PENGARUH MODAL DAN JUMLAH PENJUALAN TERHADAP TINGKAT KEUNTUNGAN PEDAGANG IKAN DI KECAMATAN MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA

Rifka Yanti, Umaruddin Usman, Fanny Nailufar, Khairil Anwar

Abstract


This study aims to determine the effect of capital and sales amount on the profit level of fish traders in
Muara Batu District, North Aceh Regency. This study uses primary data with a sample of 114 fish
traders obtained by filling out a questionnaire interviewed with respondents. The latest thing from this
research is to examine the importance of capital variables, the number of sales to increase the profit
level of fish traders and also the renewal of this research method using initial observation data from
capital, number of sales and profits. Data analysis using multiple linear analysis method. The results
showed that capital had a positive and significant effect on the level of profit and the same was the
case with the number of sales having a positive and significant effect on the profit level of fish traders
in Muara Batu District, North Aceh Regency


Keywords


Capital, Numbers of Sales and Profit Levels

Full Text:

PDF

References


Ali. (2014). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti. (2005). Jurnal Manajemen & Kewirausahaan. Petra Christian University.

Ghozali. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Dadan Penerbit

UNDIP.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Mulitivariete dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8).

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati. (2003). Ekonometrika Dasar. Jakarta.

Gujarati. (2013). Dasar-Dasar Ekonometrika. Edisi Kelima.

Hentiani. (2011). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Informal di Pasar

Central Medan. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Irawan. (2016). Pengaruh Modal Usaha Dan Penjualan Terhadap Laba Usaha Pada

Perusahaan Penggilingan Padi Stusi Kasus di Ud. Sari Tani Tenggerejo

Kedungpring Lamongan. Lamongan: Universitas Islam Lamongan.

Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mardiyasmo. (2008). Kewirausahaan. Jakarta: Yudhistira.

Mithaswari. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Di

Pasar Seni Guwang. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana.

Mulyadi. (2005). Ekonomi Kelautan. Salemba Empat.

Putra. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan

Pembelian Produk Melalui Situs Belanja Online di Indonesia. Bandung: Institute

Management Telkom.

Rangkuti, & Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif & Analisis kasus-Integrated

Marketing Communication.

Risyana. (2018). Pengaruh Volume Penjualan Dan Biaya Operasional Terhadap Laba Berih

(Studi Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman Yang

Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016). E-Proceeding of

Management.

Septianna. (2018). Mata Pencaharian Nelayan dan Pengolah Ikan di Kelurahan Panggung

Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Tegal: Jurnal Kajian Kebudayaan.

Sondakh. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Beras Dalam

Menghadapi Fluktuasi Harga Di Kota Manado. AgriSosioEkonomi.

Sugiono. (2003). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D / Sugiyono. Bandung:

Alfabet.

Suriadi, & Suhendri. (2018). Analisis Determinan Faktor Pendapatan Para Pedagang Di

Pasar Rembiga Kecamatan Selaparang Kota Mataram. Mataram.

Wardiningsih. (2017). Pengaruh Modal, Aset, dan Omzet Penjualan terhadap laba Ukm

Catering di Wilayah Surakarta. Surakarta: Jurnal Perilaku Strategi.




DOI: https://doi.org/10.29103/jaie.v2i1.15382

Article Metrics

 Abstract Views : 7 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rifka Yanti, Umaruddin Usman, Fanny Nailufar, Khairil Anwar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

STAT COUNTER Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Jurnal Aplikasi Ilmu Ekonomi (JAIE)