PERSPEKTIF WISATAWAN TERHADAP DESTINASI PARIWISTA DANAU LUT TAWAR ACEH TENGAH

Agustinawati Agustinawati Agustinawati

Abstract

Keputusan berkunjung wisatawan merupakan indikator yang harus diperhatikan dalam bisnis destinasi pariwisata. Danau Lut Tawar Aceh Tengah memiliki banyak destinasi pariwisata yang sangat diminati dan menjadi tujuan wisata oleh wisatawan lokal maupun luar daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perspektif wisatawan berdasarkan indikator Aksesibilitas, Harga, Fasilitas, Kepuasan dan Keputusan Berkunjung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang didistribusikan langsung kepada wisatawan dengan menggunakan purposive sampling dan dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa perspektif  wisatawan terhadap destinasi pariwisata danau lut tawar Aceh Tengah secara keseluruhan berada dalam perspektif yng baik. Hal ini dapat dilihat dari nilai setiap variabel yang positif yang bernilai keinginan wisatawan untuk berkunjung kembali.

Keywords

aksesibilitas, harga, fasilitas, kepuasan, kunjungan wisatawan

Full Text:

PDF

References

Agustinawati, A., Samsidar, S., Bahri, H., Devi, M. S., & Muntari, Z. (2022). Studi Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Ditinjau Dari Perspektif Daya Tarik Destinasi Wisata Hutan Lindung Kota Langsa. Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(1), 122-127.

Agustinawati, Halida Bahri, Laila Fajri, Danyatul Hayati, & Ghufran Mutahallil. (2022). Analysis Of Responsible Tourism Marketing Toward Entrepreneur In Culinary Sector Of Tourism. International Journal Of Educational Review, Law And Social Sciences (IJERLAS), 2(6), 921–926. https://doi.org/10.54443/ijerlas.v2i6.670

Agustinawati. 2018. Pengaruh Servqual Dimension terhadap Kepuasan Wisatawan pada Obyek Wisata Pantai di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis, Volume 7, No 1

Agustinawati. 2017. Persepsi Wisatawan Terhadap Jasa Kuliner Objek Wisata Kota Lhokseumawe. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh

Agustinawati. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Kuliner Dengan Pendekatan SERVQUAL. Jurnal Visioner & Strategis, Volume 5 No.2

Bailia, J. F. T. A. S. Soegoto., dan S. S. R. Loinding. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung-Warung Makan Lamongan di Kota Manado. Jurnal EMBA. 2(3) : 1766-1780.

Engel, James F. 2011. Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara

Hasan Ali, (2015) Marketing Tourism, Yogyakarta, CAPS

Irawan, Handi. 2012. Sepuluh Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Penerbit Elex Media Komputindo..

Kotler dan Keller, 2012, Marketing Management Edisi 14, Global Edition. Person Prentice Hall.

Kotler, P. 2002. Marketing Management. Edisi Milenium 2. Diterjemahkan oleh Hendra Teguh, Manajemen Pemasaran. Prenhailindo. Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat. 2019. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik. Jakarta: salemba empat.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.