PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING PADA MAHASISWA ADMINISTRASI BISNIS UNIVERSITAS MALIKUSSALEH

Nayami Syarifuddin, Maisyura Maisyura

Abstract

This study aims to determine the influence of brand ambassadors and brand image on the purchasing decision of Scarlett Whitening products on Malikussaleh University Business Administration students. This research was conducted at the Business Administration Study Program of Malikussaleh Lhokseumawe University. This study used primary data in the form of questionnaires that were distributed to students of the Business Administration Study Program at Malikussaleh University as many as 67 respondents. The data analysis methods used are instrument tests and classical assumption tests as well as multiple linear regression tests using the help of SPSS software version 26. The test results showed that the brand ambassador variable did not have a significant effect on scarlett Whitening's product purchase decisions in Malikussaleh University Business Administration students, while the brand image variable had a positive and significant effect on Scarlett Whitening's product purchase decisions in Malikussaleh University Business Administration students. Meanwhile, the simultaneous test results showed that the brand ambassador and brand image together influenced the purchasing decision of Scarlett Whitening products in Malikussaleh University Business Administration students.

Keywords

Brand Ambassador, Brand Image, Purchasing Decision

Full Text:

PDF

References

Ahmad, M., Tumbel, T. M., & Kalangi, J. A. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Oriflame Di Kota Manado.Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 10(1), 25-31. (diakses pada tanggal 27 November 2021 pukul 16.52)

Fauzana, S. Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sampo Sunsilk. (diakses pada tanggal 11 Desember 2021 pukul 22.19)

Kirana, L. C., Trijayanti, R. T., & Sari, Y. I. (2020). Pengaruh Zaskia Adya Mecca Sebagai Brand Ambassador Dalam Instagram Meccanismofficialshop Terhadap Brand Image Meccanism. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(2), 308-320.

Mahiri, E. A. (2020). Pengaruh Brand Image dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Mart Banjaran.Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(3), 227-238. (diakses pada tanggal 12 Desember 2021 pukul 16.31)

Montolalu, N. A., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening pada Platform Digital.Productivity, 2(4), 272-275. (diakses pada tanggal 12 Desember 2021 pukul 22.04)

Pintubatu, C., & Saputri, M. E. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Ambassado Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tokopedia. eProceedings of Management, 8(5).

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2018). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek brand image terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja, 14(1), 16-23.

Prasetyo, P. E. (2018). Brand Ambassador dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Yang dimediasi Oleh Citra Merek (Studi Kasus Pada XL Axiata Di Pelajar Dan Mahasiswa Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 7(5), 458-466.

Rahayu, F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap Korean Spicy Chicken Di Kabupaten Lumajang.

Samosir, L. S., Putri, Y. R., & Nurfebrianing, S. (2016). Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Dewi Sandra Terhadap Putusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Kota Bandung.Jurnal Sosioteknologi, 15(2), 233-240. (diakses pada tanggal 27 November 2021 pukul 15.39)

Supriyadi, S., Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal bisnis dan manajemen, 4(1).

Suryani, S., & Rosalina, S. S. (2019). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating Pada Startup Business Unicorn Indonesia. Journal of Business Studies, 4(1), 41-53.(diakses pada tanggal 27 November 2021 pukul 16.25)

Widyaputra, K. H., & Djawoto, D. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador, Kreativitas Iklan, dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 7(7).

Yoeliastuti, Y., Darlin, E., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Penjualan Online Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(2), 212-223.

Anugerah, F. H. (2020).Pengaruh Brand image, Brand Ambassador, Word of mouth dan Testimony in social media terhadap keputusan pembelian Hijab Sulthanah di kota Tegal (Doctoral dissertation, Universitas Pancasakti Tegal).(diakses pada tanggal 12 Desember 2021 pukul 15.41)

Romadhoni, M. (2015). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Mahasiswa FIK UNY Oleh. (diakses pada tanggal 12 Desember 2021 pukul 17.05)

Yuliana, V. (2020).Pengaruh Brand Image dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic (Study pada Mahasiswa IAIN Kudus Program Studi Manajemen Bisnis Syariah) (Doctoral dissertation, IAIN Kudus). (diakses pada tanggal 11 Desember 2021 pukul 21.56)

Compass.co.id.10 Brand Skincare Terlaris di Market Place. http://Compass.co.id/Article/Brand-skincare-lokal-terlaris/

https://www.scarlett-whitening.com/

Refbacks

  • There are currently no refbacks.