Strategi Pengembangan usaha penyulingan minyak pala UD.Saiful Rizal di Aceh Barat Daya dengan menggunakan metode SWOT

Nur Khalis Abdullah, Syarifah Akmal, Syamsul Bahri

Abstract


Strategi pengembangan usaha merupakan upaya mengantisipasi masalah-masalah yang mungkin timbul di masa mendatang yang sulit dipastikan dan dapat memberikan arah kegiatan operasional bagi pelaksanaan kegiatan industri. Industri kecil mempunyai peran strategis dalam memberi kontribusi terhadap usaha. Di Kabupaten Aceh Barat Daya terdapat sektor industri kecil yang memiliki potensi besar yaitu industri penyulingan minyak pala UD. Saiful Rizal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana profil industri minyak atsiri di Kabupaten Aceh Barat Daya serta untuk mengetahui stategi pengembangan apa yang digunakan. Metodologi yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel yang di teliti adalah profil industri yang meliputi pendapatan dan produktivitas dari pabrik minyak atsiri, Permodalan, Tekhnologi dan Pengembangan. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis SWOT. Hasil Analisis SWOT menunjukkan bahwa UD. Saiful Rizal berada pada posisi kuadran I (mendukung strategi Agresif) dengan strategi SO (Strenghts- Opportunities). Program atau aktivitas yang di usulkan untuk dilaksanakan, meliputi: 1) Mengajak pemilik UD.Saiful Rizal memakai teknologi terbaru dalam memasarkan minyak pala. 2) Meningkatkan mutu dengan baik guna mendapatkan hasil produksi minyak yang berkualitas. 3) Mengoptimalkan pemasaran dan memotivasi pemerintah setempat dengan   mengatur tataniaga dengan baik.4) Mengoptimalkan pemasaran dengan bijak, dengan memproduksi minyak pala lebih banyak pada saat harga naik.


Keywords


Pala,Strategi Pengembangan dan SWOT

References


G. Mambraku, Romano, and S. Bahri, “Strategi Pemasaran Produk Turunan Minyak Nilam Aceh( Studi Kasus PT. Biona Ceudah Rupa),” J. Ilm. Mhs. Pertan., vol. 8, no. November, pp. 242–252, 2023.

H. Pinayungan, Eviliany., Syamsuddin., Rita, “Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian, Volume 6, Nomor 4, November 2021 838,” J. Ilm. Mhs. Pertan., vol. 6, no. 4, pp. 838–846, 2021.

C. Fatikah, S. H. Rachmat, D. A. Wijaya, and ..., “Strategi Pengembangan Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pupuk Dengan Analisis Swot Pada Kios Wira Tani Di Bengkulu,” … Dan Bisnis, vol. 1, no. 4, pp. 51–61, 2024.

M. Juliandi, “Pemetaan Rantai Nilai Pala di Kabupaten Aceh Selatan (Mapping the Value Chain of Nutmeg in Aceh Selatan District),” J. Ilm. Mhs. Pertan., vol. 7, no. 3, pp. 276–283, 2022.

B. A. B. Ii and L. Teori, “King Cafe )”,” pp. 14–27, 2019.

G. Fikrian, W. Wagiono, and I. P. E. Wijaya, “Strategi Pengembangan Usaha Penyulingan Minyak Pala (Nutmeg Oil) Ud. Mitra Pala Di Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta,” J. Ilm. Mhs. AGROINFO GALUH, vol. 10, no. 1, p. 657, 2023, doi: 10.25157/jimag.v10i1.9257.

Kosidin and L. A. Wibbowo, “Analisis IFAS dan EFAS Menggunakan Metode SWOT Pada Perguruan Tinggi Swasta,” J. Wahana Inform., vol. 1, no. 2, pp. 125–139, 2022.

P. B. Mutiara, “Analisis Matriks Ifas Dan Efas Pt Unilever Tbk Pada Pandemik Covid-19,” J. Bina Bangsa Ekon., vol. 14, no. 2, pp. 363–371, 2021, doi: 10.46306/jbbe.v14i2.90.

M. Mashuri and D. Nurjannah, “Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing,” JPS (Jurnal Perbank. Syariah), vol. 1, no. 1, pp. 97–112, 2020, doi: 10.46367/jps.v1i1.205.

Haerawan and Y. H. Magang, “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Alat Rumah Tangga di PT Impressindo Karya Steel Jakarta-Pusat,” Ilm. Manaj. Bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 175–189, 2019.

A. A. Yaqin, “Analisis Swot Dalam Strategi Pengembangan Usaha Kerupuk Rumahan Di Ud. Sumber Abadi Tanggulangin,” JISO J. Ind. Syst. Optim., vol. 4, no. 2, p. 81, 2021, doi: 10.51804/jiso.v4i2.81-87.

R. P. Sari, I. Mariam, and M. O. Sinaga, “Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Melalui Matriks SWOT pada Startup MakananHalal.id,” J. Manag. Bus. Rev., vol. 18, no. 3, pp. 630–639, 2021, doi: 10.34149/jmbr.v18i3.219.

L. N. Aulia and R. R. W. K. Widodasih, “Strategi Pengembangan Usaha Melalui Analisis SWOT Pada Toko Buku ‘ Demak ’ Di Pilar Cikarang Utara,” J. Ilm. Manaj. dan Bisnis P-ISSN 2620-9551 E-ISSN 2622-1616, vol. 6, no. 2, pp. 697–703, 2023.

Z. Safitri, W. El, V. P. Sitorus, and I. Noviyanti, “Analisis SWOT terhadap Pengembangan Strategi Bisnis Pada Warung Makan Asyik Desa Balunijuk,” J. Manuhara Pus. Penelit. Ilmu Manaj. dan Bisnis, vol. 2, no. 3, 2024.


Article Metrics

 Abstract Views : 74 times
 PDF_Vol.13 No.1 (2024)_18158 Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Khalis Abdullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.