Perlindungan hukum terhadap perjanjian endorsement (jasa promosi) yang dilakukan oleh selebgram pada media sosial instagram ditinjau dari perspektif kitab undang undang hukum perdata
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Buku-Buku
Imam Sjahputra, Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Elektronik, PT Alumni, Bandung, 2010.
Makarim Edmon, Pengantar Hukum Telematika, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2005.
Ramziati, dkk, Kontrak Bisnis, Unimal Press, Lhokseumawe, 2019.
Perundang-Undangan
Undang-Undang Dasar 1945
Kitab Undang-Undang Hukum Perdata
Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK)
Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik
Jurnal dan Skripsi
Aan Handriani, Perlindungan Konsumen Dalam Perjanjian Transaksi Jual Beli Online, Jurnal Hukum Universitas Pamulang, Vol. 3, No. 2, 2020.
Ade Permana Agung, dkk, Akibat Hukum Bagi Selebgram Yang Melakukan Periklanan Menyimpang Dari Ketentuan Peraturan Perundang-Undangan, Jurnal Konstruksi Hukum Universitas Warmadewa, Denpasar, Vol. 3, No. 2, 2022.
Azahery Insan Kamil, dkk, Hukum Kontrak dalam Perjanjian Perspektif Komparatif (Menyorot Perjanjian Bernama dengan Perjanjian Tidak Bernama), Jurnal Serambi Hukum, Surakarta, Vol.8, No.2, 2014.
Devy Nadhilah Ghassani, Penerapan Klausula Baku Oleh Endorsee Dalam Perjanjian Endorsement Dikaitkan Dengan Asas Kepatutan, Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, Bandung, Vol. 17, No. 6, 2023.
Dita Fatmi Yunindra, dkk, Pengaturan Perlindungan Konsumen Dalam Perjanjian Endorsement Antara Endorse dan Endorser, Jurnal Fakultas Hukum Universitas Mataram, Mataram, 2023.
Erzanuary Akbar, Tinjauan Hukum Terhadap Perjanjian Baku Endorsement di Akun Instagram Megi Irawan dan Iwal Bani, Skripsi, Universitas Islam Riau, Pekanbaru, 2021.
Harnanto Prasetyo, Pembaharuan Hukum Perjanjian Sportentertainment Berbasis Nilai Keadilan, Jurnal Pembaharuan Hukum, Semarang, Vol. IV, No. 1, 2017.
Husnul Khatimah, Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli Online Di Aplikasi Lazada Dan Shopee, Jurnal Hukum Universitas Sriwijaya, Malang, Vol. 4, No.3, 2022.
Riyo Mulyo, Endorser Sebagai Affirmative Action Dalam Komunikasi Bisnis, Jurnal Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Merdeka Malang, Malang, Vol. 2, No. 2, 2016.
Rifki Fadlurohman, Wanprestasi atas Perjanjian Jasa Promosi oleh Influencer pada Media Sosial Ditinjau dari Perspektif KUH Perdata, Jurnal Hukum Universitas Islam Bandung, Bandung, Vol. 3, No.1, 2023.
Zennia Almaida, Perlindungan Hukum Preventif dan Represif bagi Pengguna Uang Elektronik dalam Melakukan Transaksi Tol Nontunai, Jurnal Privat Law, Universitas 11 Maret, Vol. 9, No.1, 2021.
Internet dan Artikel
https://repository.uin-suska.ac.id/7119/3/BAB%20II.pdf
https://katadata.co.id/ekonopedia/istilah-ekonomi/62df5ea2edb79/mengenalprofesi-selebgram-definisi-dan-perlakuan-perpajakannya
DOI: https://doi.org/10.29103/jimfh.v7i2.16277
Article Metrics
Abstract Views : 78 timesPDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sulaiman Sulaiman, Rauzatul Nisa, Sofyan Jafar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Universitas Malikussaleh
E-ISSN : 2798-8457