HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI UNGGUL KOTA SUBULUSSALAM

M. Rizki Ramadhan, Husnah Husnah, Zulfa Zahra

Abstract


Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal seperti psikologi, jasmani, fisiologi, panca indra dan faktor eksternal meliputi lingkungan dan sosial. Salah satu faktor psikologis yang penting dapat mempengaruhi prestasi belajar adalah kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dan status gizi dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri Unggul Subulussalam. Jenis penelitian adalah analitik observasional dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel secara stratified random sampling dari tanggal 14 sampai 20 Oktober 2017 dengan jumlah sampel 172 siswa. Data yang diambil meliputi kecerdasan emosional menggunakan kuesioner kecerdasan emosional, status gizi dengan indeks massa tubuh dan prestasi belajar dengan nilai raport. Analisis data menggunakan uji spearman correlation. Hasil penelitian di dapatkan kecerdasan emosional terbanyak adalah baik 123 siswa (71,5%), status gizi normal 127 siswa (73,8%) serta prestasi belajar baik 162 siswa (94,2%). Hasil analisis data antara hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar diperoleh p value 0.028 dan r 0.167 hal ini menunjukkan terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar. Status gizi dengan prestasi belajar diperoleh p value 0,281 dan r -0,094 hal ini menunjukkan tidak terdapat hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar. Dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional berhubungan dengan prestasi belajar dan status gizi tidak berhubungan dengan prestasi belajar.


Keywords


kecerdasan emosional, status gizi, prestasi belajar.

Full Text:

PDF

References


Wasis D. Hubungan Intelegensi, Status Gizi dengan Prestasi Belajar siswa SLTP. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang; 2001.

Setiawati M, Wijayanto P, Setiadi DW. Hubungan Kecerdasan Emosional, Status Gizi dengan Prestasi Belajar. Universitas Diponegoro Semarang; 2007.

Roy B. Emotional Intelligence and Academic Achievement Motivation Among Adolescents: a Relationship Study. J Arts, Sci Commer. 2013;(April 2013):126–30.

Hadi H. Beban Ganda Masalah Gizi dan Implikasinya Terhadap Kebijakan Pembangunan Kesehatan Nasional. Pidato Pengukuhan Jab Guru Besar. 2005;1–24.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2013. Lap Nas 2013. 2013;1–384.

Dwi Y, Irwanto, Wibowo A. The Relationship between Nutritional Status and Learning Achievement of School-Age Children in Elementary School. 2016;1(7):1–4.

Momongan MMH, Punuh MI, Kawatu PAT. Hubungan Antara Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 11 Surabaya. J Pendidik [Internet]. 2013;1(2):547–52. Available from: http://www.ejournal.unesa.ac.id

Amanda R. Korelasi Status Gizi dengan Siklus Menstruasi Pada Siswi SMA Negeri Unggul Kota Subulussalam Tahun 2016. Universitas Syiah Kuala; 2016.

Zaki RP. Perbedaan Tingkat Kecerdasan Emosional Antara Siswa Kelas III Pendidikan Reguler SMAN 3 Banda Aceh dan Siswa Pendidikan Asrama SMAN 10 Fajar Harapan Banda Aceh Tahun 2014. [Banda Aceh]: Universitas Syiah Kuala; 2014.

Fauzi F, Anggraini D, Dewiarti A, Sahli A. The Relationship Of Emotional Quotient And Nutritional Status With Learning Achievement On 22 nd Junior High School Bandar Lampung Student. :67–75.

Kalapriya C, Anuradha K. Emotional intelligence and academic achievement among adolescents. Int J Adv Res Manag Soc Sci. 2015;4(1):11–7.

Goleman D. Apakah Kegunaan Emosi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama; 2014.

Daud F. Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. J Pendidik dan Pembelajaran [Internet]. 2012;19(2):243–55. Available from: http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/3475

Padriyani SO dkk. Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar pada Siswa-Siswi SMAN 1 Padang Tahun Ajaran 2013/2014. Kesehat Andalas. 2014;3(3):473.

Mahardika S. Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Dan Tingkat Kehadiran Anak Balita Di Posyandu Dengan Status Gizi Anak Balita Di Desa Gedongan Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar. Fakultas Ilmu Kesehatan. 2016.

Ahmad S, Fatimah F. Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi dan Jajan dengan Status Gizi Anak Sekolah Dasar Yogyakarta. 2011;1–15.

Ristiyati ID. Hubungan antara Status Gizi dan Prestasi Belajar Murid SD Negeri di Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. 2014; Available from: http://eprints.ums.ac.id/29444/

Qurniyawati E. Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi D IV Kebidanan Jalur Reguler FK UNS Tahun Ajaran 2008/2009. Universitas Sebelas Maret; 2009.

Syatyawati R. Hubungan antara Status Gizi dengan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar di Desa Grenggeng Kecmatan Karangar Kebumen. 2013;1–16. Available from: http://eprints.ums.ac.id/24354/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Andriani A. Kecerdasan Emosional ( Emotional Quotient ) Dalam Peningkatan Prestasi Belajar. Edukasi. 2014;2(1):459–72.

Tjunjing S. Hubungan Antara IQ, EQ, dan AQ dengan Prestasi Studi Pada Siswa SMU. Indones Phys J. 2011;17(1):69–87.

Khairunisa. Hubungan Status Gizi dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Akademi Kebidanan Bekasi tahun 2010. Gema Nusant. 2011;VI.

Suryabrata S. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Andi; 2010.

Soekirman. Ilmu Gizi dan Aplikasinya untuk Keluarga dan Masyarakat. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi: Departemen Pendidikan Nasional; 2008. 31-35 p.

Markam S. Dasar-dasar Neuropsikologis Klinis. Jakarta: CV Sagung Seto; 2009.

Georgieff MK. Nutrition and the developing brain: nutrient priorties and measurement. Am J Clin Nutr. 2007;85(Supplement):000S–000S.

Almatsier S. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama; 2009.

Soetjiningsih. Tumbuh kembang remaja dan permasalahannya. Jakarta: CV Sagung Seto; 2015.




DOI: https://doi.org/10.29103/averrous.v6i2.3040

Article Metrics

 Abstract Views : 1170 times
 PDF Downloaded : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 M. Rizki Ramadhan, Husnah Husnah, Zulfa Zahra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Print ISSN :
2477-5231
Online  ISSN
:
2502-8715

Publisher:
Unimal Logo

Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh
Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh, Jl. Meunasah, Uteunkot Cunda, Lhokseumawe, 24351, Provinsi Aceh, Tel/fax : 081376575984, Email: averrous@unimal.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.