PEMENUHAN HAK KESEHATAN TERHADAP NARAPIDANA LANSIA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II B LHOKSUKON

Opa Aulia Saputri, Hasan Basri, Johari Johari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pemenuhan hak kesehatan terhadap narapidana lansia di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Lhoksukon, untuk mengetahui kendala penerapan pemenuhan hak kesehatan terhadap narapidana lansia di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Lhoksukon dan untuk mengetahui upaya untuk mengatasi kendala dalam penerapan pemenuhan hak kesehatan terhadap narapidana lansia di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Lhoksukon.. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif dengan pendekatan Yuridis Empiris yang dengan kata lain adalah jenis penelitian hukum Sosiologis   yaitu prosedur Penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau wawancara langsung dengan pihak-pihak yang terkait. Adapun Hasil Penelitian ini yaitu Implementasi  Pemenuhan hak kesehatan terhadap Narapidana Lansia di Lapas Kelas II B Lhoksukon masih sangat minim dan masih perlu ditingkatkan, hal ini dilihat dari tidak terpenuhinya ketentuan mengenai standar kesehatan dan sarana-prasarana secara Tenaga Kesehatan, secara Pemenuhan atau Penanganan terhadap Psikologi Narapidana Lansia maupun dari segi Anggaran untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari Narapidana Lansia khusus yang dimiliki oleh Lapas Kelas II B Lhoksukon. Disarankan kepada Lembaga Pemasyarakatan Keas II B Lhoksukon dapat memberikan pelayanan kesehatan khusus untuk narapidana lansia dan diharapkan untk dapat mengatasi hambatan yang dihaapi dalam melaksanakan pemberian kesehatan terhadap narapidana lansia dengan dipenuhi dana khusus, semua sarana dan prasarana dan meningktakan tau menambahkan tenaga medis yang profesioal. Dan kepada Lapas Kelas II B Lhoksukon agar dapat menabahkan kegiatan kebugaran jasmani untuk meningkatkan kesehaan pada narapidana lansia.


Keywords


Narapidana, Lanjut Usia, Lembaga Pemasyarakatan.

Full Text:

PDF

References


A. Buku

Arifin, Anis. Hukum dan HAM di Indonesia. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2016.

Astuti, Lina. Kesehatan dan Hak Asasi Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.

Bachtiar, Adnan. Perlindungan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia, 2015.

Darmawan, Andi. Hukum Kesehatan: Perspektif Teoritis dan Praktis. Jakarta: Prenada Media, 2017.

Hidayat, Nur. Sistem Pemasyarakatan di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Indrawati, Siti. Narapidana Lansia: Permasalahan dan Pemecahannya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2016.

Iskandar, Bambang. Hak Kesehatan dalam Hukum HAM Internasional. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2017.

Kaligis, Otto Cornelis. Perlindungan Hukum Terhadap Hak Asasi Tersangka, Terdakwa Dan Terpidana. Bandung: Alumni, 2006.

Komnas, H. A. M. Standar Norma Dan Pengaturan Nomor 4 Tentang Hak Atas Kesehatan. Jakarta: Komnas HAM, 2021.

Lesmana, Gusman. Bimbingan Konseling Populasi Khusus. Jakarta: Prenada Media, 2021.

Pasolong, Harbani. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta, 2010.

Prasetyo, Eko. Kesehatan dan Pelayanan Publik di Indonesia. Jakarta: Pustaka Obor, 2017.

B. Jurnal dan Karya Ilmiah Lainnya

Avandi, Nur Said, dan Mitro Subroto. "Implementasi Program Pembinaan Terhadap Narapidana Lanjut Usia Di Lapas Kelas Iib Sleman." Jurnal Hukum Samudra Keadilan 18, No. Khusus (2023): 297-310.

https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jhsk/article/view/8784

Bayu Nugraha. "Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini." Jurnal Pendidikan Anak 4, No. 1 (2015). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/12344

Febrianti, Devi Ayu, dan Mitro Subroto. "Pemberian Hak Narapidana Lanjut Usia dalam Pemenuhan Hak Kesehatan Di Lembaga Pemasyarakatan." Jurnal Panorama Hukum 6, no. 2 (2021): 119-125.

https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jph/article/view/6120

Hermansyah, Adi, dan Masitoh. "Pemenuhan Hak Narapidana Lanjut Usia Bidang Kesehatan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Banda Aceh." Syiah Kuala Law Journal 4, no. 1 (2020): 88-96.

https://jurnal.usk.ac.id/SKLJ/article/view/16775

Kahfi, Muhibbul, dan Mitro Subroto. "Pembinaan Terhadap Narapidana Lanjut Usia Di Lapas Kelas Ii A Padang." Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha 11, no. 3 (2023): 1-6.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/68501

Oktafianingsih, Mifah. "Efektivitas Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pembinaan Dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan Terhadap Pembinaan Dan Pembimbingan Warga Binaan Tindak Pidana Korupsi Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Sukamiskin Bandung." Phd Diss., Fakultas Hukum Universitas Pasundan, 2022.

Syafatullah, Galih, dan Mitro Subroto. "Pemenuhan Hak Narapidana Kelompok Rentan Khusus Lansia: Upaya Memenuhi Kesehatan di Lembaga Pemasyarakatan." Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains 12, no. 02 (2023). https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita/article/view/19723




DOI: https://doi.org/10.29103/jimfh.v7i2.16650

Article Metrics

 Abstract Views : 20 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Opa Aulia Saputri, Hasan Basri, Johari Johari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Hukum

Universitas Malikussaleh

E-ISSN : 2798-8457