab II Tinjauan Pustaka Siswa. Medan. Retreived 2021, http://repository.uma.ac.id/108600171_file5

Novianti. (2019). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada Remaja Panti Asuhan Puteri Aisyiyah Medan. Sumatra Utara. Retreived 2021 https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/23706

Pangestu, B. (2017). Motivasi Berprestasi Siswa Broken Home di SMAN 2 Bangutapan. Yogyakarta. Retrieved 2020, from digilid.uin-suka.ac.id.

Prawira, P. A. (2017). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Purnaningsih, F. (2016). Motivasi Belajar Remaja Yang Mengalami Broken Home. Yogyakarta. Retreived 2020, From repository.usd.ac.id.

Pusparani, D. A. (2019). Survey Dukungan Orangtua Terhadap Motivasi Berprestasi Taekwondoin Junior Sekabupaten Pekalogan. Semarang. Retrieved 2021, From lib.unnes.ac.id.

Puspitasari, F. A. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas Kusus Olahraga (KKO). Yogyakarta. Retreived 2021, from repository.usd.ac.id.

Rahayu, O. E. (2018). Pengaruh Kondisi Orangtua Broken Home Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Di Negeri 1 Gondanglegi. Malang. Retreived 2021, from: http://etheses.uin.malang.ac.id.

Rochmah, U & Fitriana, S & Dian, P. (2021). Dampak Perceraian Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kedung Jepara. Jurnal Pamomong, Vol 2, No 1, 50-58. https://pamomong.iainsalatiga.ac.id/index.php/pamomong/article/view/5714

Retnowati, D. V & Fatchan, A & Astina, I. K. (2016). Prestasi Akademik Dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang. Jurnal Pendidikan,Vol 1,No 5, 521-525. http://journal.um.ac.id

Sadirman, A.M. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Simanjuntak, P.N.H. (2007). Pokok-Pokok Hukum Perdata Indonesia. Jakarta: Pustaka Djambatan.

Subekti. (1985). Pokok-Pokok Hukum Perdata. Jakarta: Intermasa.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syarifah, L. (2017). Motivasi Berprestasi Dalam Novel Negeri 5 Menara. Jurnal Studi Keislaman, Vol 3, No 1, 1-15. http://wahanaislamika.ac.id.

Trianingsih, R, dkk. (2019). Pengaruh Keluarga Broken Home Terhadap Perkembangan Moral Dan Psikososial Siswa Kelas V SDN 1 Sumber Baru Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Anak Dan Karakter Vol 2, No.1,2654-9727. http://download.garuda.ristekdikti.go.id

Yasin,S. (2013). Kreativitas Belajar. Retreived 2022, from: Http//www.sarjanaku.com/2011/07




DOI: https://doi.org/10.29103/jpt.v4i2.10208

Article Metrics

 Abstract Views : 237 times
 PDF Downloaded : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Faizah Faizah, Nursan Junita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.