PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Muhammad Faisal, Syafrizal Syafrizal, Halimatus Sakdiah, Muliani Muliani, Arlin Maya Sari

Abstract


Proses pembelajaran secara umum masih menggunakan buku paket dan metode pembelajaran ceramah, yang menyebabkan peserta didik merasa jenuh dan bosan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui kelayakan LKPD berbasis discovery learning pada materi suhu dan kalor, (2) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap LKPD, dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan LKPD tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan research and development (R&D) dengan model 4-D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kelayakan pengembangan LKPD berbasis discovery learning dinilai layak oleh ahli media dengan nilai 0,89, sangat layak oleh ahli materi dengan nilai 0,91, dan sangat layak oleh guru dengan nilai 0,92, (2) respon peserta didik terhadap LKPD sangat menarik dengan nilai 0,90, dan (3) penggunaan LKPD tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan perolehan N-Gain Score sebesar 0,75 dengan kategori tinggi. Dengan demikian, disimpulkan bahwa LKPD berbasis discovery learning dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor

Keywords


LKPD, discovery learning, temperature and heat.

Full Text:

PDF

References


Anjarwati, N., Lubis, P. H. ., & Sugiarti, S. (2021). Pengembangan LKPD Materi Gerak Lurus Berbasis Discovery Learning Berbantuan Software Tracker untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, 9(2), 226–238. https://doi.org/10.24127/JPF.V9I2.3953.

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Analasis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880-889.

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugrahaeni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1), 69–77.

Desriyenti, R., & Pengajar Jurusan Fisika, S. (2020). Pembuatan LKPD berbasis komik model guided discovery learning pada materi usaha, energi, momentum, dan impuls kelas X SMA/MA. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, 13(2), 209–216. https://doi.org/10.24036/8287171074.

Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/Gain Score.AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement and Reasearch Methology.

Indriani, S., Nurlina, N., & Basri, M. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 363–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4488.

Latifah, S., Setiawati, E., & Setiawati, E. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 43–51. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.104.

Lubis, A., & Sukmawarti, S. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning pada Tema Panas dan Perpindahannya Subtema Suhu dan Kalor Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 6(2), 1–7.

Margaretha, Y., Almaida, P., Nurholipah, S., Oktaviani, I., & Saefullah, A. (2022). Pengembangan Lkpd Interaktif Pada Materi Tekanan Hidrostatis Menggunakan Media Liveworksheet. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 17–25. https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.6713.

Meltzer, D. E. (2022). The Relationship between Mathematics Preparation and Conceptual Learning in Physics: A Possible “Hidden Variable” in Diagnostice Pretest Scores. American Journal Physics, 70(12), 1259–1286.

Nazira, N. K., Idris, S., Novita, N., Setiawan, T., Malikussaleh, U., Konsep, P., & Lurus, G. (2024). Pengembangan lkpd fisika berbasis pbl untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi gerak lurus. 8(1), 118-127.

Permata Sari, S., Lubis, P. H., Jend Ahmad Yani Lr Gotong Royong, J., Palembang, U., & Palembang, K. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Berbantuan Software Tracker pada Materi Gerak Melingkar untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 137–146. https://doi.org/10.33369/JKF.4.2.137-146.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I6.9498.

Rosalina, A. M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis STEM (Science Technology Engineering And Mathematics) Pada Pokok Bahasan Bioteknologi Kelas XII SMA (Sekolah Menengah Atas). Universitas Jember.

Thiagarajan, S. A. O. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. (Issue Mc).




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v8i1.20387

Article Metrics

 Abstract Views : 19 times
 PDF Downloaded : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Faisal, Syafrizal Syafrizal, Halimatus Sakdiah, Muliani Muliani, Arlin Maya Sari

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter