STRATEGI PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN BISNIS DALAM MENGHADAPI PERDAGANGAN BEBAS MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

Imam Malik

Abstract

Seiring dengan perkembangan bisnis, persaingan pun berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Persaingan pada saat ini tidak hanya dari pasar lokal melainkan sudah mencakup pasar global seperti Masyarakat Ekonomi ASEAN yang berlaku sejak 31 Desember 2015 yang lalu. Setiap pelaku usaha dituntut agar dapat menghadapi derasnya persaingan itu dan terus meningkatkan produksinya dan tentunya berkelanjutan. UD. Kreasi Lutvi merupakan salah satu ukm yang sudah Go-Eksport sejak tahun 2010 dengan mengirim hasil olah ubi menjadi keripik kedua negara yaitu Korea dan Malysia. Namun kegiatan bisnis tersebut tidak luput dari persaingan antar produk sejenis maupun non-sejenis. Untuk menghadapi dan memenangkan persaingan maka diperlukan strategi perencanaan dan pengembangan bisnis yang tepat dalam memulai dan mengembangkan sebuah usaha.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi perencanaan dan pengembangan bisnis yang diterapkan oleh UD. Kreasi lutvi dalam menghadapi derasnya persaingan MEA. Bentuk penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan proses pengumpulan data dari observasi dan wawancara dengan informan. Informan yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 5 orang yang terdiri dari 1 informan kunci dan 4 informan utama. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis SWOT (matrik SWOT, diagram SWOT). Dengan analisis SWOT kita dapat menemukan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari bisnis yang dijalankan. Hasil penelitian ini dari proses analisis yang dilakukan dari segi perencanaan bisnis UD. Kreasi Lutvi menerapkan perencanaan yang sederhana, akan tetapi dapat membentuk pondasi yang kuat dalam perjalanan usahanya. Adapun komponen-komponen perencanaan bisnis yaitu: Produk,harga,promosi, lokasi, bahan baku,pesaing, peran pemerintah. Dari segi pengembangan bisnis hasil analisis SWOT menyimpulkan dengan skor faktor internal 2,79 dan faktor eksternal 2,88 mempetakan diagram SWOT diposisi kuadran 1 dengan menerapkan strategi agresif dengan memanfaatkan peluang yang ada

Full Text:

PDF

References

Anoraga, Michael. 2002. Koperasi, Kewirausahawan, dan Usaha Kecil. Jakarata:Rineka Cipta

David, Fred R. 2011. Manajemen Strategis Konsep. Jakarata: Salemba Empat

Daft, L Richard. 2007. Manajemen. Yogyakarta: BPFE

Fahmi, Irham. 2013. Manajemen Strategis. Bandung:Alfabeta.

Hunger, David J & Thomas L. Whelen. 2003. Manajemen Strategis. Yogyakarta:

Andi

Jatmiko, RD. 2004. Manejemen Strategik. Malang : Universitas Muhammadiyah

Semarang. Press

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenadamedia Group

Rangkuti, Freddy. 2009. Analisis SWOT Tekhnik Membedah Kasus Bisnis.Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Rangkuti. Freddy. 2011. SWOT Balanced Scorecard. Jakarta. PT Gramedia

Pustaka Utama

Situmorang, Syafrizal Helmi. 2009. Bisnis: Perencanaan dan Pengembangan. Medan: USU Press

Sofyan, Iban. 2015. Manajemen Strategi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Solihin, Ismail. 2007. Memahami Business Plan. Jakarta:Salemba Empat.

Sujarweni, Wiratna.V. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarata: Pustaka Baru Press

Refbacks

  • There are currently no refbacks.