EFEKTIFITAS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

Henni Fitriani

Abstract



 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas Problem Based Learning  terhadap aktivitas belajar peserta didik dalam proses pembelajaran pada materi Elektrolit dan Non Elektrolit. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 di Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Malikussaleh dengan sampel 20 mahasiswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas peserta didik yang memuat karakteristik dari Model pembelajran PBL. Teknik analisis data menggunakan rumus deskriptif persentase. Data hasil penelitian menunjukkan jumlah rata-rata persentase aktivitas peserta didik yang tinggi dengan menggunakan Problem Based Learning yaitu mencapai 87,49%

 

Kata Kunci: PBL, Aktivitas Peserta Didik, Elektrolit dan Non Elektrolit


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Aldianur R, dkk. 2020. Model Talking Stick Pada Pembelajaran Materi Koloid Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. Vol 4 (2).

Efendhi, dkk 2014. Pengembangan Bahan Ajar Buku Berjendela Sebagai Pendukung Implementasi Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Pada materi Jurnal Khusus. Jurnal Pendidikan Akuntansi. Vol. 2 (1).

Hilmi, M., dkk. 2015. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Ketercapaian Kompetensi Siswa. Juornal Chemistry In Education. 4 (2).

Indayatmi. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Kimia Melalui Model Chemisong Pada Peserta Didik Kimia Analisis. Jurnal Edusains, Vol. 9 (1).

Pane, A., & Muhammad D.D. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, Vol 3 (2).

Sutarno, E., & Mukhidin. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pengukuran Untuk Meningkatkan Hasil Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. Vol. 21(3)

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Widaningsih, I. (2018). Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4,0. : Uwais Inspirasi Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v4i1.3890

Article Metrics

 Abstract Views : 422 times
 PDF Downloaded : 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Henni Fitriani

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter