Analisa Sistem Antrian Loket Pembayaran (Kasir) pada CV Toko Happy Srigunting Swalayan dengan Menggunakan Sofware Arena

Muhammad Azizi, Budhi Santri Kusuma, Yudi Daeng Polewangi

Abstract


Toko Happy adalah salah satu swalayan yang memiliki permasalahan berupa lamanya waktu antrean yang harus dihadapi oleh para pembeli akibat kurangnya jumlah kasir yang disediakan oleh perusahaan. Toko Happy menerapkan model antrian Multichannel-Single Phase (M/M/S/I) atau model antrian jalur berganda, yang menyediakan lebih dari satu loket pembayaran atau kasir untuk melayani pelanggan yang ingin melakukan pembayaran dengan disiplin antrian SIRO (Service in Random Order), di mana pelanggan yang datang lebih dulu belum tentu dilayani lebih dulu, begitu pula sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jumlah kasir yang optimal guna mengurangi waktu pelayanan dan jumlah antrean. Data yang dikumpulkan berasal dari observasi langsung terhadap 100 pengunjung, mencakup waktu kedatangan ke kasir, waktu mulai pelayanan, hingga waktu selesai pelayanan selama satu hari kerja dari pukul 08.00-13.00. Analisis dilakukan dengan pendekatan simulasi menggunakan perangkat lunak Arena. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemanfaatan sistem sebesar 43,4%. Rata-rata jumlah pelanggan dalam sistem adalah 0,769 pelanggan per jam, dan rata-rata jumlah pelanggan dalam antrean adalah 0,334 pelanggan per jam. Waktu rata-rata pelanggan dalam sistem adalah 0,038 jam, atau 2,28 menit, dan waktu rata-rata pelanggan dalam antrean adalah 0,016 jam, atau 1,36 menit.

References


N. Arafat, "Efektifitas Pelayanan Di Perusahaan Pengadaan Barang/Jasa Studi Kasus Pada CNOOC SES," Liquidity 2.2, pp. 137-143, 2013.

M. Mukhlizar, "Simulasi Sistem Antrian pada SPBU 14.236.100 Menggunakan Promodel," Jurnal Optimalisasi, vol. 2, no. 3, 2016.

C. Manalu and I. Palandeng, "Analisis Sistem Antrian Sepeda Motor Pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 74.951.02 Malalayang," Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, vol. 7, no. 1, 2019.

E. Maulina and D.D.Widyastuti, "Analisis Pengadaan Counter Service Khusus Booking untuk Mengurangi Waktu Tunggu dan Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Booking di Departemen Service Auto 2000 di Jakarta," Jurnal Mitra Manajemen, vol. 13, no. 2, 2022.

M. G. H. S. Herawati, "Simulasi Antrian Pada POM BENSIN (studi kasus pada SPBU 54.651. 13 Rampal, Malang)," Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya, Malang, 2008.

W. D. Kelton, R. P. Sadowski and D. T. Sturrock, Simulation With Arena Fourth Edition, New York: Mcgraw-Hill College, 2015.

Sugiyono., Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2018.


Article Metrics

 Abstract Views : 7 times
 PDF_Vol.13 No.1 (2024)_16318 Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Azizi, Budhi Santri Kusuma, Yudi Daeng Polewangi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.