PENGARUH PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING PADA APLIKASI SHOPEE INDONESIA
Abstract
Seiring dengan perkembangan e-commerce di indonesia yang sangat pesat. Shopee sebagai salah satu e-commerce yang banyak digunakan oleh masyarakat, shopee menawarkan berbagai jenis price discount, dengan adanya price discount dapat menimbulkan impulse buying pada kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh price discount terhadap impulse buying pengguna aplikasi shopee masyarakat Gampong Berandang Syamtalira Bayu Aceh Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat Gampong Berandang Syamtalira Bayu Aceh Utara. Penelitian ini menggunakan rumus slovin sebanyak 86 responden sebagai sampel penelitian. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif dengan pendekatan asosiatif yang meliputi uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi liniear sederhana serta uji hipotesis, dengan bantuan software SPSS versi 20. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji signifikansi parsial dan uji koefesien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying pada masyarakat Gampong Berandang Syamtalira Bayu Aceh Utara.
Keywords
References
Sumber Buku :
Bambang Supomo dan Nur Indriantoro, 2002, Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan Kedua, Yogyakara; Penerbit BFEE UGM.
Berman. Barry dan Joel R. Evans, 2006. Retail Management A Strategi Approach. Edisi 10. New Jersey: Pearson Peartice Hall.
Darke, P.R., Chung, C.Y.M (2005), Effects Of Pricing and Promotion On Consumer Perceptions : it depends on how you frame it. Journal Of Retailing, 81 (1), 35-47.
Ghozali, Imam. 2011, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2013, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Update PLS Regresi. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2016, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (edisi 8 ). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Indrawan Rully dan Poppy Yaniawati. (2017). Metodologi Penelitian. Bandung: PT. Refika Aditama.
Japarianto, E dan S. Sugiharto. 2011. Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Mayarakat High Income Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, April 2011. Vol. 6, No. 1. pp. 32-41.
Kinnear. T.C, and J.R Taylor. 2003. Riset Pemasaran. (Terjemahan Oleh Thamrin). Edisi Tiga, Erlangga : Jakarta.
Kotler, P. & Keller.K.L. (2012), Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler P (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Penerbit Erlangga.
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran: Jilid 2, (Jakarta: Indeks, 2009), hal. 103.
Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Riswandi, Budi Agus. (2006). Hukum Cyberspace. Yogyakarta: Gita Nagari.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutisna, 2012. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Bandung : PT. Remaja Rusdakarya.
Suliyanto. 2011. “Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi Dengan SPSS”. Edisi 1. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.
Utami, Cristiani Whidya. 2010. Manajemen Ritel. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.
Widoyoko, Eko Putro. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Sumber Jurnal dan Skripsi :
Abidzar Achmadtyar Fazrul Haq, I. S. (2020). Pengaruh potongan harga terhadap pembelian impulsif pada pengguna aplikasi grab (grabfood). JURNAL MANAJEMEN - VOL. 12 (1) 2020, 1-9, 12, 1-9.
Aprianto, N.E. (2021). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bisnis. Vol. 2 (1), 2021: 1-7, 2, 8-15.
Dona Waty, 2020. “Pengaruh Price Discount dan E-Money Terhadap Impulse Buying Coffee Shop di Grand Batam Mall”. Skripsi : Universitas Putera Batam.
Habibi, Muhammad Risky. 2020 “Pengaruh Price Discount Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna Aplikasi Tokopedia di Kalangan Mahasiswa Universitas Sumatera Utara”. Skripsi : Universitas Sumatera Utara.
Marianty, Resty. 2014. “Pengaruh Keterlibatan Fashion, Emosi Positif dan Kecendrungan Konsumsi Hedonik Terhadap Pembelian Impulsif”. Jurnal Ekonomi Manajemen Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Nimas Wulandari, 2020. “Pengaruh Potongan Harga (Price Discount) Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Perusahaan Ritel Jumbo Mart”. Skripsi : UIN Suska Riau.
Nurilahi, 2020. “ Pengaruh Price Discount, Sales Promotion dan In-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying pada PT. Matahari Departmen Store TBK Lombok Epicentrum Mall Mataram”. Skripsi : Universitas Muhammadiyah Mataram.
Rosmala Evidayanti, 2021. “Pengaruh Sales Promotion dan Hedonic Shopping Terhadap Impulsive Buying Pada Tokopedia Oleh Masyarakat Kota Pekanbaru”. Skripsi : UIN Suska Riau
Siti Aisyah Muthmainna K. Samma. “Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, dan In-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Behavior Konsumen Pada Hypermart Mall Panakkukang Makasar”. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.
Verplaken, B. & Herabadi, A. (2011). Individual Differences in Impulse Buying Tendecy: Felling and no Thinking. European Journal Of Personality. 15, S71-S83.
Zahroh, R. (2021). PENGARUH POTONGAN HARGA DAN BONUS PACK TERHADAP IMPULSE BUYING. Volume 9 No 1 Tahun 2021, 9, 1111-1117.
Sumber Website :
Inews.id (2022. Februari 2022) diambil kembali dari persaingan e-commerce https://www.inews.id/amp/travel/belanja/persaingan-e-commerce-di-tengah-semarak-belanja-akhir-tahun-siapa-juaranya
Jagad Media (2021. Mei 7) diambil kembali dari fakta menarik dari logo shopee: https://www.jagadmedia.id/2020/10/ini-dia-fakta-menarik-dari-logo-shopee.html?m=1
Nesaba Media (2022. Juni 4). Diambil kembali dari keunggulan apa saja yang dimiliki oleh shopee : https://www.nasabemedia.com/apa=itu-shopee/
Obrolan Bisnis. (2021. Mei 5). Diambil kembali dari sejarah shopee: https://obrolanbisnis.com/sejarah-shopee/
Ocbn Nisp (2022. Januari 21) diambil kembali dari mengenal impulse buying: https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/07/23/impulsive-buying.
Riza, Dian Kurnia. (2021. Januari 21). Diambil kembali dari apa itu shopee indonesia: https://www.qoala.app/id/blog/bisnis/apa-itu-shopee-indonesia/
Visi Misi (2021. Mei 5). Diambil kembali dari visi dan misi e-commerce shopee: https://visimisi95.blogspot.com/2018/03/shopee-visi-dan-misi-e-commerce=shopee.html?m=1
Refbacks
- There are currently no refbacks.