ANALISIS STRATEGI PERSAINGAN USAHA LAUNDRY SEPATU DI KOTA LHOKSEUMAWE ( Studi Pada Laundry Sepatu Zenmen)
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Persaingan Usaha Laundry Sepatu Di Kota Lhokseumawe Studi Kasus Pada Laundry Sepatu Zenmen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, yang bersifat kualitatif deskriptif. Metode dalam pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukka bahwa strategi bersaing yang tepat untuk Laundry Zenmen dalam menghadapi persaingan antar usaha jasa laundry yang lain adalah memperluas pangsa pasar, menjaga dan mempertahankan loyalitas konsumen, meningkatkan pelayanan demi kepuasan konsumen, melakukan periklanan dan promosi secara efektif. Dari strategi yang ada kesemuanya merupakan inti dari strategi pasar yang dimana perusahaan meningkatkan penjualannya atas produk dan pasar yang telah tersedia melalui usaha-usaha pemasaran yang lebih agresif.
Kata kunci : Strategi Persaingan dan Laundry Sepatu
Keywords
References
Boyd, H. W., & dkk. (2000). Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jakarta: Erlangga.
Dirgantoro, C. (2001). Manajemen Stratejik: Konsep, Kasus, dan Implementasi. Jakarta: PT Gramedia Widiarsana Indonesia.
David, F. R. (2011). Manajemen Strategi. Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.
Glueck, & Jauch. (2000). Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.
Hunger, D. K. (2003). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi.
Kotler, P. (2003). Manajemen Pemasaran: Analisis, Pemecahan, Implementasi, dan Pengendalian . Jakarta: Erlangga.
Kuncoro, M. (2005). Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif? Jakarta: Erlangga.
Porter, M. E. (2007). Strategi Bersaing (competitive strategy). Tangerang: Kharisma Publishing Group.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F.G. Chandra dan D. Adriana. (2008). Pemasaran Strategik. Cetakan Ke-1. Yogyakarta : Penerbit ANDI.
Listia Yuniarti. (2017). Analisis Strategi Bersaing pada UMKM Laundry. skripsi pada Universitas Diponegoro.
Urpida Aini Nasution. (2018). Analisis Persaingan Bisnis Pedagang Pakaian Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Pedagang Pakaian Di Pasar Dolok Masihul Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai). Skripsi UIN Sumatera Utara
Erliningtis. (2020). Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Bersaing Pada Usaha Della Laundry. Skripsi Universitas Semarang.
Indro Wahyudi. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Pengembang Perumahan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pt. Jatiwangi Property Group , Bandar Lampung. Skripsi UIN Raden Intan Lampung.
Putri Nur Asalya. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Laundry Sepatu D’estilo Makassar Dalam Peningkatan Pendapatan Tinjauan Ekonomi Islam. Skripsi UIN Alauddin Makassar.
Jeffry Andriana Sulistiyo Eko. (2018). Strategi Keunggulan Bersaing Pada Diva Laundry Dalam Menghadapi Persaingan Antar Usaha Jasa Laundry Di Mojokerto. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Universitas Brawijaya Vol 2, No 1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.