ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PRAKTIKUM PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMAN UNGGUL PIDIE JAYA

Mirna Adnan, Fera Annisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains (KPS) peserta didik melalui kegiatan praktikum pada materi fluida statis di SMAN Unggul Pidie Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan angket. Subjek penelitian adalah 25 peserta didik kelas XI IPA 2 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Keterampilan proses sains yang diukur menggunakan sebelas indikator yaitu observasi, klasifiksi, interpretasi, prediksi, mengajukan pertanyaan, berhipotesis, merencanakan percobaan, menggunakan alat/bahan, menerapkan konsep, berkomunikasi dan melaksanakan percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik secara keseluruhan berada dalam kategori sangat baik, dengan rata-rata skor observasi sebesar 82,62% dan rata-rata skor angket sebesar 88,64%. Indikator KPS tertinggi terdapat pada keterampilan menggunakan alat dan bahan, sedangkan indikator terendah terdapat pada keterampilan menerapkan konsep. Hasil ini mengindikasikan bahwa metode praktikum efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik dengan memberikan pengalaman belajar langsung. Namun, masih diperlukan pendampingan lebih lanjut untuk menghubungkan konsep teori dengan praktik yang dilakukan. Penelitian ini menegaskan bahwa kegiatan praktikum memiliki peran penting dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa peserta didik sudah mampu menerapkan keterampilan proses sains pada pelaksanaan praktikum fluida statis.

Keywords


Keterampilan Proses Sains, Praktikum, Pemeblajaran Fisika

Full Text:

PDF

References


Aditiyas, S. E., & Kuswanto, H. (2024). Analisis Implementasi Keterampilan Proses Sains Di Indonesia Pada Pembelajaran Fisika : Literatur Review. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(2), 153–166. https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i2.15912

Agustina, P., Saputra, A., Anif, S., … Probowati, A. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas Xi Ipa Sma Pada Praktikum Biologi. Edusains, 13(1), 1–7. https://doi.org/10.15408/es.v13i1.11015

Anggereni, S., Suhardiman, S., & Amaliah, R. (2021). Analisis Ketersediaan Peralatan, Bahan Ajar, Administrasi Laboratorium, Keterlaksanaan Kegiatan Praktikum di Laboratorium Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 414. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.3925

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Bahtiar. (2017). Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia dengan Tema "Membangun Generasi Berkarakter Melalui Pembelajaran Inovatif. Aula Handayani IKIP Mataram, 82–88. https://ejournal.mandalanursa.org/index.php/ProsPen/article/view/193/184

Barus, C. S. A., & Simatupang, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Training Berbantu Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa. Science Map Journal, 5(1), 53–58. https://doi.org/10.30598/jmsvol5issue1pp53-58

Diana, N., & Nurajija. (2021). Analisis Aktivitas Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Dalam Pembelajaran Fisika Bebasis Guided Inquiry. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs Universitas …, 13–15. http://103.76.50.195/semnasfisika/article/download/22257/11463

Dimyati, & Mujdiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Ernawati, M. D. W., Asrial, A., Perdana, R., … Rahmi, R. (2021). Evaluation of Students’ Attitudes and Science Process Skills toward Middle School Science Subject in Indonesia. Jurnal Pendidikan Progresif, 11(2), 258–274. https://doi.org/10.23960/jpp.v11.i2.202110

Fitriani, R., Maryani, S., Chen, D., … Wulandari, M. (2021). Mendeskripsikan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Kegiatan Praktikum Viskositas di SMAN 1 Muaro Jambi. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 173–179. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.173-179

Hanafi, Satrio, A., Desyandri, … Daharnis. (2024). Development of Integrated Thematic Teaching Materials with the Discovery Learning Model Using Adobe Flash CS6 Interactive Multimedia. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10, 466–474. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10iSpecialIssue.7793

Hunaepi, H., Susantini, E., Firdaus, L., … Raharjo, R. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains (Kps) Mahasiswa Melalui Kegiatan Praktikum Ekologi. Edusains, 12(1), 98–105. https://doi.org/10.15408/es.v12i1.13869

Indriana, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Buunded Inquiry Laboratory Untuk Menggambarkan Level Pemahaman dan Meningkatkan Keteramilan Proses Sains Siswa SMK.

Jamaludin, Wenno, I. H., & Batlolona, J. R. (2022). The Effect of Problem-Based Learning and Students’ Understanding of Physics Concepts On The Topic of The Doppler Effect. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 7(2), 192. https://doi.org/10.26737/jipf.v7i2.2720

Juhji. (2022). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 58. https://doi.org/10.30870/jppi.v2i1.419

Lepiyanto, A. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Berbasis Praktikum. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 156. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795

Lisa, F. Y. (2019). Analisis Ketrampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Mtaeri Laju Reaksi Melalui Model Inquiry Labolatory. Jurnal Tadris Kimiya, 2(Desember), 226–236. doi: http://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5669

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333

Ningsi, A. P., & Nasih, N. R. (2020). Mendeskripsikan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi Pada Metari Pembiasan Pada Lensa Cembung Dengan Menggunakan E- Modul. EKSAKTA :JurnalPenelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5, 35–43.

Nirwana, F. B., Nyeneng, I. D. P., & Maharta, N. (2021). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Pada Model Latihan Inkuiri. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(3), 31–42.

Rufaida, S., Riskawati, & Sindi. (2024). Analisis Keterampilan proses Sains Peserta Didik Pada Materi Fisika Dalam Pembelajaran Daring. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika, 12(2), 104–118. https://doi.org/10.24252/jpf.v12i2.46082

S, F. R., Usman, & Azis, A. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Di SMAN 9 Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika (JSPF), 16(02), 86–91.

Sitompul, R. S., Astalini, & Alrizal. (2021). Deskripsi Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X Mia Di Sman 9 Kota Jambi. Jurnal Edufisika, 3(2), 22–31.

Syafriyansyah, Suyanto, E., & Nyeneng, I. D. P. (2022). Pengaruh Keterampilan Proses Sains (KPS) terhadap hasil belajar fisika siswa melalui metode eksperimen dengan pendekatan inkuiri terbimbing. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 433–443.

Wiratman, A., Ajiegoena, A. M., & Widiyanti, N. (2023). Pembelajaran Berbasis Keterampilan Proses Sains: Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar? Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 463–472.

Wulan Dari, R., Purwaningsih, S., & Darmaji, D. (2021). Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika SMA/MA Berbasis KPS menggunakan 3D Pageflip Professional pada Materi Pengukuran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(2), 09–20. https://doi.org/10.21009/jpi.042.02




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v8i1.21320

Article Metrics

 Abstract Views : 33 times
 PDF Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Mirna Adnan, Fera Annisa

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter