Pengaruh Point Of Purchase (POP) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Toko Nabila Fashion dan Collection Gampong Meunasah Teungoh,Kecamatan Lhoknibong,Kabupaten Aceh Timur
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh point of purchase (POP) terhadap keputusan pembelian produk pada Toko Nabila Fashion dan Collection Meunasah Teungoh, Kecamatan Lhoknibong, Kabupaten Aceh Timur. Penelitian ini dilakukan di Gampong Meunasah Teungoh Kecamatan Lhoknibong, Kabupaten Aceh Timur. Penelitian ini menggunakan data primer berbentuk kuesioner yang dibagikan kepada pelanggan Toko Nabila Fashion dan Collection sebanyak 60 responden. Metode analisa data yang digunakan adalah uji instrumen dan uji asumsi klasik serta uji regresi linear berganda menggunakan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26.
Hasil dari pengujian secara simultan menunjukkan bahwa display, signage, dan in store media berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai fhitung > ftabel (58.683 > 2,77 ) dan nilai signifikansi fhitung sebesar 0,000. Display berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (8.002 > 1.672) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Signage berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (3.889>1,672) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. In store media berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (5.039>1,672) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05
Keywords
References
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Jakarta : Rineka Cipta.
Hair, J.F. (1998). Multivariate Data Analysis. Fith Edition, Internasional Edition. Prentice Hall.
Kotler, dan Amstrong. (2013). Prinsip - Prinsip Pemasaran, Edisi Ke-12. Penerbit : Erlangga.
Kotler dan keller . (2016). Manajemen Pemasaran Edisi ke-15 Jilid 1&2. Jakarta : PT. Indeks.
Nyken Widyastuti dan Retno Tanding Suryandari . (2004). Sebuah dunia (tanpa promosi penjualan). Jakarta : Mix marketing Xtra.
Shimp T. (2003). Periklanan Promosi Dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Edisi Ke-5 Jilid 1. Reyvani Syahrial & Dyah Anikasari. Jakarta : Penerjemah Erlangga.
Sugiyono,P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatid Dan R&D. Jl. Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung : Alfabeta,CV.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung : PT. Alfabeta.
Wibowo. (2008). Manajemen kinerja. Jakarta : Bumi Aksara.
Annisya Sarah Urfa. (2020). Pengaruh Point Of Purchase (POP) Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Wadiah Pada BPRS Adam Bengkulu.
Zahid Nasrullah. (2018). Pengaruh Point Of Purchase (POP) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Di Assalam Hypermarket Pebelan Kartasura.
Ahmad Fajar Novarianto, dkk. (2019). Pengaruh Point Of Purchase (POP) Terhadap Keputusan Pembelian Tidak Terencana Di Carrefour Tamini Square. Communicare : Journal of Communication Studies, 6(1), 73-86.
Mutiara Haskawina, Yulizar Kasih . (2005). Analisis pengaruh point of purchase terhadap keputusan pembelian di Hypermart Palembang Indah Mall. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. Volume 06 Nomor 01.
Putra’s. (2020). Pengaruh Point Of Purchase (POP) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Di PT. Matahari Department Store Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 192-204.
https://journal.lspr.edu/index.php/communicare/article/view/60 Point Of Purchase (POP) dan Keputusan Pembelian tidak rencana. Diakses pada 26 Oktober 2022, pukul 14.00 WIB
https://jurnal.unived.ac.id/index.php/er/article/download/1085/887 Keputusan pembelian. Diakses pada 26 Oktober 2022, pukul 14.40 WIB
https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/download/22999/29513 Point Of Purcahase (POP) dan Keputusan Pembelian. Diakses pada 26 Oktober 2022, pukul 15.15 WIB
https://repository.iainbengkulu.ac.id/6128/SKRIPSI%20ANNISYA%20URFA. pdf Point Of Purchase (POP) Terhadap Keputusan Nasabah. Diakses pada 26 Oktober 2022, pukul 15.30 WIB
https://eprints.ums.ac.id/64578/ Point Of Purchase (POP) Terhadap Keputusan Nasabah Produk Pakaian Di Assalam Hypermarket Pebelan Kartasura. Diakses pada 26 Oktober 2022, pukul 16.00 WIB
Refbacks
- There are currently no refbacks.