PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING (GDL) UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON

Syarifah Mutia, Muliani Muliani, Desy Sary Ayunda, Fajrul Wahdi Ginting, Munzir Absa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Guided Discovery Learning dapat mereduksi miskonsepsi siswa dan apa penyebab terjadinya miskonsepsi terhadap hukum Newton pada siswa VIII di MtsS Ulumuddin. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Desain dengan menggunakan desain kontrol yang tidak kompatibel. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, sampel penelitian ini adalah siswa kelas sebagai kelas kontrol dan kelas sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa masing-masing 20 orang. Tes yang digunakan berupa instrumen tes diagnostik berbentuk pilihan ganda berdesain 3 tingkat (Three-Tier) yang didukung dengan CRI (Certainty of Respons Index). Berdasarkan hasil analisis data terjadi pereduksi rata-rata persentase miskonsepsi siswa pada materi hukum Newton sebesar 20% dengan kategori rendah. Berdasarkan data uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired Sampel T-test, diperoleh hasil sig (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikan 0,05 artinya ditolak dan diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Guided Discovery Learning dapat mereduksi miskonsepsi siswa pada materi hukum Newton.


Keywords


Three-tier test diagnostic test; Guided Discovery Learning; Miskonsepsi

Full Text:

PDF

References


Abidin, P., & Saparini. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Untuk Meremediasi Miskonsepsi Pada Materi Gaya dan Hukum NewtonTentang Gerak. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 36–47.

Afriani, A. (2018). Pembelajaran kontekstual (cotextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Al-Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, I(3), 80–88.

Allo, A. Y. T., Jatmiko, B., & Agustini, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Guided Discovery Learning Menggunakan Alat Sederhana Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa SMA Pada Materi Fluida Statis. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5(1), 769–778.

Beniarti, T. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa SMK Pada Pokok Bahasan Rangkaian Listrik. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 3, 220–225.

Dwi, I. V., Rahayu, Y. S., & Erman. (2013). Penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Mengatasi Minskonsepsi Siswa SMP Pada Materi Fotosintesis. Pendidikan Sains E-Pensa, 01.

Entino, R., Hariyono, E., & Lestari Aprilia, N. (2022). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Sekolah Menengah Atas pada materi Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 177–182.

Fitri, P. Y. K. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Hukum-Hukum Newton Menggunakan Metode Certainty Of Response Index (CRI) Pada Siswa SMAN 3 Jember. Universitas Jember.

Fitriana, M., Saleh, M., & Zaki, A. (2022). Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X MAS Jam ’ iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Sekolah Tinggi Agama Islam Jam ’ iyah Mahmudiyah The Influence of Guided Discovery Learning on Problem Solving. Jurnal Pendidikan, 2(1), 468–480.

Hamzah, & Lamatenggo, N. (2016). landasan pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Manurung, C. Y., S, H. T. M., & Oktavianty, E. (2022). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Hukum Newton di SMA Negeri 7 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11, 2715–2723.

Oktafia, R., & Admoko, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Berbantuan Simulasi Lab Virtual Dalam Mereduksi Miskonsepsi Siswa Materi Gelombang Mekanik. Inovasi Pendidikan Fisika, 08(02), 521–524.

Pratiwi, A. D., & Syarkowi, A. (2015). Analisis Miskonsepsi Pada Konsep Hukum-Hukum Newton Tentang Gerak. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 1–6.

Setyabudi, L. D., & Rosdiana, L. (2020). Identifikasi Miskonsepsi Materi Hukum Newton Menggunakan Certainty Of Response Indeks (CRI) Pada Siswa Kelas VIII SMP. PENSA E-Jurnal : Pendidikan Sains, 8(3), 340–345.

Sitepu, E. B., & Yakob, M. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Hukum Newton di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Berastagi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 2(2), 23–29.

Subekti, E. S. A., & Sunarti, T. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery untuk Menurunkan Tingkat Miskonsepsi Siswa pada Materi Kalor di SMAN 1 Menganti Gresik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 05(03), 142–147.

Syarifatul, M., Endang, S., & Edy, C. (2016). Pengembangan Tes Diagnostik Three Tier Multiple Choice Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Kelas XI. Journal of Innovative Science Education, 5(2), 101–110.

Widiyanto, A., Sujarwanto, E., & Prihaningtiyas, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik dengan Instrumen Four Tier Diagnostic Test pada Materi Gelombang Mekanik. Seminar Nasional Multidisiplin, 1(1), 138–146.

Zakiyah, F., & Yonata, B. (2021). Pengembangan LKPD Berorientasi Guided Discovery Learning dengan Internet Assisted Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Kimia, 46–55.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v8i1.17517

Article Metrics

 Abstract Views : 41 times
 PDF Downloaded : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Syarifah Mutia, Muliani Muliani, Desy Sary Ayunda, Fajrul Wahdi Ginting, Munzir Absa

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter