PERAN LEMBAGA PENYELENGGARAAN KESEJAHTERAAN SOSIAL (LPKS) ACEH TIMUR DALAM PEMBINAAN BAGI ANAK YANG TERKENA SANKSI PIDANA

Abdul Wahab, Zul Akli, Hidayat Hidayat

Abstract


Lembaga Penyelenggara Kesejahteraan Sosial (LPKS) juga meimpunyai peiran yang peinting dalam meimbeirikan peimbinaan teirhadap para anak yang teilah meimpeiroileih peileipasan beirsyarat, yaitu deingan peimbeirian peingawasan yang khusus dalam hal pembinaan bagi anak yang terkena sanksi pidana. Permasalahan hukum dalam penelitian ini, Bagaimanakah pelaksanaan pembinaan yang dilakukan oleh Lembaga Penyelenggara Kesejahteraan Sosial (LPKS) Aceh Timur terhadap anak yang terkena sanksi pidana, Apakah hambatan dan upaya yang dilakukan oleh Lembaga Penyelenggara Kesejahteraan Sosial (LPKS) Aceh Timur dalam pelaksanaan pembinaan terhadap anak yang terkena sanksi pidana.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris, jenis penelitian ini bersifat deskriptif analitis dan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di LPKS Aceh Timur. Sampel penelitian dilakukan secara purposive sampling. sumber data dalam penelitian ini yaitu primer dan sekunder. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa peran Lembaga Penyelenggara Kesejahteraan Sosial (LPKS) Aceh Timur berperan sebagai tugas pelaksana untuk membina anak-anak yang terkena sanksi pidana dan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, Kejaksaan dan Mahkamah Syariah Aceh Timur untuk memberikan pendidikan dan pencegahan.Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa pelaksanaan pembinaan yang dilakukan Lembaga Penyelenggara Kesejahteraan Sosial (LPKS) Aceh Timur terhadap anak yang terkena sanksi pidana, pembinaan yang dilakukan LPKS Aceh Timur sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan Undang-Undang. Hambatan dan upaya yang dilakukan oleh Lembaga Penyelenggara Kesejahteraan Sosial (LPKS) Aceh Timur dalam pelaksanaan pelatihan terhadap anak yang terkena sanksi pidana, hambatan LPKS Aceh Timur adalah minimnya tenaga didik, fasilitas dan anggaran sangat terbatas. Upaya yang sudah dilakukan LPKS Aceh Timur yaitu berkoordinasi dengan pihak Dinas Sosial Aceh Timur agar dilakukan penambahan tenaga didik, bantuan dan anggaran untuk LPKS Aceh Timur.Disarankan Perlunya meningkatkan profesionalisme sumber daya aparatur dengan cara menempatkan petugas yang memiliki motivasi yang tinggi terhadap kegiatan pelayanan kesejahteraan sosial anak dan mengadakan seminar atau diskusi tentang pelatihan anak yang berhadapan dengan hukum, agar mendapatkan masukan-masukan dan menambahkan wawasan bagi pihak LPKS. Kata kunci : Anak dan LPKS 

Full Text:

PDF

References


Abdulkadir M, 2004, Hukum dan Penelitian Hukum, Citra Aditya Bakdi, Bandung.

Amiruddin, H. Zaeinal Asikin, 2006, Pengantar Metode Penelitian Hukum, PT. Raja Grafindoi Persada, Jakarta.

Permana. A, 2011, Peranan Balai Pemasyarakatan Dalam Proses peradilan Anak di Balai Pemasyarakatan Kelas I Palembang, Skripsi Sarjana Hukum Univeirsitas Sriwijaya, Indralaya, 2011.

Madin Gultom, 2006 Perlindungan Hukum Terhadap Anak Dalam Sistem Peradilan Pidana Di Indoineisia, Reifika Aditama, Bandung.

Nandang. S, 2010 Pembaruan Sistem Pemidanaan Anak di Indonesia, Graha Ilmu.

