PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI GERAK LURUS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menerapkan model pembelajaran proble based learning (PBL) pada materi gerak lurus kelas X di SMA Negeri 1 Kuta Blang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain control group pretest posttest dan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan di kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 23 orang dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 25 orang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik inferesial dan aplikasi SPSS 18. Berdasarkan hasil analisis untuk peningkatan pemahaman konsep siswa diperoleh nilai rata-rata tes tertulis berupa pretes dan postest. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 83,7 dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 75,96. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi gerak lurus kelas X di SMA.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah. (2017). Analisis Faktor Penyebabnya Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 5 Palembang. Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 4 No 1.
Berlianti, D. F., Abid, A. Al, & Ruby, A. C. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah untuk Analisis Data. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 1861–1864.
Ciptaningsih, S. (2011). Pembelajaran Fisika Dengan Pendekatan Kooperatif Model Stad Dan Tai Ditinjau Dari Kemampuan Awal Dan Motivasi Berprestasi (p. 102). UNS (Sebelas Maret University).
Damiano. (2017). Pengetahuan Guru Tentang Tujuan pembelajaran fisika Dan Pengaruhnya Terhadap Proses Pembelajaran (Studi Kasus Mengenai 2 Guru Fisika). Skripsi, 1–87.
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69
Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Berdiferensiasi pada Siswa SMP. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532.
Fakhriyah, F. (2014a). Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2906
Fakhriyah, F. (2014b). Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101.
Gusman, F., Dewata, I., Andromeda, A., & Zainul, R. (2022). Development of Problem Based Learning Based E-Modules on Salt Hydrolysis Materials to Improve Students Science Literature. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 8(5), 2410–2416. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i5.1831
Hadi, M. S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Aliyah. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 4(2), 38–46. https://doi.org/10.31539/spej.v4i2.1885
Juliawan. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kuta Tahun Pelajaran 2011/2012. 1–17.
Kolisoge. (2016). Analisis Pemahaman Konsep Vektor Pada Siswa X SMA BOPKRI 1 Yogyakarta. Skripsi.
Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 48. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.24
Nakada, A., Okada, Y., Yoshihara, A., Namiki, A., & Hiroi, N. (2017). Problem-based learning. Journal of the Medical Society of Toho University. https://doi.org/10.14994/tohoigaku:2017-005
Pamuji, S., & Wiyani, N. A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 173. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.42726
Pradipta & Sofyan. (2015a). Implementasi PBL Untuk Meningkatkan Motivasi, Kreativitas Dan Pemahaman Konsep. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 32–48.
Pradipta & Sofyan. (2015b). Implementasi PBL Untuk Meningkatkan Motivasi, Kreativitas Dan Pemahaman Konsep. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 32–48.
Putri, F. I. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Siswi Kelas VII C Dan VII D terhadap Mata Pelajaran IPA Fisika. Ilmu Kependidikan, 10(1), 38–47.
Rahayuningsih, S., & Jayanti, R. (2019). High order thinking skills (HOTS) students in solving group problem based gender. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan …. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/4872
Restiono. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Aktivitas Berkarakter Dan Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI. Skripsi.
Sayidah, N. (2018). Metodologi Penelitian Disertai Dengan Contoh Dalam Penelitian. In Zifata (Issue September). Zifatama Jawara.
Yasto, P. H., & Ridha, A. R. (2024). Penilaian Non Tes. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1), 73–85.
DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v8i1.20708
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Rizaldi Rizaldi, Ishafit Ishafit
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.
View My Stats |