PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI I DEWANTARA ACEH UTARA

Halimatus Sakdiah, Syurvani Else Putri, Rozanna Dewi

Abstract


Media video pembelajaran adalah media yang menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan pembelajaran baik yang berisi konsep, prinsip, prosedur, teori aplikasi pengetahuan untuk membantu pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui hasil validitas ahli dan respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis video pada materi momentum dan implus pada masa pandemi Covid-19 di SMA Negeri I Dewantara Aceh Utara. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas x mipa 1 dan x mipa 2. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, disseminate. Telah dilakukan uji validitas oleh para ahli serta uji coba lapangan kepada siswa. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh rata-rata sebesar 87.45% dengan kategori “sangat layak”, validasi ahli media memperoleh rata-rata sebesar 89.81% dengan kategori “sangat layak” dan hasil respon siswa 98.08% dengan kategori “sangat layak”. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video dinyatakan sangat layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


Covid-19, Media Pembelajaran Vide,Validitas,Video

Full Text:

PDF

References


Hafizah, S. (2020). Penggunaan Dan Pengembangan Video Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 225.

Kurniawan, D., Dewi, S. V., Pendidikan, J., Fakultas, M., Dan, K., Pendidikan, I., & Siliwangi, U. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast- O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1).

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif (1st ed.; P. Rais, ed.). Sidoarjo: UMSIDA Press.

Nuzuliana, A. H., Bakri, F., & Budi, E. (2015). Pengembangan Video Pembelajaran Fisika pada Materi Fluida Statis di SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika, IV(October 2015), 27–32.

Priandono, Febrian Eko, Astutik, Sri, Wahyuni, S. (2012). Pengembangan Media Audio-Visual Berbasis Kontekstual Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(3), 247–253.

Qodir, A. (2017). Bimbingan dan Pengajaran. K-Media, 1(1), 1–233.

Ramli, M. (2012). Media Teknlogi Pembelajaran. IAIN Antasari Press, 1–3.

Ridha, M., Firman, & Desyandri. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–162.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Yogyakarta: Budi Utama.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (21st ed.). Bandung: ALFABETA.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran (1st ed.; M. A. Salmulloh, ed.). Yogyakarta: Pustaka Insan Mandani.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v5i1.5983

Article Metrics

 Abstract Views : 184 times
 PDF Downloaded : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Halimatus sakdiah, syurvani else putri, rozanna dewi

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter