PENERAPAN COLLABORATIVE PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Lalas Santika Dewi Nuraeni, Siti Nurdianti Muhajir, Resti Warliani

Abstract


Di era globalisasi dan kemajuan teknologi abad ke-21, dunia pendidikan dituntut untuk melatihkan siswa berbagai keterampilan berpikir dalam memecahkan masalah. Salah satu keterampilan yang sangat krusial untuk dilatihkan dalam pembelajaran adalah keterampilan berpikir kreatif, karena dapat membantu siswa menghadapi berbagai tantangan di masa depan. Namun, realitas di beberapa sekolah menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa masih tergolong rendah, sebab belum menjadi fokus utama dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan CPBL. Metode penelitian menggunakan quasi-experiment dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi penelitian mencakup 355 siswa, dengan sampel sebanyak 62 siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes uraian sebanyak 12 soal dan instrumen non-tes berupa angket. Hasil analisis data menyatakan bahwa Ha diterima, artinya terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan antara kedua kelas. Kemudian perhitungan gain ternormalisasi menunjukkan peningkatan KBK dalam kategori sedang untuk kelas eksperimen setelah penerapan CPBL dengan respons positif.


Keywords


Collaborative Project Based Learning, Keterampilan Berpikir Kreatif

Full Text:

PDF

References


Ahmad Sultoni, A. A. (2016). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Problem Based Learning Berpendekatan Scientific pada Materi Trigonometri. Prosiding Seminar Nasioanal Matematika, 26–35.

Amalda, J., Karwur, H. M., & Ramadhan, M. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. GEOGRAPHIA : Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Geografi, 4(1), 23–31. https://doi.org/10.53682/gjppg.v4i1.4065

Ambarini, R., Setyaji, A., & Zahraini, D. A. (2018). Arab World English Journal (AWEJ) Special Issue on CALL Number 6. July 2020. Arab World English Journal (AWEJ), 4, 227–241. doi: https://dx.doi.org/10.24093/awej/call5.19

Bali, M. M. E. I., & Zahroh, S. F. (2023). Implementasi Media Diorama dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2943–2952. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.700

Budiarti, M., Ferguson-patrick, K., Macqueen, S., & Reynolds, R. (2021). Global Project-Based Learning as an Approach to Teaching the 4Cs in Schools. Journal of International Social Studies, 11(1), 33–62.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Ernando, P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Dwi, I. K. (2025). Analisis Efektivitas Metode Pembelajaran Kolaboratif Siswa Pendidikan Vokasional di SMK. 07(02), 10117–10123.

Erita, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran. Economica, 6(1), 72–86. https://doi.org/10.22202/economica.2017.v6.i1.1941

Fitrina, T., Ikhsan, M., & Munzir, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa SMA melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Debat. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 87–95.

Hindun, I., Nurwidodo, N., Wahyuni, S., & Fauziah, N. (2024). Effectiveness of project-based learning in improving science literacy and collaborative skills of Muhammadiyah middle school students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 10(1), 58–69. https://doi.org/10.22219/jpbi.v10i1.31628

Huysken, K., Olivey, H., McElmurry, K., Gao, M., & Avis, P. (2019). Assessing Collaborative, Project-based Learning Models in Introductory Science Courses. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 19(1), 6–28. https://doi.org/10.14434/josotl.v19i1.26777

Jaya, A., & Mortini, A. V. (2023). Collaborative Project Based Learning Model in English Learning. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), 19–26. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.59149

Kartikasari, I. A., Usodo, B., & Riyadi. (2022). The Effectiveness Open-Ended learning and Creative Problem Solving Models to Teach Creative Thinking Skills. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(4), 29–38. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.04.04

Lantada, A. D., & de Maria, C. (2019). Towards open-source and collaborative project-based learning in engineering education: Situation, resources and challenges. International Journal of Engineering Education, 35(5), 1279–1289.

Mukarrom, L., Widiyanto, B., & Arfiani, Y. (2019). Peningkatan Creative Thinking Skill Peserta Didik melalui Model Cooperative Learning Berbantu Peta Konsep pada Tema Pencemaran Lingkungan. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(2), 73. https://doi.org/10.25273/jems.v7i2.5294

Nita, R. S., & Irwandi. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Project Based Learning (PjBL). Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288

Nugroho, G. A., Prayitno, B. A., & Ariyanto, J. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Penerapan Project Based Learning Pada Materi Pencemaran dan Daur Ulang Limbah. Bio-Pedagogi, 6(2), 9. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v6i2.20692

Nurdin, E. A., Pangastuti, E. I., Puji, R. P. N., Surya, R. A., & Adni, K. R. N. (2021). Implementation of the use of project-based learning models in the application of online geography learning strategies. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 747(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/747/1/012045

Parwoto. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Collaborative Problem Based Learning (CPBL) Terhadap Kreativitas Anak Dalam Bermain Komputer. Jurnal Pendidikan Usia Dini. https://doi.org/10.21009/JPUD.111

Permatasari, D., Destrinelli, & Sherly Pamela, I. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Model Project Based Learning Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(04), 16151–16164.

Pieciak, T. (2024). Biomedical Signal Processing in Simulated Industry-like Conditions Software-oriented Collaborative Project-based Learning of Biomedical Signal Processing in Simulated Industry-like Conditions. TechRxiv, 3(5), 1–10.

Pratama, H. (2024). Introduction To Geography Education Based On Exploration Of The Surrounding. International Conference on Education, Society and Humanity, 02(01), 95–101.

Pujiastuti, I. (2021). Impementasi Project Based Learning Dalam Pembelajaran Abad 21 Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 1, 1–13. https://doi.org/10.30595/pssh.v1i.66

Purwana, I. G., & Saputra, E. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Fluida Statis Implementation of Problem-Based Learning to Stimulate Students ’ Creative Thinking Skills on Static Fluids Subject. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(3), 178–185.

Rianti, N. S., Utaya, S., Purwanto, P., & Shrestha, R. P. (2024). Uncovering The Effectiveness of the Project-Based Learning Model and Ecological Intelligence: Impact on Environmental Problem-Solving Ability in Senior High School. Jambura Geo Education Journal, 5(1), 33–43. https://doi.org/10.37905/jgej.v5i1.24461

Ritter, S. M., & Mostert, N. (2017). Enhancement of Creative Thinking Skills Using a Cognitive-Based Creativity Training. Journal of Cognitive Enhancement, 1(3), 243–253. https://doi.org/10.1007/s41465-016-0002-3

Sinta mulia, D. (2022). Jurnal Phi Penerapan Model Pembelajaran Project Based. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 3(3), 24–28.

Suhroh, F., Cahyono, B., & Praba Astuti, U. (2020). Effect of using whiteboard animation in project-based learning on Indonesian EFL students’ English presentation skills across creativity levels. Arab World English Journal (AWEJ) Special Issue on CALL, (6).

Sulastri, E., Supeno, S., & Sulistyowati, L. (2022). Implementasi Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5883–5890. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3400

Tafakur, T., Retnawati, H., & Shukri, A. A. M. (2023). Effectiveness of project-based learning for enhancing students critical thinking skills: A meta-analysis. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 9(2), 191–209. https://doi.org/10.22219/jinop.v9i2.22142

Teske, J. K., Gray, P., Kuhn, M. A., Clausen, C. K., Smith, L. L., Alsubia, S. A., Ghayoorad, M., Rule, A. C., & Schneider, J. S. (2014). Teacher-Made Tactile Science Materials with Critical and Creative Thinking Activities for Learners Including Those with Visual Impairments. Open Educational Resources, 1–14. https://eric.ed.gov/?id=ED547679

Torrance, E. P. (1995). Insights about creativity: Questioned, rejected, ridiculed, ignored. Educational Psychology Review, 7, 313-322.

Torrance, E. P. (1966). Torrance tests of creative thinking. Educational and psychological measurement.

Widiarta, I. P., Suastra, I. W., & Suswandi, I. (2017). Efektivitas Collaborative Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika…,7(2),204–213. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPF/article/view/11834

Wrahatnolo, T. (2025). Pengaruh Keterampilan Berfikir Kritis , Kreatifitas , dan Kemampuan Kolaborasi terhadap Hasil Belajar Elemen Ilmu Ukur Tanah dengan Metode Project Based Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. 8, 319–324.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v8i1.21301

Article Metrics

 Abstract Views : 33 times
 PDF Downloaded : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Lalas Santika Dewi Nuraeni, Lalas Santika Dewi Nuraeni, Siti Nurdianti Muhajir, Resti Warliani

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter