PEMAHAMAN MAHASISWA KEPERAWATAN TENTANG NILAI-NILAI IDEOLOGI NEGARA DI STIKES MUHAMMADIYAH LHOKSEUMAWE
Abstract
Pelayanan keperawatan merupakan salah satu pekerjaan yang sangat erat dengan nilai-nilai pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pemahaman mahasiswa Keperawatan tentang nilai-nilai ideologi Negara. Penelitian merupakan jenis kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Responden dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pegumpulan data dilakukan melalui FGD dan wawancara personal. Data dianalisa dengan content analysis pada transkrip wawancara. Lima tema hasil penelitian, yaitu: 1). Makna ideologi Negara; 2). Unsur nilai-nilai ideologi Negara; 3). Karakteristik perawat 4). Penerapan dalam praktik keperawatan; dan 5). Cara mempertahankan nilai-nilai pancasila.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
A. Buku
Bungin, B (2012). Analisis data penelitian kualitatif pemahaman filosofis dan metodologis ke arah penguasaan model aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Creswell, J.W (2013). Penelitian Kualitatif dan Desain riset memilih diantara lima pendekatan ed-3. (A.L Lazuardi, Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Emzir. (2014). Metodelogi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Yogyakarta: Muha Medika.
Polit, D.F & Beck, C.T. (2014). Essential Of Nursing Research Apraissing evidence for nursing practice 8th-ed. Philadelpia: Lippincot Williams & Wlikins
Kaelan, Pancasila Yuridis Kenegaraan, Cet Pertama, Liberty, Yogyakarta, 1987.
B. Peraturan Perundang-undangan
Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1239/Menkes/SK/XI/2001 Tentang Registrasi dan Praktik Perawat
C. Skripsi, Tesis dan Desertasi dan Jurnal
Abrari Rizki Falka, et al. (2022). “Efektivitas Pelaksanaan Koordinasi Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah dengan Penegak Hukum dalam Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Wewenang Pejabat Pemerintah”. Suloh: Jurnal Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh. Vol.10, No.2, Pp. 338-361.
Ikrima, G. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram. Universitas Mataram
Kesbangpol-Kemendagri. (2013). Pedoman pemerintah daerah dalam revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila.
Kristiono, N. (2017). Penguatan Ideologi Pancasila Di Kalangan Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 2(2), 193-204.
Maulia, S. T. (2017). Pemahaman Konsep Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kewarganegaraan 2017.
Maulia, S. T. (2017). Pemahaman Konsep Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kewarganegaraan 2017.
Olivia, L. (2021). Implementasi nilai pancasila Sebagai Sumber Etika, Moral Dan Karakter Dalam Penerapan Pelayanan Kesehatan Keperawatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 10(2), 113-121.
Pangalila, T., & Rattu, J. (2019). Pemahaman mahasiswa FIS Unima tentang nilai-nilai Pancasila. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), 55-63.
Pradana, Y. (2019). Mengelaborasi Pemahaman Terhadap Pancasila. Untirta Civic Education Journal, 4(2).
Prasetyo, D., & Hastangka, H. (2020). Upaya Meningkatkan Pemahaman Epistemologis Pancasila di Perguruan Tinggi. Integralistik, 32(2), 61-69.
Priambodo, G (2015). Caring Dalam Asuhan Keperawatan. Hospital Majapahit Vol 7 No.2
Simamora, R. H., Purba, J. M., Bukit, E. K., & Nurbaiti, N. (2019). Penguatan Peran Perawat Dalam Pelaksanaan Asuhan Keperawatan Melalui Pelatihan Layanan Prima. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 25-31.
Situru, R. S. (2019). Pancasila dan Tantangan Masa Kini. Elementary Journal, 2(1), 34-41.
Wahyudi, I. (2020). Pengalaman Perawat Menjalani Peran dan Fungsi Perawat di Puskesmas Kabupaten Garut. Jurnal Sahabat Keperawatan, 2(1), 36-43.
DOI: https://doi.org/10.29103/sjp.v11i1.5720
Article Metrics
Abstract Views : 851 timesPDF Downloaded : 479 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Mariyati mariyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PRINT ISSN: 1693-7074
ONLINE ISSN: 2715-5455
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.