ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PRAKTIKUM PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMAN UNGGUL PIDIE JAYA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditiyas, S. E., & Kuswanto, H. (2024). Analisis Implementasi Keterampilan Proses Sains Di Indonesia Pada Pembelajaran Fisika : Literatur Review. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(2), 153–166. https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i2.15912
Agustina, P., Saputra, A., Anif, S., … Probowati, A. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas Xi Ipa Sma Pada Praktikum Biologi. Edusains, 13(1), 1–7. https://doi.org/10.15408/es.v13i1.11015
Anggereni, S., Suhardiman, S., & Amaliah, R. (2021). Analisis Ketersediaan Peralatan, Bahan Ajar, Administrasi Laboratorium, Keterlaksanaan Kegiatan Praktikum di Laboratorium Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 414. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3925
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Bahtiar. (2017). Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia dengan Tema "Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif. Aula Handayani IKIP Mataram, 82–88. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/ProsPen/article/view/193/184
Barus, C. S. A., & Simatupang, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Berbantu Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa. Science Map Journal, 5(1), 53–58. https://doi.org/10.30598/jmsvol5issue1pp53-58
Diana, N., & Nurajija. (2021). Analisis Aktivitas Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Dalam Pembelajaran Fisika Bebasis Guided Inquiry. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs Universitas …, 13–15. http://103.76.50.195/semnasfisika/article/download/22257/11463
Dimyati, & Mujdiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Ernawati, M. D. W., Asrial, A., Perdana, R., … Rahmi, R. (2021). Evaluation of Students’ Attitudes and Science Process Skills toward Middle School Science Subject in Indonesia. Jurnal Pendidikan Progresif, 11(2), 258–274. https://doi.org/10.23960/jpp.v11.i2.202110
Fitriani, R., Maryani, S., Chen, D., … Wulandari, M. (2021). Mendeskripsikan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Kegiatan Praktikum Viskositas di SMAN 1 Muaro Jambi. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 173–179. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.173-179
Hanafi, Satrio, A., Desyandri, … Daharnis. (2024). Development of Integrated Thematic Teaching Materials with the Discovery Learning Model Using Adobe Flash CS6 Interactive Multimedia. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10, 466–474. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10iSpecialIssue.7793
Hunaepi, H., Susantini, E., Firdaus, L., … Raharjo, R. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains (Kps) Mahasiswa Melalui Kegiatan Praktikum Ekologi. Edusains, 12(1), 98–105. https://doi.org/10.15408/es.v12i1.13869
Indriana, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Buunded Inquiry Laboratory Untuk Menggambarkan Level Pemahaman dan Meningkatkan Keteramilan Proses Sains Siswa SMK.
Jamaludin, Wenno, I. H., & Batlolona, J. R. (2022). The Effect of Problem-Based Learning and Students’ Understanding of Physics Concepts On The Topic of The Doppler Effect. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 7(2), 192. https://doi.org/10.26737/jipf.v7i2.2720
Juhji. (2022). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 58. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.419
Lepiyanto, A. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 156. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795
Lisa, F. Y. (2019). Analisis Ketrampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Mtaeri Laju Reaksi Melalui Model Inquiry Labolatory. Jurnal Tadris Kimiya, 2(Desember), 226–236. doi: http://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5669
Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333
Ningsi, A. P., & Nasih, N. R. (2020). Mendeskripsikan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi Pada Metari Pembiasan Pada Lensa Cembung Dengan Menggunakan E- Modul. EKSAKTA :JurnalPenelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5, 35–43.
Nirwana, F. B., Nyeneng, I. D. P., & Maharta, N. (2021). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Pada Model Latihan Inkuiri. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(3), 31–42.
Rufaida, S., Riskawati, & Sindi. (2024). Analisis Keterampilan proses Sains Peserta Didik Pada Materi Fisika Dalam Pembelajaran Daring. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika, 12(2), 104–118. https://doi.org/10.24252/jpf.v12i2.46082
S, F. R., Usman, & Azis, A. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Di SMAN 9 Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 16(02), 86–91.
Sitompul, R. S., Astalini, & Alrizal. (2021). Deskripsi Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X Mia Di Sman 9 Kota Jambi. Jurnal Edufisika, 3(2), 22–31.
Syafriyansyah, Suyanto, E., & Nyeneng, I. D. P. (2022). Pengaruh Keterampilan Proses Sains (KPS) terhadap hasil belajar fisika siswa melalui metode eksperimen dengan pendekatan inkuiri terbimbing. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 433–443.
Wiratman, A., Ajiegoena, A. M., & Widiyanti, N. (2023). Pembelajaran Berbasis Keterampilan Proses Sains: Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar? Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 463–472.
Wulan Dari, R., Purwaningsih, S., & Darmaji, D. (2021). Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika SMA/MA Berbasis KPS menggunakan 3D Pageflip Professional pada Materi Pengukuran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(2), 09–20. https://doi.org/10.21009/jpi.042.02
DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v8i1.21320
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Mirna Adnan, Fera Annisa
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.
View My Stats |