PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM RAJAWALI CITRA 2022

Hodiri Adi Putra

Abstract


Patient satisfaction is a guideline that must be implemented, with satisfaction the existence of the hospital can be maintained. The purpose of this study was to determine the effect of service quality on inpatient satisfaction. The method used is quantitative with the technique of distributing questionnaires to a research sample of 32 patients. The analysis used is descriptive analysis of multiple linear regression (path analysis), R2 test, F test and T test. The results show that the overall dimensions of service quality have a significant positive influence on patient satisfaction, which means the better the quality of service starting from physical evidence Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy provided by the hospital will be able to increase patient satisfaction

Keywords


Service quality, Satisfaction, Hospital

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, T. (2019) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Citra Husada Sigli’, Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh (MaKMA), 2(3), pp. 78–88. doi: 10.32672/makma. v2i3.1548.

Arie Sulistyawati, N., & Seminari, N. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(8), 250437.

Eka Masi Lumban Toruan (2017). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Pelabuhan Medan (Prima Husada Cipta). 1(2), 6–38.

Haeruddin, Alwi Khidri, S. U. (2021). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan dan Minat Kembali di RSUD Haji Makassar. Jurnal Kesehatan, 4 No. 3(3), 282–288.

Hakim M L, Cahyono D, Herlambang T. (2019). Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Jember. Vol. 9 No. 1 Juni. JSMBI ( Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia ).

Juwita, G. S., Marlinae, L., & Rahman, F. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Tamiang Layang. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 4(2), 49–56. https://doi.org/10.20527/jpkmi.v4i2.3841.

Kotler, P. (2016). Marketing Management, 15th. New Jersey: Person Prentice.

Marthalena, Y., & Nuryanto, M. (2017). Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Di Rumah Sakit Umum Kartini Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2015. Ekombis Sains Jurnal Ekonomi Keuanga Dan Bisnis Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, 02(02), 151–168.

Masitoh, M. R., Wibowo, H. A., & Ikhsan, K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Kepuasan Pelanggan , Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Mobile Shopee. Jurnal Sains Manajemen, 5(1), 101–119.

Masitoh, M. R., Wibowo, H. A., & Ikhsan, K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Kepuasan Pelanggan , Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Mobile Shopee. Jurnal Sains Manajemen, 5(1), 101–119.

Peraturan Pemerintah nomor 47. (2016) Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit.

Pratiwi, Siska dan Susanto. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Sultan Immanudin Pangkalan Bun Kalimantan Tengah. Jurnal Asosiasi Dosen Muhammadiyah Magister Administrasi Rumah Sakit Vol.2 No. 2 Juli 2016.

Rensiner, Azwar V Y, Putra A S (2018). Analisis Faktor Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rsud Dr. Achmad Darwis. Jurnal Kesehatan Andalas. 2018.

Rosiana Rial, Muslim Suardi dan Yulihasri. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan sebagai Mediasi terhadap Loyalitas Pasien. Jurnal Sains Farmasi dan Klinis. Vol. 3 No. 2, Mei 2017.

Roy Rocky Suprapto Baan (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rs. Bahagia Makassar. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis. Volume 5, Nomor 01, Juni 2020.

Santoso, Samiaji. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Pada RS. Roemani Muhammadiyah Semarang. Skripsi. Semarang: UNDIP.

Setyawati, Widya Agustin, Rifa’i, Muhamad. and Sasmito, Cahyo. (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Pasien’, Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 10(2), pp. 50–63.

Sharmila, S. dan J. Krishnan. (2013). Has the Servic Quality in Private Corporate Hospitals Meet the Patient Expectations? A Study About Hospital Quality in Chennai. Asia Pacific Journal of Marketing & Management Vol 2 No. 1, pp. 19-35.

Sinaga R V (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Bina Kasih Medan. Volume 22 Nomor 1, Maret 2022. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Jmb). p-ISSN : 1412-0593. e-ISSN : 2685-7294.

Sunarto, 2010, Analisis Tingkat Kepuasan dan Harapan Pasien Terhadap Pelayanan Puskesmas dan Rumah Sakit Daerah Provinsi DIY, Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas (JKMA), Vol 5 No.1.

Wilhelmina Kosnan (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Merauke. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi (Jeba) Volume 21 Nomor 04 Tahun 2019.




DOI: https://doi.org/10.29103/j-mind.v7i2.9370

Article Metrics

 Abstract Views : 1631 times
 PDF Downloaded : 565 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hodiri Adi Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

P-ISSN: 2503-4367
E-ISSN: 2997-3948



Publisher :
Master's Program in Management Science  
Faculty of Economics and Business Malikussaleh University 

Address:
Tgk. Chik Di Tiro Street No. 26 Lancang Garam,
Lhokseumawe, Aceh, Indonesia


Lhokseumawe Aceh Indonesia

  Flag Counter

View My Stats