Perilaku Konsumtif Pembelian Produk Perawatan Kulit (Skin-care) ditinjau dari Kontrol Diri pada Anggota Komunitas Arisan Bhayangkari

Azriani Latifa, Zun Azizul Hakim

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengendalian diri dan perilaku konsumtif terhadap pembelian perawatan kulit pada anggota komunitas arisan Bhayangkari Polres Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis korelasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan sampel penelitian ini sebanyak 75 wanita anggota komunitas arisan Bhayangkari Polres Malang. Skala kontrol diri dan skala perilaku konsumtif digunakan dalam pengumpulan data. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan uji analisis produk momen. Hasil uji hipotesis memperoleh nilai r sebesar 0,517 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara variabel pengendalian diri dengan perilaku konsumtif pembelian perawatan kulit pada anggota komunitas arisan Bhayangkari Polres Malang


Keywords


Kontrol Diri, Perilaku Konsumtif

Full Text:

PDF

References


Anggraini, I. (2019). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Perilaku. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Chaplin, J. P. (2008). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Fromm, E. (1995). Masyarakat yang Sehat (terjemahan Sutrisno). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Fromm, E. (2008). The Sane Society. British: Library cataloguing in publication data.

Fuadi, A. (2018). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa/i Psikologi di Universitas Medan Area. Medan: Universitas Medan Area.

Ochi, E. (2021, Agustus 26). Pergeseran definisi cantik hingga pandangan Wanita Indonesia soal make up menurut ZAP Beauty Index 2021. Diakses pada 14 mei 2021, dari https://journal.sociolla.com/beauty/zap-beauty-index-hadir-kembali/amp/

Hakim, Z. A. (2014). Pengaruh Pelatihan Asertif terhadap Asertifitas Siswa Baru dan Keberanian serta Kepercayaan diri siswa untuk memutuskan kehendak baiknya. DINAMIKA PENELITIAN, 14(1).

Isaac, S., & Michael, W. B. (1983). Handbook Research and Evaluation. San Diego: Edits Publisher.

Maharano, L. Y. (2019). Pengaruh konformitas terhadap perilaku konsumtif dalam pembelian skincare korea. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Praptiani, S. (2013). Pengaruh kontrol diri terhadap agresivitas remaja dalam menghadapi konflik sebaya dan pemaknaan gender (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang). http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30520

Shohibullana, I. H. (2014). Kontrol diri dan perilaku konsumtif pada siswa SMA (ditinjau dari lokasi

sekolah). Cognicia, 2(1). https://ejournal.umm.ac.id/index.php/cognicia/article/view/1818

Sudarisman, H. S. V. (2019). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif Melalui Online Shop pada Mahasiswi. Acta Psychologia, 1(1), 53-61. https://doi.org/10.21831/ap.v1i1.43308

Sunyoto, D. (2014). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Yogyakarta: Center Of Academic Publishing Service.

Tagney, J. P., Baumeister, R. F., & Boone, A. L. (2004). High self-contol predicts good adjusment, less pathology, better grades, and interpersonal succes. Journal of personality, 4(2), 271-322.

Tambunan, R. (2001). Remaja dan perilaku konsumtif. Jurnal psikologi dan masyarakat, 4, 5-13.

Tranggono, R. I., & Latifah, F. (2007). Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Waluyo, E. (2019, Mei 23). Indonesia jadi pemasar produk skin care dunia. Diakses pada 14 mei 2021, dari https://www.marketeers.com/indonesia-jadi-pasar-terbesar-produk-skin-care-dunia/




DOI: https://doi.org/10.29103/jpt.v4i2.10210

Article Metrics

 Abstract Views : 921 times
 PDF Downloaded : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Azriani Latifa, Zun Azizul Hakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.