Profil Mantan Pecandu Narkoba yang Resilience di Pusat Rehabilitasi NAPZA Yayasan Tabina Aceh

Irfan Mubarak, Hafnidar Hafnidar, Rahmia Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil mantan pecandu narkoba yang resiliensi. Penelitian ini penggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di Pusat Rehabilitasi NAPZA Yayasan Tabina Aceh, Lhokseumawe. Responden penelitian berjumlah tiga orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling berdasarkan karakteristik mantan pecandu narkoba yang berusia dewasa, pernah mengalami rehabilitasi NAPZA, dan telah bebas narkoba. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Semua responden mengalami proses resiliensi yang baik berupa pengendalian emosi, kemampuan mengontrol impuls, optimis individu, kemampuan menganalisis masalah, kemampuan berempati, self efficacy, kemampuan meraih apa yang diinginkan dengan resiliensi yang baik. Hasil penelitian menggambarkan profil responden dan proses mendapatkan bantuan dari Pusat Rehabilitasi NAPZA Yayasan Tabina Aceh.

 


Keywords


profil, pecandu, resilien, rehabilitasi

Full Text:

PDF

References


Amacon. Reivich, K., & Shatte, A. (2002) The Resilience Factor: 7 Keys To Finding Your Inner Strength And Overcome Life’s Hurdles. Broadway Books.

Grotberg. (2003) Resiliensi for Today: Gaining Strength from Adversity. Praeger Publisher. Reivich, K & Shatte, A. 2002. The Resilience Factor . New York: Broadway Books.

Reivich dan Shatte (2002). The Resilience Factor . New York: Broadway Books.

Suparmi (2020). Resiliensi pada Narapidana Tindak Pidana Narkotika Ditinjau dari Kekuatan Emosional dan Faktor Demografi. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 6(1), 80. https://doi.org/10.22146/gamajop.52137




DOI: https://doi.org/10.29103/jpt.v4i1.10202

Article Metrics

 Abstract Views : 149 times
 PDF Downloaded : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Irfan Mubarak, Hafnidar Hafnidar, Rahmia Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.