Arif Rahman, Fatahillah, Fitri Suryani, Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli Gas Elpiji Bersubsidi Melebihi Harga Eceran Tertinggi (Studi Penelitian Di Aceh Barat Daya) Jurnal Ilmiah Mahasiswa Hukum Universitas Malikussaleh, Volume 6, Nomor 2, 2023. Http://Dx.Doi.Org/10.29103/Jimfh.V6i2.9243

Azhari, Romi Asmara, Eny Dameria. Perlindungan Hukum Terhadap Anak Dalam Tindak Pidana Eksploitasi Pekerja Anak Ditinjau Dari Undang-Undang Perlindungan Anak. Volume 5, Nomor 2. 2022. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh. Http://Dx.Doi.Org/10.29103/Jimfh.V5i2.6878

Bella Rizky Armany, Husni H, Ummi Kalsum, 2020. Perlindungan Hukum Terhadap Anak Berkonflik Dengan Hukum Di Lembaga Pemasyarakatan. Volume 3, Nomor 1, Suloh Jurnal Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh.

Http://Dx.Doi.Org/10.29103/Jimfh.V3i1.4031

Dianika Linda Puspitasari, 2014, Gambaran Psikologis: Konsep Diri Pada Anak Remaja Di Wilayah Banjir Rob, Jurnal Keperawatan Anak . Volume 2, No. 2, November. Https://Jurnal.Unimus.Ac.Id/Index.Php/JKA/Article/Download/3983/3694.

Fitria Febrianti, 3 Perbedaan Pengadilan Agama Dan Pengadilan Syariah Islam Terklengkap,Https://Guruppkn.Com/Perbedaan-Pengadilan-Agama-Dan-Pengadilan-Syariat-Islam. 20 November 2018, Akses Tanggal 6 September 2023.

Lilik Purwastuti Yudaningsih, 2014, Penanganan Perkara Anak Melalui Restorative Justice, Jurnal Ilmu Hukum

Mahkamah Agung Republik Indonesia Pengadilan Tata Usaha Negara Pangkalpinang, Diakses 20 Juli 2023, Pada Pukul 02:23 Https://Www.Ptun-Pangkalpinang.Go.Id/Index.Php/Layanan-Publik/Pengaduan-Layanan-Publik/Pedoman-Pengaduan

Okky Cahyo Nugroho, 2017, “Peran Balai Pemasyarakatan Pada Sistem Peradilan Pidana Anak Ditinjau Dalam Perspektif HAM, Jurnal HAM, Vol.8 No. 2, Desember.

Sulaiman, Nur Arifudin, Lily Triyana,2023, Kekuatan Hukum Digital Signature Sebagai Alat Bukti Yang Sah Di Tinjau Dari Hukum Perdata, Risalah Hukum, Volume 16, Nomor 2, Juni-Desember.

Https://Ejournal.Fh.Unmul.Ac.Id/Index.Php/Risalah/Article/Download/207/202/1426

Tri Widya Sari, Arif Rahman, 2023, Perlindungan Hukum Bagi Pelaku Usaha Umkm Terhadap Penyalahgunaan Posisi Dominan Platform Digital: Marketplace Melalui Penetapan Harga Dan Penguasaan Pasar, Jurnal Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh Ilmu Hukum 10 (2).

Https://Ojs.Unimal.Ac.Id/Jimfh/Article/View/7107.

Undang-Undang Republik Indonesia No 12 Tahun 2022 Tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual LN.2022/No.120, TLN No.6792, jdih.setneg.go.id.

Republik Indonesia, Putusan Mahkamah Agung, https://putusan3.mahkamahagung.go.id/search.html?q=%22Pasal+143+ayat+%282%29+huruf++b%22&courtos=14&page=4




DOI: https://doi.org/10.29103/jimfh.v6i4.13092

Article Metrics

 Abstract Views : 53 times
 PDF Downloaded : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Abdul Wahab, Zul Akli, Hidayat Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Hukum

Universitas Malikussaleh

E-ISSN : 2798-8457