WANPRESTASI KONTRAK PENGADAAN BIBIT JAGUNG HIBRIDA ANTARA PT FATARA JULINDO PUTRA DAN DINAS PERTANIAN ACEH TENGGARA

jihan shafira, Ramziati R, Nurarafah N

Abstract


Wanprestasi Kontrak Pengadaan Bibit Jagung Hibrida Antara Pt Fatara Julindo Putra Dan Dinas Pertanian Aceh Tenggara (Studi Penelitian PT Fatara Julindo Putra dan Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tenggara dengan Nomor Kontrak 520/102/SPK-DOKA/2020). Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Malikussaleh 2022. Wanprestasi berasal dari Bahasa Belanda wanprestatie" bermakna tidak penuhi suatu yang diharuskan seperti yang sudah diresmikan dalam perikatan. Aspek pemicu wanprestasi terdapat 2 (dua) mungkin, salah aspek dari luar pihak serta aspek dari dalam pihak Aspek dan luar merupakan kejadian yang tidak diharapkan berlangsung serta tidak bisa diprediksi hendak berlangsung kala perjanjian terbuat Jika wanprestasi utang dalam kontrak publik terjadi karena keterlambatan pelunasan, obligor dianggap pailit atau wanprestasi dalam melaksanakan pekerjaan dalam batas waktu yang ditentukan atau wanprestasi atau lalai melaksanakan kewajibannya. tidak memperbaiki dalam batas waktu yang ditentukan dalam pemberitahuan. Dalam hal pemasok barang yang oleh kreditur tidak dapat melaksanakannya setelah perpanjangan waktu pelaksanaan diperpanjang, hal itu tidak boleh dilakukan dan dalam hal pemasok barang publik tidak memperbaiki cacat mutu dalam batas waktu yang diperbolehkan., Tujuan dari pengkajian ini untuk:1.Untuk menganalisis Penyelenggaraan Kontrak Pengadaan Bibit Jagung Hibrida antara 2. Untuk menganalisis Kendala pada Pelaksanaan Kontrak Pengadaan Bibit Jagung Hibrida antara 3. Untuk menganalisis upaya menangani kendala-kendala pada Penyelenggaraan kontrak Pengadaan Bibit Jagung Hibrida antara Jenis pengkajian ini yaitu pengkajian hukum yuridis empiris. Sumber data pengkajian ini yaitu data sekunder, yang mencakup: bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tertier. Metode pengumpulan data memakai wawancara dan studi kepustakaan. Analisis data pengkajian memakai analisis deskriptif kualitatif. Hasil pengkajian didapat sebuah kesimpulan bahwasanya: “1) Bentuk wanprestasi dalam pelaksanaan pengadaan barang dan Jasa yaitu Kontrak pengadaan bibit jagung hibrida adalah kreditur dianggap melakukan apa yang dijanjikan tetapi terlambat krpada debitur. Sesuai dengan Peraturan Presiden No. 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa, Pasal 80 ayat Akibat wanprestasi tersebut dikenakan sanksi berupa Pemutusan kontrak paket tersebut disampaikan melalui surat Nomor: 187/91/DOKA/2020 tanggal 27 November 2020, Dinas Pertanian Aceh Tenggara  menghentikan seluruh pekerjaan yang tidak selesai dan dimasukan dalam Daftar Hitam”; 

 

Kata Kunci: Wanprestasi, Kontrak,  Pengadaan Barang , jagung Hibrida, Dinas Pertanian.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A. Buku

Ahmadi Miru, Sakka Pati, Hukum Perikatan, Rajawali Pers,Jakarta,2008

Gunawan Widjaja, Seri Hukum Bisnis Memahami Prinsip Keterbukaan DalamHukum Perdata, Raja Grafindo Persada, Jakarta 2006

Kartini Muljadi dan Gunawan Widjaja, Perikatan yang lahir dari Undang-Undang,Raja Grafindo Perkasa Jakarta, 2005

M. Yahya Harahap, Segi-Segi Hukum Perjanjian, Penerbit Alumni, Bandung,1982,

Munir Fuady, Hukum Kontrak Dari Sudut Pandang Hukum Bisnis,CitraAditya, Bakti, Bandung, 2007

B . Peraturan Perundang-undangan

Republik Indonesia, Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata).

Republik Indonesia,Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD).

Republik Indonesia, Undang-Undang No. 19 Tahun 2003 Tentang Badan Usaha Milik Negara (Lembaran Negara Tahun 2003 No. 70).

Republik Indonesia,Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas (Lembaran Negara Tahun 2007 No. 106).

C . Jurnal

Rio Hardani, Ganti Rugi Terhadap Perbuatan Wanprestasi Dalam Bidang Jasa Pengiriman Barang Melalui PT Jalur Nugraha Ekakurir (Jne) di Palembang, Universitas Muhammadiyah Palembang: 2017.

Yan Risa Alviano,Penyelesaian Wanprestasi Dalam Sewa Menyewa Mobil(Studi Kasus Calysta Tour& Rent Car di Kabupaten Bantul), UniversitasNegeri Sunan Kalijaga, 2017.




DOI: https://doi.org/10.29103/jimfh.v6i1.9023

Article Metrics

 Abstract Views : 154 times
 PDF Downloaded : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 jihan shafira, Dr. Ramziati, S.H., M.Hum. Dr. Ramziati, S.H., M.Hum., Nurarafah,S.H,M.H. Nurarafah,S.H,M.H.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Hukum

Universitas Malikussaleh

E-ISSN : 2798-8457