FLYPAPER EFFECT PADA PENGARUH DANA ALOKASI UMUM, DANA ALOKASI KHUSUS DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP BELANJA DAERAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH

Nurul Ikhwani, Naz'aina Naz'aina, Ratna Ratna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dana alokasi umum, dana alokasi khusus dan pendapatan asli daerah terhadap belanja daerah. Data penelitian yang digunakan adalah gabungan antara cross section dengan time series pada 23 Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh selama 2013-2018, yang diperoleh dari Laporan Realisasi Anggaran (LRA) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jendral Pengelola Keuangan Daerah Kementrian Keuangan (DJPK Kemenkeu). Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Data Panel dengan Bantuan Eviews 10. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dana alokasi umum, dana alokasi khusus dan pendapatan asli daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap belanja daerah. Besarnya pengaruh dana alokasi umum, dana alokasi khusus dan pendapatan asli daerah terhadap belanja daerah adalah sebesar 92,07% dan sisanya sebesar 7,93% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian ini.Penelitian ini juga membuktikan bahwa terjadi flypaper effect pada DAU Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh dan pada DAK flypaper effect hanya terjadi di sebagian Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh, ini dilihat dari kontribusi DAU dan DAK yang lebih tinggi dibandingkan PAD dalam merespon belanja daerah. Rekomendasi dari hasil penelitian ini yaitu diharapkan pihak pemerintah daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh untuk menggunkan dana alokasi umum dan dana alokasi khusus sebaik dan seefektif mungkin, dan diharapkan pihak pemerintah daerah lebih menggali potensi-potensi daerah agar dapat meningkatkan PAD

Kata Kunci           :               Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Pendapatan Asli Daerah, Belanja Daerah

 


Full Text:

PDF

References


Afrizawati, (2012). Analisis Flaypaper Effect Pada Belanja Daerah (BD) Kabupaten/Kota Di Sumatra Selatan. Journal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi Vol 2 No 1.

Anwar, A. R. D., Abdullah, M. F., & Hadi, S. (2018). Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Otonomi Khusus dan PDRB Terhadap Belanja Daerah Di Kab/Kota Provinsi Papua. Jurnal Ilmu EKonomi JIE, 2(1), 1-13.

Aprilla, Nila dan Redo Arian Saputra (2013). Pengaruh Flypaper Effect, Dana Alokasi Umum, dan Pendapatan Asli Daerah terhadap Belanja Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia.Jurnal Akuntansi. Vo. 3 No.2.

Awaniz, Berlian Nur. (2011). Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Belanja Daerah di Eks Karesidenan Pekalongan. Jurnal Keuangan Daerah. Vol 1. No 2.

Azwar, A., Hamzah, A., Masbar, R., & Syahnur, S. (2013). Economic Growth Disparity Among the Regions in Aceh, Indonesia. Aceh International Journal of Social Sciences, 2(1).

Bastian, Indra (2010). Akuntansi Sektor Publik. Erlangga. Jakarta.

Badrudin, Rudy. (2012). Ekonomika Otonomi Daerah. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Baltagi, B.H. (2008). Econometrics. Fourth Edition. Spinger. Heidelberg.

Bastian, Indra (2002). Sistem Akuntansi Sektor Publik. Salemba. Jakarta.

Dagun, S. M (1992). Maskulin dan Feminin: Perbedaan Pria-Wanita Dalam Fisiologis dan Psikologi. Rineka Cipta. Jakarta.

Darise, Nurlan. (2009). Pengelolaan Keuangan Daerah. Indeks, Jakarta

Ernayani, R. (2017). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus dan Dana Bagi Hasil terhadap Belanja Daerah (Studi Kasus pada 14 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur Periode 2009-2013). JSHP: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(1), 43-52.

Fajar, Nugroho, dan Abdul Rohman. (2012). Pengaruh Belanja Modal Terhadap Pertumbuhan Kinerja Keuangan Daerah Dengan Pendapatan Asli Daerah Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus di Propinsi Jawa Tengah). Diponegoro Journal Of Accounting. Vol 1, No 2.

Ferdiansyah, I., Deviyanti, D. R., & Pattisahusiwa, S. (2018). Pengaruh pendapatan asli daerah, dana alokasi umum, dana alokasi khusus, dan dana perimbangan terhadap belanja daerah. INOVASI, 14(1), 44-52.

Frediyanto, Yanuar (2010). Analisis Kemampuan Keuangan Kabupaten/Kota di Propinsi Jawa Tengah Sebelum dan Sesudah Kebijakan Otonomi Daerah. Jurnal EMBA. Vol 1. No 2.

Gujarati dan Porter. (2012). Dasar-Dasar Ekonometrika. Salemba Empat, Jakarta.

Gorodnichenko, Y (2001). Effects of Intergovernmental Aid on Fiscal Behavior of Local Governments: The Case of Ukraine, Master Thesis, University of Kiev.

Gramlich, E.M (1977). Intergovernmental Grants: AReview of the Empirical Literature, W.E. Oates, (Ed.),The Politic Economy of Fiscal Federalism, Lexington Books, Lexington MA.

Halim, Abdul (2002). Akuntansi Sektor Publik akuntansi Keuangan Daerah. Salemba Empat. Jakarta.

____________. (2004). Akuntansi Keuangan Daerah, Edisi Revisi. Salemba Empat. Jakarta.

____________. (2016). Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah. Salemba Empat. Jakarta.

Haryani, H. (2017). Analisis Flypaper Effect Pada Pemerintah Provinsi Aceh. Ekonis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 18(2).

Hapid, H., Halim, M., & Wulandari, Y. (2016). Pengaruh Dana Alokasi Khusus, Dana Bagi Hasil dan Dana Alokasi Umum Terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Luwu. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 2(1).

Hairiyah, H., Malisan, L., & Fakhroni, Z. (2018). Pengaruh dana alokasi umum DAU dana alokasi khusus DAK dan pendapatan asli daerah PAD terhadap belanja modal. KINERJA, 14(2), 85-91.

Hediyanto, Lino dan Rahayu, Sri, (2014). Flypaper Effect Pada Dana Alokasi Umum Dan Pendapatan Asli Daerah Terhadap Belanja Daerah Pada Kota Bandung Periode 2008-2012. e-Proceeding of Management. Vol.1, No.3.

Hendarmin (2012). Pengaruh Belanja Modal Pemerintah Daerah dan Investasi Swasta terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Kesempatan Kerja dan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal EMBA Vol. 8 ISSN 1693–9093.

Inayati, Nur Isna (2014). Fenomena Flypaper Effect pada Belanja Daerah Kabupaten/Kota di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Keuangan. Vol. 1 No. 2.

Indriansyah (2017). Pengaruh Dana Perimbangan dan Pendapatan Asli Daerah terhadap Belanja Daerah Kabupaten Badung. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 3(10).

Indraningrum, Try (2011). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum terhadap Belanja Langsung (Studi pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah).Skripsi.

Junaidi. (2012). “Jakarta Asimetri pada Flypaper Effect (Bukti Empiris Pemanfaatan Dana Alokasi Umum pada Pemerintah Daerah di Indonesia”. Jurnal Akuntansi Keuangan. Vol. 14 No. 1.

Kaho, Josef Riwu (1995).Prospek Otonomi Daerah di Negara Republik Indonesia, Identifikasi Beberpa Faktor Yang Mempengaruhi Penyelenggaraannya. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Koswara E., (2001) Otonomi Daerah Untuk Demokrasi dan kemandirian Rakyat. Yayasan Pariba, Jakarta.

Kusumadewi, Diah Ayu & Arief Rahman. (2007). Flypaper Effect pada Dana Alokasi Umum dan Pendapatan Asli Daerah terhadap Belanja Daerah pada Kabupaten/Kota di Indonesia. JAAI. Vol. 11 No. 1.

Lambut, . Adventinus dan Budiarso, Novi (2012). “Flypaper Effect pada Dana Alokasi Umum dan Pendapatan Asli Daerah Terhadap Belanja Daerah pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Journal Accountability. Vol. 2 No.1.

Lestari, A., Dali, N., & Abdullah, M. (2017). Pengaruh dana alokasi umum (DAU) dan Pendapatan asli daerah (PAD) terhadap Belanja modal dan kemandirian keuangan Daerah provinsi sulawesi tenggara. Jurnal Progres Ekonomi Pembangunan (JPEP), 1(2), 44-55

Mentayani, I., Hayati, N., dan Rusmanto (2012). Flypaper Effect pada Dana Alokasi Umum dan Pendapatan Asli Daerah Terhadap Belanja Daerah pada Kota dan Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal SPREAD.Vol. 2.No.1.

Mangowal, J. C. (2013). Pendapatan Daerah Pengaruhnya Terhadap Belanja Modal Pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).

Mahmudi. (2010). Manajemen Keuangan Daerah. Erlangga. Jakarta.

Mardiasmo. (2011). Perpajakan Edisi Revisi. Andi. Yogyakarta.

Maimunah, Mutiara. (2006). Flypaper Effect pada Dana Perimbangan dan Pendapatan Asli Daerah terhadap Belanja Daerah pada Kabupaten/Kota di Sumatera Utara. Jurnal Keuangan dan Bisnis. Vol. 4 No. 2.

Mardiasmo. (2002). Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.

Mardiasmo dan Makhfatih, Ahmad (2000). Perhitungan Potensi Pajak dan Retribusi Daerah di Kabupaten Magelang, Laporan Akhir. Yogyakarta.

Mawarni, D., & Abdullah, S. (2013). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Belanja Modal Serta Dampaknya Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah (Studi Pada Kabupaten dan Kota Di Aceh). Jurnal Akuntansi ISSN, 2302, 0164.

Mulyati, S., & Yusriadi, Y. (2017). Dana bagi hasil dan dana alokasi umum terhadap belanja daerah pada Provinsi Aceh. AGREGAT: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 211-220.

Muluk. (2006). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Klaten Tahun 1985–2010. Publikasi Ilmiah Universita Muhammadiah Surakarta.

Nailufar, F., & Sufitrayati, S. (2019). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Khusus terhadap Belanja Daerah di Kota Banda Aceh. Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 10(1).

Nur, Muhammad (2015). Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Terhadap Perubahan Struktur Ekonomi di Propinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol. 16. ISSN: 1979-231X.

Naganathan, M. dan K.J. Sivagnanam. (1999). Federal Transfer And Tax Efforts Of States In India. Indian Economic Journal, Vol. 47 No. 4.

Oktavia, D (2014). Flypaper Effect: Fenomena Serial Waktu dan Lintas Kabupaten/Kota di Jawa Timur 2003-2013, Jurnal Akuntansi Universitas Jember, vol. 1. No. 2.

Prakosa, Kesit Bambang. (2004). Analisa Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Prediksi Belanja Daerah (Studi Empirik di Propinsi Jawa Tengah dan DIY). JAAI. Vol. 8 No. 2.

Putra, I. B. D., & Dwirandra, A. A. N. B. (2015). Dana alokasi umum, dana bagi hasil, dana alokasi khusus dan pendapatan asli daerah Provinsi Bali. E-Jurnal Akuntansi, 811-827.

Rasyid, M. (2017). Pengaruh Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Dana Bagi Hasil dan Pendapatan Asli Daerah terhadap Belanja Daerah Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol 2. No 1.

Riduwan dan Kuncoro. (2008). Cara Menggunakan dan Memaknai Analisis Jalur. Alfabeta. Bandung.

Salawali, W. A., Kindangen, P., & Lapian, A. C. (2016). Flypaper Effect pada Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Serta Pengaruhnya terhadap Belanja Daerah Kabupaten/kota di Sulawesi Tengah. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 18(2).

Sarwono, Jonathan. (2016). Prosedur-Prosedur Analisis Popules Aplikasi Riset Skripsi dan Tesis dengan Eviews. Gava Media, Yogyakarta

Sekaran, Uma (2007). Research Methods for Business. Salemba Empat. Jakarta

Shah, Anwar. (1994). The Reform of Intergovermental Fiscal Relation in Developing and Emerging Market economics. Policy and Research Series 23. The World Bank.Washinton DC.

Syukry & Halim (2004). Pengaruh Dana Alokasi Umum dan Pendapatan Asli Daerah terhadap Belanja Pemerintah Daerah (Studi Kasus Kabupaten/Kota di Jawa dan Bali). SNA. VI.

Sofiyanda, D. & Ikhsan, M. (2014). Pengaruh PAD, DAU, dan DAK terhadap pengeluaran belanja daerah dengan DBH sebagai variabel moderator. (Studi Empiris pada Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi). Jurnal Ekonomi Pembangunan dan Kebijakan Publik. 2(1).

Simanjuntak, L., Subeki, A., Ferina, I. S., & Yusrianti, H. (2013). Analysis of Flypapaer Effect in General Allocation Fund and Regional Original Income to Regional Expenditure of Districts and Cities in South Sumatera. Jurnal Akuntansi Publik. Vol 1. No 2.

Sidik, Mahfud et. al (2002).Dana Alokasi Umum-Konsep, Hambatan,dan Prospek di Era Otonomi Daerah. Buku Kompas. Jakarta.

Sugiyono. (2015). Metodelogi Penelitian Bisnis. Alfabeta Bandung.

Sugiyanta. (2016). Analisis Belanja Modal dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya Pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Indonesia. Jurnal Akuntansi Universitas Jember. Vol. 14, No. 1.

Suparmoko, M (2002). Ekonomi Publik, Untuk Keuangan dan Pembangunan Daerah. Andi. Yogyakarta.

Sidik, et. al., (2002). Dana Alokasi Umum – Konsep, Hambatan dan Prospek di Era Otonomi Daerah, Kompas. Jakarta.

Silalahi, et al (1995). Otonomi Daerah Peluang dan Tantangan. PT Sinar Agape Prese. Jakarta.

Syamni, G. & Ichsan (2018). The Determinants of Districts/Cities Spending in Aceh Province: An Analysis of Electoral Districts. The Journal of Social Sciences Research, 295-298.

Suyanto, S. (2015). Flypaper Effect Theory Dalam Implementasi Kebijakan Desentralisasi Fiskal. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan, 11(1), 69-92.

Untung, Joko et al (2015). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, DAU, DAK Terhadap Belanja Daerah dan Dana Bagi Hasil sebagai Pemoderasi Pemerintah Kab/Kota di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmiah WIDYA Ekonomika. Vo. 1 No. 2.

Wandira, A. G. (2013). Pengaruh PAD, DAU, DAK, dan DBH terhadap pengalokasian belanja modal. Accounting Analysis Journal, 2(1).

Wahyuni, S.E. & Supheni, I (2017). Flypaper Effect pada Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum Terhadap Belanja Pemerintah Daerah Kabupaten Nganjuk Periode 2012-2016. Jurnal UST Jogja.Vol. 1 No. 2.

Widarjono. (2013). Ekonometrika: Pengantar dan aplikasinya, Ekonosia, Jakarta.

Walidi. (2009). Pengaruh Dana Alokasi Umum terhadap Pendapatan per Kapita, Belanja Modal sebagai Variabel Intervening. Jurnal EMBA. Vol 1. No 1.

Widarjono, A. (2013). Ekonometrika. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Zulfan, T., & Mustika, E. (2018). Pengaruh Dana Otonomi Khusus terhadap Fly paper effect di Provinsi Aceh. Jurnal EMT KITA, 2(1), 19-27.

Zulfan, T., & Maulana, H. (2019). Gejala fly paper effect di provinsi Aceh ditinjau dari dana alokasi umum dan dana otonomi khusus. INOVASI, 15(2), 188-197.

Peraturan & Undang-undang

Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 13 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Undang-undang No. 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Undang-undang No. 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-undang No. 33 Tahun 2004 Tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.




DOI: https://doi.org/10.29103/j-mind.v4i2.3381

Article Metrics

 Abstract Views : 1021 times
 PDF Downloaded : 262 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurul Ikhwani, Naz'aina Naz'aina, Ratna Ratna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

P-ISSN: 2503-4367
E-ISSN: 2997-3948



Publisher :
Master's Program in Management Science  
Faculty of Economics and Business Malikussaleh University 

Address:
Tgk. Chik Di Tiro Street No. 26 Lancang Garam,
Lhokseumawe, Aceh, Indonesia


Lhokseumawe Aceh Indonesia

  Flag Counter

View My Stats