STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRI (SPI) BIDANG STUDI FIKIH MELALUI PENDEKATAN TASAWUF UNTUK MADRASAH ALIYAH

Mulyadi M

Abstract


Penelitian tentang Strategi Pembelajaran Inquiri (SPI) Bidang Studi  Fikih melalui pendekatan Tasawuf untuk Madrasah Aliyah, merupakan suatu penelitian yang dirancang sedemikian rupa untuk melatih pikiran siswa sehingga dalam sikap hidup dan tindakan dipengaruhi oleh nilai spritual. Mengantarkan siswa pada prilaku dan perbuatan yang berpedoman pada syari’at Allah. Strategi Pembelajaran Inquiri (SPI) Bidang Studi Fikih melalui pendekatan Tasawuf bukan sekedar “transfer of knowledge” ataupun “transfer of training”. Tetapi lebih merupakan suatu sistem yang di tata di atas pondasi keimanan dan kesalehan. Siklus perkembangan perubahan Strategi Pembelajaran Inquiri (SPI) Bidang Studi Fikih melalui pendekatan Tasawuf harus mengikut alur perubahan. Kalau tidak mengikuti alur perubahan, maka Strategi Pembelajaran Inquiri (SPI) Bidang Studi Fikih akan ketinggalan dari perubahan zaman. Untuk itu pada era tersebut konsep, materi dan kurikulum dihadapkan pada tantangan kehidupan manusia modern, yang serba simpel dan praktis sesuai perkembangan teknologi. Hasil penelitian menujukkan: Strategi Pembelajaran Inquiri (SPI) Bidang Studi Fikih melalui pendekatan Tasawuf untuk madrasah Aliyah dapat menanamkan tiga aspek civic knowledge, civic disposition, civic skill sesuai dengan realitas. Pada akhir Strategi Pembelajaran Inquiri (SPI) tumbuhkan kesadaran to regcognation and  the other dalam kehidupan Siswa yang beragam sehingga diharapkan menjadi smart and good citizenship dalam konteks sebenarnya.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29103/jimfh.v5i3.10417

Article Metrics

 Abstract Views : 59 times
 PDF Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andriani A, Otaviani O

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Hukum

Universitas Malikussaleh

E-ISSN : 2798-8457