PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENINGKATAN KETEREMAPILAN PROSES SAINS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ashari, A. A., & U.S, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di Kelas Vii Smpn 1 Kuningan. 4(3), 1–23.
Creswell, J. W. (2014). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. Pustaka Belajar.
Dewi Muliani, N. K., & Citra Wibawa, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 107.
Djufri, E., & Trio Ardhian. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(1), 1–14.
Fitriyah, I. J., Affriyenni, Y., & Hamimi, E. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 122–129.
Ginting, W. B., Fatmi, N., Sakdiah, H., Ginting, F. W., & Ayunda, D. S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Modul Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Kemagnetan. Journal on Education, 6(4), 19137–19146. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5907
Haryadi, M. (2019). Pemanfaatan Youtube sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159.
Irmi, I., Hasan, M., & Gani, A. (2019). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Quick Response Code Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Ipa & Pembelajaran Ipa, 3(2), 75–87.
Jaya, T. D., Tukan, M. B., & Komisia, F. (2022). Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa Materi Larutan Penyangga. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 359–366. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.44
Lestari, P., Fakhriyah, F., & Masfuah, S. (2024). Pengaruh Inquiry Learning Berbasis Tpack Dengan Media Virtual Laboratory Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Sports Culture, 15(1), 72–86
Lisa, F. Y. (2019). Analisis Ketrampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Mtaeri Laju Reaksi Melalui Model Inquiry Labolatory. Jurnal Tadris Kimiya, 2(Desember), 226–236. Doi:
Masfaratna. (2022). Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Media Simulasi Phet Meningkatkan Hasil Belajar. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia
Muliani, & Nanda, N. (2020). Penerapan Pembelajaran Inquiry training berbantuan simulasi phet terhadap ketermapilan proses sains siswa. Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(2), 23–29.
Nuayi, N. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Guided Inquiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Pengetahuan Kognitif Siswa. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 1–https://doi.org/10.31851/luminous.v1i2.4556
Nuramini, A., Suri, R. D., Sofiani, K. I., Mudatsir, Susanti, T., Ritonga, S., Robiah, Munawarah, S., Anggia, D., Ulfa, M., Sulaiman, Kurniati, Karuru, P., Kabanga, Theresyam, & Asyura, I. (2024). Metode Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka. Pt Sonpedia Publishing Indonesia
Panggabean, D. D., Rajagukguk, M. holong, Febriani, Goni, P. K., Sitinjak, M. C. A., Simanihuruk, R. T., & Rangkuti, Y. L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(1), 33–39
Putri, E., Sakdiah, H., Absa, M., Fatmi, N., Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Malikussaleh, P., Cot Tengku Nie, J., Muara Batu, K., & Aceh Utara, K. (2024). Pengembangan LKPD Fisika Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas XI SMA. Journal on Education, 06(02), 14371–14383.
Putri SD, N. H., Fitri, R., & Darussyamsu, R. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. JOURNAL ON TEACHER EDUCATION, 4(1), 691–696.
Putri, W. A., Astalini, A., & Darmaji, D. (2022). Analisis Kegiatan Praktikum untuk Dapat Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3361–3368.
Radianti, I. (2023). Penerapan Model Inquiri Terbimbing dengan Aplikasi Scope untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Madrasah, 8(2), 183–190. https://doi.org/10.14421/jpm.2023.183-190
Safilu, Amirudin, Agriansyah, A., Balumbi, A., & Nurhidayah, D. (2020). Biologi dan Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0.
Saidaturrahmi, S., Gani, A., & Hasan, M. (2020). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 1–8.
Sholihah, Z., & Azizah, U. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Laju Reaksi Implementation of Guided Inquiry Learning Models To Increase Science Process Skills in Reaction Rate Matter. Unesa Journal of Chemical Education, 8(2), 106–112.
Siahaan, K. W. A., Lumbangaol, S. T. P., Marbun, J., Nainggolan, A. D., Ritonga, J. M., & Barus, D. P. (2020a). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Multi Representasi terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Basicedu, 5(1), 195–205. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.614
Simatupang, H. P. (2019). Hanbook Best Practice Strategi Belajar Mengajar. Surbaya: CV Pustaka MediaGuru.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Suja, W. (2020). Keterampilan Proses Sains. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Suwardani, Asrial, A., & Yelianti, U. (2021). Analisis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Smp ( Analysis Of Guided Inquiry Learning Models On Students ’ Science Process Skills In Science Subjects In Junior High School ). Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 07(03), 185–194.
Suyono. (2019). Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Menengah Atas Inquiry Considered to Improve Skills of Science Process Students in Senior High School. Jurnal Komunikasi Penidikan, 3(2), 86–91.
Syarifuddin, A., & Wulandari, A. (2019). Meningkatkan Keterampilan Proses Sain Melaui Inkuiri Terbimbinng pada Pembelajaran Fisika. 2(4), 1–10.
Tyas, R. A., Wilujeng, I., & Suyanta, S. (2020). Pengaruh pembelajaran IPA berbasis discovery learning terintegrasi jajanan lokal daerah terhadap keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 114–125. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.28459
Wahyuni, E. N. (2023). Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran. Sumatera Barat: Cv.Gita Lentera.
Windrayanti, N. M. F., & Astawan, I. G. (2022). Video Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Perpindahan Panas di Sekitar Kita. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 118–126.
Wunga, D. R., Ain, N., & Jufriadi, A. (2023). Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Siswa SMP pada Topik Tekanan Zat Cair. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 5(1), 12–20.
DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v8i1.20463
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Neneng Anjarwati, Muliani Muliani, Munzir Absa, Nuraini Fatmi, Riza Andriani
Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.
View My Stats |