PERLINDUNGAN HUKUM PIDANA TERHADAP ANAK YANG DIPEKERJAKAN SEBAGAI PEKERJA SEKS KOMERSIAL (PSK)

Riska Andriani Tumangger, Johari Johari, Husni Husni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum pidana terhadap anak yang dipekerjakan sebagai pekerja seks komersial di Simpang Selayang dan Apakah Kendala  dalam membrikan perlindungan hukum pidana terhadap anak yang dipekerjakan sebagai pekerja seks komersial. Jenis penelitian yuridis empiris dengan pendekatan kasus.  Sifat penelitian deskriptif, sumber data primer, sekunder dan tersier. Analisis data secara Kualitatif. Perlindungan hukum bagai anak yang dipekerjakan sebagai pekerja seks komersial di Simpang Selayang diberikan oleh Dinas Pemerdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Kota Medan Provinsi Sumatra Utara melalui adanya laporan, rujukan kesehatan, bantuan hukum, rujukan dan rehabilitas sosial serta pemulangan dan reintegrasi sosial. Tetapi dalam penerapannya belum maksimal karena terdapat beberapa kendala, kendala pelaksanaan perlindungan anak tersebut adalah terkait sarana prasarana kurang terutama tidak adanya rumah aman bagi anak sehingga rehabilitas tidak berjalan dengan maksimal, kurangnya pola pikir masyarakat tentang perlindungan anak, serta kurangnya sumberdaya manusia untuk mewujudkan perlindungan hukum terhadap anak yang dipekerjakan sebagai pekerja seks komersial secara maksimal  di Simpang Selayang. Upaya Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) terhadap kendala tersebut karena belum adanya rumah aman sehingga anak di titipkan di panti asuhan, melaksanakan sosialisasi, serta kurangnya sunberdaya manusia seperti tidak adanya psikolog khusus maka anak bercerita kepada anggota Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak (DP3A).


Keywords


Perlindungan Hukum, Anak, Pekerja Seks Komersial

References


A. Buku

Ali, H. Zainuddin. Sosiologi Hukum. Jakarta: Sinar Grafika, Jakarta, 2023.

Beniharmoni, Harefa. Kapita Selekta Perlindungan Hukum Bagi Anak. Yogyakarta: Deepublish, 2019.

Burlian, Paisol. Patologi Sosial. Jakarta: Bumi Aksara, 2022.

Siagian, Amrizal, Wiwit Kurniawan, Tri Hidayati, Dan Abd Chaidir Marasebessy. Pembinaan Hukum Terhadap Anak Pelaku Kejahatan Seksual Menurut Peraturan Perlindungan Anak. Pascal Books, Jakarta, 2022.

JS, Isbadudu. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1996.

Krisna, Liza Agnesta. Hukum Perlindungan Anak: Panduan Memahami Anak Yang Berkonflik Dengan Hukum. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Setiawan, Hasrian Rudi. Manajemen Peserta Didik:(Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan. Vol. 1. Umsu Press, Medan, 2021.

Syaid, M. Noor. Penyimpangan Sosial Dan Pencegahannya. Jakarta: Alprin, 2020.

Tukimsn, Murni. Perlindungan Anak Terhadap Segala Bentuk Keterlibatann Dan Eksploitasi, Simposium Gbhn Dep. Jakarta: Kehakiman Jakarta, 1984.

Yuwono, Ismantoro Dwi Penerapan Hukum Dalam Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak. Jakarta: Mediapressindo, 2018.

B. Jurnal dan Karya Ilmiah Lainnya

Asri, Dyah Permata Budi. "Perlindungan Hukum Preventif Terhadap Ekspresi Budaya Tradisional Di Daerah Istimewa Yogyakarta Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta." Jipro: Journal Of Intellectual Property (2018): 13-23.

https://journal.uii.ac.id/JIPRO/article/view/11142

Choirudin, Muchamad. "Penyesuaian Diri: Sebagai Upaya Mencapai Kesejahteraan Jiwa." Hisbah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam 12, No. 1 (2015): 1-20.

https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24359/

Mahesa, K. Hendra, Muhamad Jodi Setianto, And Komang Febrinayanti Dantes. "Perlindungan Hukum Dalam Jual Beli Tanah Di Bawah Tangan Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 Tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria." Jurnal Ilmu Hukum Sui Generis 3, No. 4 (2023): 115-124.

https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/JIH/article/view/2777

Manuankotta, Menny K. "Perlindungan Hukum Terhadap Anak Angkat Dalam Memperoleh Kejelasan Status Hukum Melalui Pencatatan Pengangkatan Anak (Suatu Tinjauan Dari Perspektif Hak Asasi Manusia)." Sasi 17, No. 3 (2011): 70-79. https://fhukum.unpatti.ac.id/jurnal/sasi/article/view/367

Mewar, Muhammad Rafi Athallah. "Krisis Moralitas Pada Remaja Di Tengah Pandemi Covid-19." Perspektif 1, No. 2 (2021): 132-142.

https://jurnal.jkp-bali.com/perspektif/article/view/47

Munawaroh, Siti. "Pekerja Seks Komersial (Psk) Di Wilayah Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah." Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi 4, No. 2 (2010).

https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/article/view/3433

Nagaring, Denny David, Sarah Sambiran, Dan Ismail Sumampow. "Peran Pemerintah Dalam Mengatasi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (Pmks) Di Kota Manado (Studi Di Dinas Sosial Dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Manado)." Governance 1, No. 2 (2021).

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/governance/article/view/35958

Noer, Khaerul Umam, dan Endang Rudiatin. "Menyoal Peran Negara Dan Masyarakat Dalam Melindungi Perempuan Dan Anak: Asesmen Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan Dan Anak (P2tp2a) Di Empat Kabupaten/Kota Di Jawa Barat." (2019).

https://repository.umj.ac.id/6594/1/BUKU%20P2TP2A.pdf

Purwanto, Km Ayu Triandari, Ni Putu Rai Yuliartini, Dan Dewa Gede Sudika Mangku. "Implementasi Perlindungan Hukum Terhadap Narapidana Sebagai Saksi Dan Korban Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Ii-B Singaraja." Jurnal Komunitas Yustisia 2, No. 2 (2019): 113-123.

Rizki, Khairur, Lalu Puttrawandi Karjaya, Dan Muhammad Sood. "Implementasi Convention On The Rights Of The Child (Crc): Studi Kasus Child Trafficking Di Riau Tahun." Prosiding Saintek 3 (2021): 147-158.

https://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php/prosidingsaintek/article/view/277

Subhan, Zaitunah. "Tindak Pidana Eksploitasi Seks Komersial Anak Dalam Pandangan Hukum Positif Dan Hukum Islam: Analisis Dalam Putusan No. 2301/Pid. Sus/2013/Pn Tangerang."

https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/30250

Taosen, Jack, dan Eko Nurisman. "Perlindungan Hukum Bagi Anak Dibawah Umur Yang Dijadikan Pekerja Seks Komersial Di Kota Batam." Legal Standing: Jurnal Ilmu Hukum 6, No. 2 (2022): 129-146.

https://seminar.umpo.ac.id/index.php/index/index

Yuwono, Ismantoro Dwi Penerapan Hukum Dalam Kasus Kekerasan Seksual Terhadap Anak. Jakarta: Mediapressindo, 2018.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jatayu/article/view/28777




DOI: https://doi.org/10.29103/jimfh.v7i3.16654

Article Metrics

 Abstract Views : 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Riska Andriani Tumangger, Johari Johari, Husni Husni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Hukum

Universitas Malikussaleh

E-ISSN : 2798-8457