Motivasi Berprestasi ditinjau dari Dukungan Sosial dan Resiliensi pada Remaja dengan Orangtua Tunggal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara dukungan sosial dan ketahanan terhadap motivasi prestasi remaja dari orang tua tunggal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengambilan sampel penelitian ini adalah simple random sampling yang melibatkan 118 siswa sebagai partisipan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 3 skala. Skala motivasi prestasi terdiri dari 30 item (α = .89), skala dukungan sosial terdiri dari 43 (α = .932), dan skala ketahanan terdiri dari 51 item (α = .930). Analisis regresi berganda digunakan untuk menguji apakah dukungan sosial dan ketahanan secara signifikan memprediksi motivasi pencapaian remaja dengan orang tua tunggal. Hasil regresi menunjukkan kedua prediktor menjelaskan 44,89% varians (R=.670, F=46,856, (p<.01). Hasil analisis korelasi parsial memberikan bukti bahwa dengan mengendalikan variabel resiliensi, dukungan sosial memiliki korelasi yang signifikan terhadap motivasi prestasi dan setelah memperhitungkan dukungan sosial, terdapat hubungan positif antara resiliensi dan motivasi prestasi remaja dengan orang tua tunggal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ai, H., & Hu, J. (2016). Psychological resilience moderates the impact of social support on loneliness of “left-behind” children. Journal of health psychology, 21(6), 1066-1073. https://doi.org/10.1177/1359105314544992
Andarini, S. R. (2013). Hubungan antara distress dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik pada
mahasiswa dalam menyusun skripsi. Jurnal Talenta, 2(2), 159-179.
Asriandari, E. (2015). Resiliensi remaja korban perceraian orangtua. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(4), 1–8.
Baharun, H. (2016). Pendidikan anak dalam Keluarga; Telaah epistemologis. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 3(2).
Bonanno, G. A. (2004). Loss, trauma, and human resilience: have we underestimated the human capacity to thrive after extremely aversive events?. American psychologist, 59(1), 20. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0003-066X.59.1.20
Danim, S. (2012). Motivasi kepemimpinan dan efektivitas kelompok. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dianto, M., Gistituati, N., & Mudjiran, M. (2015). Kontribusi Dukungan Sosial dan Konsep Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa di SMP Negeri Kecamatan Batang Kapas Pesisir Selatan. Konselor, 4(1), 19-25. https://doi.org/10.24036/02015416451-0-00
Fatchurrohman, R. (2011). Pengaruh motivasi berprestasi terhadap kesiapan belajar, pelaksanaan prakerin dan pencapaian kompetensi mata pelajaran produktif. Invotec, 7(2). https://doi.org/10.17509/invotec.v7i2.6292
Lu, F. J., Lee, W. P., Chang, Y. K., Chou, C. C., Hsu, Y. W., Lin, J. H., & Gill, D. L. (2016). Interaction of athletes' resilience and coaches' social support on the stress-burnout relationship: A conjunctive moderation perspective. Psychology of Sport and Exercise, 22, 202-209. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2015.08.005
Kumalasari, A. G., & Desiningrum, D. R. (2017). Hubungan antara dukungan sosial guru dengan pengungkapan diri (self disclosure) pada remaja. Jurnal Empati, 5(4), 640-644. https://doi.org/10.14710/empati.2016.15420
Hadianti, S. W., NURWATI, N., & Darwis, R. S. (2017). Resiliensi remaja berprestasi dengan latar belakang orang tua bercerai. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14278
Harmi, S. (2012). Hubungan dukungan sosial dan resiliensi terhadap motivasi berprestasi pasca erupsi merapi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakrta).
Haryani, R., & Tairas, M. M. W. (2014). Motivasi berprestasi pada mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu secara ekonomi. Jurnal psikologi pendidikan dan perkembangan, 3(1), 30-36.
McClelland, D. C. (2006). Human motivation. The American Journal of Psychology, 1(1), 98–110.
Narulita, M. F. (2005). Skripsi : Hubungan antara self-regulated learning dan presepsi dukungan sosial dengan prestasi akademik mahasiswa. Fakultas Psikologi Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Ninawati. (2002). Motivasi berprestasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(1), 77–78.
Nurhidayah, D. A. (2016). Pengaruh motivasi berprestasi dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika SMP. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 13-24. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v3i2.83
Palupi, D. R. (2012). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Persepsi Terhadap Pola Asuh Orangtua Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Psikologi Angkatan 2010 Universitas Airlangga Surabaya (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).
Papalia, D. F. (2009). Perkembangan manusia. (B. Marswendy, Ed.). Jakarta: Salemba Humanika.
Purnomo, N. A. S. (2014). Resiliensi pada pasien stroke ringan ditinjau dari jenis kelamin. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(2), 241-262.
Fauziah, A., & Widodo, P. B. (2022). Hubungan Antara Resiliensi Dengan Motivasi Berprestasi Pada Atlet Mahasiswa Jalur Prestasi Di Semarang. Jurnal Empati, 11(02), 97-101. https://doi.org/10.14710/empati.2022.34431
Rambe, A. R. R. (2010). Korelasi antara dukungan sosial orang tua dan self‐directed learning pada siswa sma. Jurnal Psikologi, 37(2), 216-223.
Reivich, K., & Shatte, A. (2003). The resilience factor: 7 keys to finding your inner strength and overcoming life's hurdles. Harmony.
Robbins, T. W. (2005). Controlling stress: how the brain protects itself from depression. Nature neuroscience, 8(3), 261-262.
Sanderayanti, D. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SDN Kota Depok. Jurnal pendidikan dasar, 6(2), 222-231. https://doi.org/10.21009/JPD.062.04
Santrock, J. W. (2003). Perkembangan remaja edisi ke-6. (S. B. Adelar & S. Saragih, Eds.). Jakarta: Erlangga.
Santrock, J. W. (2008). Psikologi pendidikan. (D. Angelica, Ed.). Jakarta: Kencana.
Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology : biopsychosocial interactions (seventh ed). United States of America: Jay O’Callaghan.
Setyaningrum, A. (2015). Pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap motivasi berprestasi siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 17(4), 1–10.
Sunarti, E., Islamia, I., Rochimah, N., & Ulfa, M. (2017). Pengaruh faktor ekologi terhadap resiliensi remaja. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 10(2), 107-119. https://doi.org/10.24156/jikk.2017.10.2.107
Suryabrata, S. (2006). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Taiyeb, A. M., Bahri, A., & Razak, R. B. (2012). Analisis motivasi berprestasi siswa SMAN 8 Makassar dalam belajar biologi. BIONATURE" Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengajaran Biologi", 13(2), 77-82.
Toding, W. R., David, L., & Pali, C. (2015). Hubungan dukungan sosial dengan motivasi berprestasi pada mahasiswa angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. eBiomedik, 3(1). https://doi.org/10.35790/ebm.v3i1.6619
Utami, N. M. S. N., & Widiasavitri, P. N. (2013). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan penerimaan diri individu yang mengalami asma. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 12-21.
Wulandari, K. (2017). Skripsi : Hubungan antara motivasi berprestasi dan kohesivitas kelompok dengan kemalasan sosial pada mahasiswa semester V Universitas Islam Sultan Agung semarang (tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
DOI: https://doi.org/10.29103/jpt.v4i2.10204
Article Metrics
Abstract Views : 830 timesPDF Downloaded : 26 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dodi Adi Budiarto, Erni Agustina Setiowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.