Regulasi Emosi dan Interaksi Sosial pada Mahasiswa Penikmat Drama Korea

Widi Astuti, Martini Martini, Nur Afni Safarina, Ika Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan regulasi emosi dengan interaksi sosial pada mahasiswa penikmat drama Korea di Universitas Malikussaleh. Responden penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Malikussaleh yang berjumlah 199 mahasiswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala regulasi emosi yang berjumlah 24 item dan skala interaksi sosial yang berjumlah 25 item. Analisis data menggunakan korelasi spearman dengan hasil korelasi menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan mengarah ke arah yang positif. Artinya, semakin baik tingkat regulasi emosi maka semakin baik pula tingkat interaksi sosial pada mahasiswa penikmat drama Korea di Universitas Malikussaleh.


Keywords


drama korea; interaksi sosial; regulasi emosi

Full Text:

PDF

References


Adita, W. B., Rosmawati., & Yakub, E (2018). Perilaku kecanduan Menonton Drama Korea dan Hubungan Sosial pada Siswa SMPN 13 Pekanbaru. Jurnal Jom Fkip. 5 (1), 1-15. http://garuda.ristekbrin.go.id/

Andriani, dkk. (2017). Efektivitas Pelatihan Regulasi Emosi Untuk Meningkatkan Resiliensi Caregiver-Keluarga Pasien Skizofrenia. Jurnal Intervensi Psikologi. 9 (2), 2017: 254-273. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol9.iss2.art8

Angelicha, T,. (2020). Dampak Kegemaran Menonton Tayangan Drama Korea Terhadap Perilaku Remaja. Jurnal of Education, Psychology and Counseling. 2 (1), 2020 ISSN Online : 2716-4446, 154-159. http://ummaspul.e-journal.id/

Ardia, V. (2014). Drama Korea dan Budaya Populer. Jurnal Komunikasi. 2 (3), 12-18.

https://doi.org/10.30656/lontar.v2i3.337

Fernanda, dkk (2012). Hubungan Antara Kemampuan Berinteraksi Sosial Dengan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling. 1 (1) 2012: 1-7 http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor

Fitri, A. R., & Ikhwanisifa. (2016). Regulasi Emosi pada Mahasiswa Melayu. Jurnal Psikologi, 12 (1), 2016 http://dx.doi.org/10.24014/jp.v12i1.3002

Gerungan, W. A. (2004). Psikologi Sosial. PT Refika Aditama. Grafindo Persada.

Gross, J J. (2007). Handbook Of Emotion Regulation. New York: The Guillford Press.

Gross, J. J,. & Thompson, R. A. (2007). Emotion Regulation Conceptual. Handbook of Emotion Regulation Edited By James J. Gross. Guilfors Publication https://books.google.co.id/books?id=Jh81lZKqFH8C&lpg=PP1&hl=id&pg=PA4#v=onepage&q&f=true

Hayati, N., & Huda, S. (2018). Hubungan Antara Interaksi Sosial Dengan Tingkat Depresi Pada Lansia Di Desa Purworejo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Prosiding Hefa 3rd 2018, P ISSN 2581 – 2270 : E ISSN 2614 – 6401 http://prosiding.stikescendekiautamakudus.ac.id

Herpina & Amri, A (2017). Dampak Ketergantungan Menonton Drama korea Terhadap Perilaku Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah. 2 (2) 2017: 1-13 www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP

Istanti, N. A. (2019). Intensitas Menonton Tayangan Drama Korea dan Kebahagiaan Mahasiswa. Jurnal Mahasiswa Psikologi, 01 (1) 2019: 71-79 https://eprints.uny.ac.id/

Malentika, dkk (2017). Hubungan Antara Interaksi Sosial Dengan Suasana Hati Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah PSYCHE. 11 (2) 2017: 97-106 http://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalpsyche

Mulyana, dkk (2020). Perbedaan Regulasi Emosi Ditinjau Dari Jenis Kelamin Mahasiswa Pada Pandemic Covid-19. PSISULA: Prosiding Berkala Psikologi. (2) 2020 E-ISSN: 2715-002X http://jurnal.unissula.ac.id

Muslim, A. (2013). Interaksi Sosial dalam Masyarakat Multietnis. Jurnal Diskursus Islam. 1 (3), 2013. https://doi.org/10.24252/jdi.v1i3.6642

Nisfiannoor, M., & kartika, Y. (2004). Hubungan Regulasi Emosi dan Penerimaan Kelompok Teman Sebaya pada Remaja. Jurnal Psikologi, 2 (2), 2004 https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-4957

Nurrahmadani, dkk (2020). Pengaruh drama Korea terhadap fashion mahasiswa universitas al asyariah mandar. Jurnal ilmu pemerintah & ilmu komunikasi. 5 (2) 2020: 161-166 p-ISSN: 2541-4364. e-ISSN: 2541-4372 http://journal.lppm-unasman.ac.id

Papilaya, J. O & Huliselan. N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi. 15 (1), 2016: 56-63 http://doi.org/10.14710/jpu.15.1.56-63

Prasanti, R. P., & Dewi, A. I. N (2020). Dampak Korea (Korean Wave) Terhadap Pendidikan Remaja. Jurnal Pendidikan, 11 (2), 2020: 256-269 https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4752

Priyatno, D. (2011). Buku Saku Analisis Statistik Data. PT. BUKU SERU

Putri, K. A., dkk (2019). Korean Wave dalam Fanantisme Dan Konstruksi Gaya Hidup Generasi Z. NUSA, 14 (1), 2019: 125-135 https://doi.org/10.14710/nusa.14.1.125-135

Ratnasari, S., & Suleeman, J (2017). Perbedaan Regulasi Emosi Perempuan dan Laki-laki di Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi Sosial, 15 (01) 34-46. http://doi:10.7454/jps.2017.4

Sarwono, S. W. (2018). Pengantar Psikologi Umum. PT. Rajagrafindo Persada

Siswoyo, D. (2013). Pendidikan untuk Pencerahan & Kemandirian Bangsa. Ash-Shaff.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta

------------ (2016). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta

------------ (2018). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta

------------ (2019). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta

Wulan, D. A. N., & Abdullah, S. M (2014). Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Sosio-Humaniora, 5 (1), 2014 ISSN 2087-1899: 55-74 http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/

Xiao, A (2018). Konsep Interaksi Sosial Dalam Komuniasi, Teknologi, Masyarakat. Jurnal Komunikasi, 7 (2) 2018: 94-99. http://dx.doi.org/10.31504/komunika.v7i2.1486

Yunis, A.N., & Rahardjo, P (2011). Hubungan Antara Regulasi Emosi dengan Sikap Anggota Polisi Sektor Polres Purbalingga Terhadap Efektifitas Kerja. Jurnal Psycho Idea, 9 (2), ISSN 1693-1079. http://dx.doi.org/10.30595/psychoidea.v9i2.247




DOI: https://doi.org/10.29103/jpt.v5i2.9516

Article Metrics

 Abstract Views : 838 times
 PDF Downloaded : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Widi Astuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.