GAMBARAN PERFORMA INSTRUKTUR KETERAMPILAN KLINIK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALIKUSSALEH

mulyati sri rahayu, Yuziani Yuziani

Abstract


Performa seorang instruktur skill lab sangat berpengaruh  terhadap pencapaian sasaran pembelajaran skill lab. Tujuan penelitian  ini adalah  untuk  mengetahui gambaran performa instruktur skill lab Program Studi Kedokteran di FK  Unimal.  Jenis penelitian ini adalah deskriptif-analitik menggunakan  rancangan  cross sectional. Responden adalah  213 mahasiswa.  Instrumen yang digunakan  adalah “Instrument for Evaluating Clinical Skills lab Teacher’s Didactical Performance”. Hasil penelitian menunjukkan  performa keterampilan mengajar, keterampilan  interpersonal dan komunikasi  dan performa kondisi/strategi pelatihan intruktur keterampila klinik didinilai baik oleh mahasiswa dengan persentase kategori baik sampai sangat baik  lebih dari  90 %.  Kesimpulan penelitian ini menunjukkan  bahwa secara umum  performa instruktur keterampilan klinik di Program Studi Kedokteran FK Unimal sudah baik berdasarkan persepsi mahasiswa.

 

Kata kunci :  keterampilan klinis, instruktur, perfoma mengajar, instrumen


Keywords


kedokteran

Full Text:

PDF

References


Agnesia, F.P., Nyimas, N.A.S., 2016. Gambaran performa instruktur skill lab program studi kedokteran di fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan universitas jambi . JMJ, Vol. 4, No 1, pp: 15 – 27

Amin, Z., Khoo, H.E., 2009. Basic in medical education. Edisi ke-2, Singapore : World Scientific Publising.

Harden, R.M., Dent, J.A., 2009. A practical guide for medical teachers. Edisi ke-3,UK: Churcill Livingstone.

Harden, R.M,, Crosby, J., 2000. AMEE education guide no.20: the good teacher is more than a lecturer: the twelve roles of the teacher. (Med Teach) Vol. 22, No.4,pp.334-347.

Hardisman, Yulistini., 2013. Pandangan mahasiswa terhadap hambatan pada pelaksanaan skill lab di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. (Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia) Vol. 2, No.3, pp:187-180

Hutchinson, L., 2003. Education environment. Dalam: Cantillon P, Hutchinson L, Wood D, editor. ABC of learning and teaching in medicine, London: BMJ Publishing Group

KKI. 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia

Mc.Cluskey, Editor: David, R., 2008. Kemampuan praktis esensial dalam OSCE di bidang kedokteran, Jakarta: EGC

Sadiman, A., 2011. Media pendidikan: pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya, Jakarta: Rajawali Pers.

Setiawan,P., Danlen J.V., Wittingham, J,. 2013. Instrument for evaluating didactical performance of clinical skill laboratory teachers.( Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia) Vol.2, No.2, pp.95-85

Suryadi, E., 2008. Pendidikan di laboratorium keterampilan klinik, Yogyakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada.




DOI: https://doi.org/10.29103/averrous.v6i2.2399

Article Metrics

 Abstract Views : 27 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 AVERROUS

License URL: https://creativecommons.org


Copyright © AVERROUS: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Malikussaleh

Diterbitkan Fakultas Kedokteran Universitas Malikusaleh

Unimal LogoCreative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License