PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GANDAPURA

Eva Muliani, Iryana Muhammad, Yeni Listiana, Marhami Marhami, Fajriana Fajriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh metode pembelajaran Snowball throwing lebih baik dari pada siswa yang memperoleh metode pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan quasi eksperiment dengan menggunakan nonequivalent control grup design.  penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gandapura pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis terbagi atas pretest dan Posttest. Analisis data yang dilakukan untuk tes kemampuan komunikasi matematis menggunakan uji non parametrik berbantuan software SPSS 25. Berdasarkan hasil uji nonparametrik mann-whitney diperoleh   berarti ditolak H0 sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan Vidio Animasi lebih baik daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan model pembelajaran biasa berbantuan Vidio Animasipada materi Trigonometri kelas X di SMA Negeri 1 Gandapura

Keywords


Kemampuan Komunikasi Matematis, Snowball Throwing,Video Animasi

Full Text:

PDF

References


Ansari, I. B. (2016). Komunikasi Matematik Konsep dan Aplikasi. Penerbit Pena.

Arikunto, S. (2017). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka cipta.

Bari, F. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar. November, 176–191.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 2019, 181–188.

Hake, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Measurement and Reasearch Methodology.

Hendriana. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. PT RefikaAditama.

Ilmi, N., & Tajuddin, R. (2021). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. 1(1), 38–44.

Kurnia, R. D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Bandar Lampung T.P. 2015/2016. Univesitas Lampung.

Multazam, T. H. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) pada Siswa MTs. UIN Ar-Raniry.

Natalliasari, I. (2013). Penggaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTS. Universitas Terbuka.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA.

Sariningsih, R., & Kadarisma, G. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Etnomatematika. 3(1), 53–56.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Siagian, M. D. (2000). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. 2(1), 58–67.

Simamora, R. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa pada Materi Program Linear di Kelas XI SMA Negeri 2 Pematangsiantar TA.2016/2017. 2(2), 59–69.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Within. (1992). Mathematics Task Centre; Proffesional Development and Problem Solving. The Mathematical Association of Victoria.




DOI: https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11171

Article Metrics

 Abstract Views : 160 times
 PDF Downloaded : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Eva Muliani, Iryana Muhammad, Yeni Listiana, Marhami Marhami, Fajriana Fajriana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. View My Stats