Pemanfaatan Pati Batang Ubi Kayu dan Pati Ubi Kayu untuk Bahan Baku Alternatif Pembuatan Plastik Biodegradable

Sry Rahmadani

Abstract


Plastik biodegradable adalah plastik yang dapat terdegradasi oleh mikroorganisme  dan terbuat dari bahan yang dapat diperbaharui, sehingga  tidak  merusak lingkungan. Pada penelitian ini plastik dibuat dengan bahan utamanya berasal dari pati batang ubi kayu dan pati ubi kayu, dengan memvariasikan suhu yaitu dengan suhu 550C dan 600C dan3 variasi volume gliserol yaitu 6%, 7%, 8%. Untuk meningkatkan karakteristik dari plasik dibutuhkan penambahan bahan yaitu  gliserol. Fungsi  penambahan gliserol agar plastik yang dihasilkan fleksibel. Pada penelitian ini, diperoleh hasil karakterisasi terbaik untuk uji ketahanan tarik pada  variasi  gliserol 8% dan suhu 600C didapatkan dengan nilai 274,6 MPa. Sedangkan elongasi terbaik pada variasi gliserol 6% dan suhu 550C  didapatkan dengan  nilai 147,12 %. Untuk  hasil  penelitian uji degradasi yaitu plastik pada penelitian ini mampu terurai secara sempurna selama 15 hari.

Full Text:

PDF

References


Antari, R. dan Umiyasih. 2009. Pemanfaatan Tanaman Ubi Kayu dan Limbahnyasecara Pakan Ternak Ruminansia. Loka Penelitian Sapi Potong Pasuruan. Wartozoa Vol. 19 No 4.

Asni, Nurul., Saleh, djonaedi., dan Rahmawati, Nadia. 2015. Plastik Biodegradable Berbahan Ampas Singkong dan Polivinil Asetat. Universitas Indonesia, FMIPA Program Studi Fisika, Depok.

Coniwanti, Pamilia., Linda Laila., dan Mardiyah Rizka Alfira. 2014. Pembuatan Film Plastik Biodegredabel Dari Pati Jagung Dengan Penambahan Kitosan Dan Pemplastis Gliserol. Prosiding : Jurnal Teknik Kimia No. 4, Vol. 20

Darni, Yuli Dan Herti Utami. 2010. Studi Pembuatan Dan Karakteristik Sifat Mekanik Dan Hidrofobisitas Bioplastik Dari Pati Sorgum. Jurnal Rekayasa Kimia Dan Lingkungan. Vol. 7, No. 4, Hal. 190-195.

Devendra, C. 1977. Cassava as a Feed Source for Ruminants. In: Nestle; Canada

Hardjono, 1989, Operasi Teknik Kimia II, edisi pertama, Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Krityanto, Rahmad dan Marlinda. 2011. Pembuatan Film Plastik Biodegredabel Dari Pati Kentang Dengan Penambahan Kitosan Dan Pemplastis Gliserol. Jurnal Teknik Kimia ITM

Setyaningsih, 2010. Optimasi Pembuatan Bioplastik Polihidroksi alkanoat Menggunakan Bakteri Mesofilik Dan Media Cair pabrik Kelapa Sawit. Tesis Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatra Utara. Medan.

Nurminah, Mimi. 2002. Berbagai Sifat Bahan Kemasan Plastik dan Kertas Serta Pengaruhnya Terhadap Bahan Yang Dikemas. Medan:Universitas Sumatra Utara. Medan.

Purbasari, A dan Andri Kumoro. 2014. Sifat mekanik dan morfologi plastik biodegradable dari limbah tepung nasi aking dan tepung tapioka menggunakan pemlastik gliserol, Universitas Diponegoro.

Ummah, Al. Nathiqoh. “Uji Ketahanan Biodegradable Plastic Berbasis Pati Tepung Biji Durian (Durio Zibethinus Murr) Terhadap Air dan Pengukuran Densitasnya”. Skripsi, 2013.




DOI: https://doi.org/10.29103/jtku.v8i1.1913

Article Metrics

#### view : 96 times
PDF 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.