PEMANFAATAN DAUN PEPAYA (Carica Papaya) UNTUK PEMBUATAN PESTISIDA NABATI

Fikri Hasfita, Nasrul ZA, Lafyati Lafyati

Abstract


Pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh residu pestisida sintesis semakin bertambah buruk terhadap lingkungan. Pembuatan pestisida nabati merupakan solusi alternatif yang dapat dilakukan guna mengurangi dampak pencemaran. Daun pepaya (carica papaya)  yang diketahui mengandung enzyme papain sangat berpotensi dikembangkan sebagai bahan baku pembuatan pestisida nabati. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan metode pembuatan pestisida nabati dari daun papaya yang efektif. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap yaitu pembuatan pestisida tanpa modifikasi , pembuatan pestisida termodifikasi minyak tanah dan deterjen dan uji kinerja terhadap hama. Uji kinerja pestisida dianalisa dengan melihat pengaruh waktu perendaman, konsentrasi bahan baku dan modifikasi bahan baku  terhadap waktu kematian hama. Efek racun dianalisa menggunakan uji sisa residu pada daun dan efek kontak.  Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pestisida daun papaya sangat efektif digunakan untuk untuk membunuh jenis hama rayap dengan waktu kematian tercepat diperoleh 10 menit pada pestisida termodifikasi deterjen:minyak tanah:pestisida 1:5:1, waktu perendaman 18 jam. Uji efek racun menunjukkan pestisida termodifikasi mampu menghilangkan hama rayap mencapai 100%, ulat dan kutu daun 80%  sedangkan tanpa modifikasi hanya 40% untuk ketiga jenis hama.

Keywords


Pestisida nabati;daun pepaya;deterjen;minyak tanah;rayap;kutu daun;ulat.

Full Text:

PDF

References


Abidin, M.Z, Salbiah, D, Sutikno, A. ( 2010): Uji Penggunaan Tepung Serai Wangi (Cymbopogon nardus L.) dalam Mengendalikan Rayap(Coptotermes curvignatus) pada Skala Laboratorium, Fakultas Pertanian, Agro Technologi, UNRI.

Dewi, R. S. ( 2010) : Keefektifan Ekstrak Tiga Jenis Tumbuhan Terhadap Paracoccus marginatus dan Tetranychus sp. pada Tanaman Jarak Pagar (Jatropha curcas L.) Tesis Program Pascasarjana. IPB. Bogor.

Muchlisah, F. (2004): Tanaman Obat Keluarga (TOGA).Jakarta : Penebar Swadaya.

Sastroutomo, S. S. ( 1992) : Pestisida, Jakarta, Gramedia pustaka Utama, 186 hal.

Zarkani, A., Prijono, D., Pudjianto (2010) : Efikasi Insektisida Nabati Ekstrak Daun Tephrosia vogelii Hook. Terhadap Crocidolomia pavonana dan Plutella xylostella Serta Pengaruhnya pada Diadegma semiclausum. JIPI 12 (1): 68-75 (2010).


Article Metrics

 Abstract Views : 17259 times
 PDF Downloaded : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fikri Hasfita, Nasrul ZA, Lafyati Lafyati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN:2580-5436
P-ISSN: 2303-3991

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter
View My Stats