PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PEREDARAN MAKANAN BUATAN RUMAH YANG TIDAK TERDAFTAR DI DINAS KESEHATAN KOTA LHOKSEUMAWE

Nurhakiki Nurhakiki, Manfarisyah Manfarisyah, Hamdani Hamdani

Abstract


Studi ini bertujuan untuk meneliti tentang perlindungan hukum terhadap konsumen atas peredaran makanan Home Made yang tidak terdaftar di Dinas kesehatan serta peranan Dinas Kesehatan dalam menyikapi adanya makanan Home Made yang beredar dan tidak memiliki izin Dinas Kesehatan. Penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris atau penelitian hukum secara langsung di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perlindungan hukum terhadap konsumen atas peredaran makanan buatan rumah yang tidak memiliki izin yaitu dengan cara menindak lanjuti pelaku usaha yang bertindak merugikan konsumen seperti yang diatur di Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Adapun peranan dinas kesehatan dalam menyikapi adanya makanan buatan rumah yang beredar dan tidak memiliki izin dinas kesehatan yakni dengan cara terjun langsung kelapangan untuk memberi himbauan secara langsung kepada para pelaku usaha tentang pentingnya sertifikat PIRT sebagai bentuk kepercayaan konsumen untuk membeli atau mengonsumsi produk yang di produksi oleh si pelaku usaha.

 

Kata Kunci: Perlindungan Hukum Konsumen, Pelaku Usaha, Dinas Kesehatan, UU Nomor 8 tahun 1999.


References


Ahmadi, Miru, dan Sutarman Yodo, Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2018.

Celina Tri Siwi Kriatiyanti, Hukum Perlindungan Konsumen, Jakarta: Sinar Grafika, 2011.

Chalid Narbuko dan Abu Ahmad, Metode Penelitian, Jakarta: Bumi Aksa, 2017.

Dewi, E. W, Hukum Perlindungan Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2015

Humaira. A, Yulia, Fatahillah, Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Terhadap Pengguna Kosmetik yang Tidak Terdaftar Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) (Studi Penelitian di Kota Idi Kabupaten Aceh Timur), Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh, Vol. IV, Nomor 2 (April 2021): 75-84. https://doi.org/10.29103/jimfh.v4i2.4109.

Philipus M. Hadjon, Perlindungan Hukum Bagi Rakyat Indonesia, Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1987.

Sapnah, Manfarisyah, Aksa. F.N, Tanggung Jawab Pelaku Usaha Rumah Makan yang Tidak memiliki Sertifikat Halal di Kota Lhokseumawe, Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh, Vol. V, Nomor 2 (April 2022): 93-100. https://doi.org/10.29103/jimfh.v5i2.6645.

Soerjono Soekanto, Srimamudji, Penelitian Hukum Normatif, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Tulus T.H Tambunan, Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia (Beberapa Isu Penting, Jakarta: Salemba empat. 2002.

Yuana. U.E, Sastro. M, Rahman. A, Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Air Minum Pada Depot Air Minum yang Tidak Memenuhi Standar Kesehatan (Studi Penelitian di Kabupaten Aceh Tamiang), Jurnal Ilmiah Mahasiswa, Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh, Vol. IV, Nomor 3 (Oktober 2021): 320-337. https://doi.org/10.29103/jimfh.v4i3.5362.

Zaeni Asyhadie, Hukum Bisnis, Prinsip dan Pelaksanaannya di Indonesia, Jakarta: Rajawali Pers. 2016.




DOI: https://doi.org/10.29103/jimfh.v6i4.13126

Article Metrics

 Abstract Views : 58 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurhakiki Nurhakiki, Manfarisyah Manfarisyah, Hamdani Hamdani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Hukum

Universitas Malikussaleh

E-ISSN : 2798-8457