STRATEGI PEMASARAN PRODUK BERAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan dalam meningkatkan minat beli konsumen di UD. Usaha Baru. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer yang diperoleh dari pemilik UD. Usaha Baru, karyawan, dan konsumen. Metode pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD. Usaha Baru menerapkan stategi pemasaran dalam meningkatkan minat beli konsumen diantaranya yaitu: a) menawarkan 2 jenis beras dengan kualitas premium dan medium, b) strategi penetapan harga yang ditetapkan dengan beberapa pertimbangan, c). strategi tempat/distribusi dengan melihat berbagai potensi pasar pada suatu wilayah, d) strategi promosi dengan menggunakan personal selling/mulut ke mulut. Kendala strategi pemasaran produk beras dalam meningkatkan minat beli konsumen pada UD. Usaha Baru diantaranya yaitu: a) tingkat persaingan penggilingan padi yang tinggi, banyak produk pesaing yang siap mensubstitusi beras dari UD. Usaha Baru, dan harga pokok dari produk pesaing yang relatif rendah, b) Produk beras kurang dipromosikan di media sosial, koran, brosur, iklan, dan koran hal ini disebabkan karena kurangnya modal dari UD. Usaha Baru sehingga promosi yang dilakukan hanya dari mulut ke mulut.
Keywords
References
Assauri, S. (2018). Manajemen Bisnis Pemasaran. Depok: Rajawali Pers.
Assauri, Sofjan. (2015) Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, & Strategi Jakarta: Penerbit PT Raja Grafindo Persada
(Assauri, 2007)Manajemen Pemasaran Konsep dan Strategi Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Staton, William J. Shultz. (2014). prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Swasta dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta: Liberty
Buchari Alma, Menejemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, (Bandung: Alfabeta, 2011).
Fandy Tjiptono, Gregorius Chandra, Dadi Andian, Pemasaran Strategik, (Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET,2008)
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Edisi Ke 13 (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2009)
Philip Kotler dan Gary Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi ke-12 (Jakarta: Erlangga, 2008)
Fandi Tjiptono, Pemasaran Jasa, Yogyakarta: Andi Offset, 2014.
Sugiyono, Sugito. "Metode penelitian kualitatif." Bandung: Alfabeta (2013).
Sugiyono S. Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung. 2010.
Sugiyono S. Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung. 2017.
Tedjo Tripomo, Manajemen Strategi, Rekayasa Sains, Bandung, 2005.
Danang, Sunyoto. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2011. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa: Bob Sabran, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2012. Principles Of Marketing, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published.
Galavan, R. (2014). Doing Business Strategy.Ireland: NuBooks.
Salusu, J. 1996. Pengambilan Keputusan Strategik untuk Organisasi Publik an Organisasi Non-Profit. Jakarta: PT Grasindo.
Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA.
Pertiwi, Ramadani Eka (2019). Strategi Pemasaran Produk Beras Pada Pt. Pertani (Persero) Kota Makassar Sulawesi Selatan. Sulawesi Selatan: Uviversitas Muhammadiyah Makassar.
Munadi, Fandi Ahmad. 2009. Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Kendaraan Motor pada CV Turangga Mas Motor. Jurnal Ekonomi Manajemen. Jakarta: Fakultas Ekonomi. Universitas Gunadharma.
A Nurul Azizah, A. (2020). Strategi Pemasaran Beras Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Pada Pabrik Beras Putra Mandiri Di Desa Sumaling Kecamatan Mare Kabupaten Bone) (Doctoral Dissertation, IAIN Bone).
Efriyanti, F. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Beras Pada Po. Sinar Rezeki Di Pesawaran. Universitas BandarLampung.
Suryani, A. I. (2020). Strategi bauran pemasaran beras dalam perspektif ekonomi Islam (studi pada bidang komersil Perum Bulog Kantor Cabang Padangsidimpuan) (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).
Rachmawati, R. (2011). Peranan bauran pemasaran (marketing mix) terhadap peningkatan penjualan (sebuah kajian terhadap bisnis restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2).
Eris Juliansyah, “Strategi Pengembangan Sumber Daya Perusahaan dalam Meningkatkan Kinerja PDAM Kabupaten Sukabumi,” Jurnal Ekonomak, 3 (Agustus 2017): 25.
Marius P. Angipora, Dasar-Dasar Pemasaran (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002), 332–33.
Fitriyah Inayah Icheanda, Zainul Arifin, Edy Yulianto, “Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan ekspor studi pada PT Petrokimia Gresik” Jurnal administrasi bisnis (JAB), Vol. 24 No.1, Juli 2015.
AG. Suyono, Sri Sukmawati, Pramono. 2012.Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Intidayu Press. Jakarta.
Atmoko, Tjipto. 2011. Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Unpad, Bandung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.