ANALISIS PILIHAN PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELEGENCE DALAM MENDUKUNG PERKULIAHAN FISIKA DAN MATEMATIKA TERAPAN PADA TARUNA TEKNIKA NAUTIKA KPN

Lusiani Lusiani

Abstract


Satu dari beragam faktor yang memberikan pengaruh dalam proses pembelajaran yakni media pembelajaran. Media pembelajaran perlu dirancang oleh pendidik agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan perlu menyesuaikan dengan perkembangan lingkungan belajar peserta didik yang sedang berkembang, salah satunya menggunakan Artificial Intelegence. Beragam aplikasi dalam AI yang dapat digunakan, namun perlu adanya gambaran kemudahan terkait aplikasi tersebut sehingga menjadi pilihan yang dapat digunakan dalam mendukung kegiatan pembelajaran atau perkuliahan, sehingga penulis tertarik memberikan Analisis Pilihan Penggunaan Artificial Intelegence Dalam Mendukung Perkuliahan Fisika dan Matematika Terapan pada Taruna Teknika Nautika KPN. Metode dalam kajian ini yakni metode penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif, penulis juga menggunakan metode kuantitatif. Lokasi berada di AMN Cilacap dan dilakukan melalui online dan offline. Subjeknya yakni Taruna Teknika, Nautika, KPN. Pengambilan data kuesioner dilaksanakan terhadap 119 (seratus sembilan belas) taruna Teknika, Nautika, KPN. Disimpulkan bahwa urutan persentase pilihan tertinggi penggunaan aplikasi AI untuk menghasilkan teks dalam mendukung Perkuliahan Fisika dan Matematika Terapan pada Taruna Teknika Nautika KPN yakni ChatGPT senilai 65,5%.


Keywords


artificial intelegence (AI), KPN, nautika, teknika

Full Text:

PDF

References


Diantama, Suarifqi. 2023. “Pemanfaatan Artificial Intelegent (AI) Dalam Dunia Pendidikan.” DEWANTECH Jurnal Teknologi Pendidikan 1(1):8–14. doi: 10.61434/dewantech.v1i1.8.

Fazal, Nadeem, Samah Qasmieh, and Bahar Graefen. 2023. “Trick or Treat-Use of ChatGPT in Education.” The Journal of Immunology 210(1_Supplement):232.01-232.01. doi: 10.4049/jimmunol.210.supp.232.01.

Fitri, Wildani Aulia, and Muqita Hanifah Hasanah Dilia. 2024. “Optimalisasi Teknologi AI Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran.” Sindoro Cendekia Pendidikan 5(10):50–54.

Lubis, Raflidan, Fajrul Wahdi Ginting, Muliani Muliani, Nanda Novita, Widya Widya, and Munzir Absa. 2024. “Pengembangan Media Video Pembelajaran Fisika Berbasis Powtoon Pada Materi Gelombang Bunyi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Xi.” Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika 6(2):106. doi: 10.29103/relativitas.v6i2.14124.

Ngo, Thi Thuy An. 2023. “The Perception by University Students of the Use of ChatGPT in Education.” International Journal of Emerging Technologies in Learning 18(17):4–19. doi: 10.3991/ijet.v18i17.39019.

Nugroho, Azhar Dwi, Gerard Sean Dwayne, Khansa Inayah Arrazaqu, and Muhammad Naufal Baihaqi. 2024. “Implementasi AI ChatGPT Sebagai Alat Pendukung Pembelajaran Mahasiswa Pada Prodi Sistem Informasi Di Perguruan Tinggi Universitas Negeri Semarang.” Jurnal Mediasi Vol. 3(1):106–18.

Nurmila, Dwike Zaira, Nabila Audya Asmaranti, Nazalya Noer Fadhilla, and Zizzahrra Nanderis Lameikasya. 2024. “Implementasi Artificial Intelligence Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan.” Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya 2(2):238–46.

Peliza, Rahman. 2024. “Penerapan Teknologi Artificial Intelligence (Ai) Terhadap Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa.” International Conferences on Islamic Studies (ICIS) 2(1):82–95.

Pratikno, Ahmad Sudi. 2017. “Implementasi Artificial Intelligence Dalam Memetakan Karakteristik, Kompetensi, Dan Perkembangan Psikologi Siswa Sekolah Dasar Melalui Platform Offline.” Proceeding KMP Education Research Conference Keluarga Mahasiswa Pascasarjana (KMP) (September 2017):18–36.

Putri, Velda Aurelia, Sotyawardani, Kadek Carissa Andjani, and Raihan Andre Rafael. 2023. “Peran Artificial Intelligence Dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa Di Universitas Negeri Surabaya.” Prosiding Seminar Nasional Universitas Negeri Surabaya 2:615–30.

Siagian, Siti Kholihah, and Khotna Sofiyah. 2024. “IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BELAJAR, KOMPETENSI, DAN KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR DI ERA DIGITALISASI.” EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran 4(1).

Taruklimbong, Eka Suryokta W., and Hotmaulina Sihotang. 2023. “Peluang Dan Tantangan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) Dalam Pembelajaran Kimia.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(3):26745–57.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v8i1.19164

Article Metrics

 Abstract Views : 23 times
 PDF Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Lusiani Lusiani

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter