Optimasi Penambahan Aseton Untuk Meningkatkan Nilai Oktan dan Performa Mesin Bensin Pada Pertalite

Oktavia Salsa Winanda Pangestu, Marsha Fazira Firdausy, Rafli Ranu Rahmadian, Ikhsan Maulana, Oksil Venriza

Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan nilai oktan pertalite, bahan bakar minyak yang sering digunakan, dengan aset masukan sebagai bahan tambahan. Untuk mencapai hal ini, sebuah metodologi diimplementasikan secara eksperimental di mana konsentrasi aseton yang berbeda ditambahkan ke campuran pertalite dan angka oktan yang ditentukan melalui Induktif Coupled Plasma (ICP). Sebagai senyawa organik yang termasuk dalam keluarga keton, aseton memiliki kapasitas untuk meningkatkan nilai oktan bensin, sehingga mempengaruhi kinerja mesin dan emisi gas buang. Selama penelitian, sampel bahan bakar dicampur dengan aseton pada berbagai konsentrasi, dan sejauh mana setiap konsentrasi meningkatkan angka oktan yang diukur. Dengan penambahan aseton, angka oktan pertalite meningkat secara signifikan, menurut hasil penelitian. Analisis statistik tambahan memvalidasi hasil ini, yang menunjukkan korelasi penting antara angka oktan dan konsentrasi aseton. Hal ini membuktikan bahwa sannya aseton dapat diakui sebagai aditif yang hemat biaya dan efisien untuk mengoptimalkan kualitas bahan bakar. Berdasarkan hasil yang diperoleh, ditarik kesimpulan bahwasannya bahwa sannya aseton menunjukkan harapan yang cukup besar sebagai aditif hemat biaya yang mampu meningkatkan kualitas bahan bakar secara efisien. Implikasi dari hasil ini untuk industri bahan bakar sangat penting, karena mereka mendukung penciptaan aditif yang secara substansial dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar tanpa menimbulkan biaya produksi tambahan. Ada harapan optimis bahwa temuan ini akan menjadi katalisator untuk penelitian lebih lanjut dan pengembangan formulasi bahan bakar yang praktis di masa yang akan datang .


Keywords


pertalite, mesin, acetone, ron, icp, kualitas.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S., Jafry, A. T., Haq, M. U., Abbas, N., Ajab, H., Hussain, A., & Sajjad, U. (2023). Performance and emission characteristics of second-generation biodiesel with oxygenated additives. Energies, 16(13), 5153.

Badia, J. H., Ramírez, E., Bringué, R., Cunill, F., & Delgado, J. (2021). New octane booster molecules for modern gasoline composition. Energy & Fuels, 35(14), 10949-10997.

Martínez, S., Sánchez, R., & Todolí, J. L. (2022). Inductively coupled plasma tandem mass spectrometry (ICP-MS/MS) for the analysis of fuels, biofuels and their feedstock using a high temperature total consumption sample introduction system operated under continuous sample aspiration mode. Journal of Analytical Atomic Spectrometry, 37(5), 1032-1043.

Kumar, A., Kumar, J., & Bhaskar, T. (2020). Utilization of lignin: A sustainable and eco-friendly approach. Journal of the Energy Institute, 93(1), 235-271.

Simanjuntak, J. P., Al-attab, K. A., Daryanto, E., & Tambunan, B. H. (2022). Bioenergy as an Alternative Energy Source: Progress and Development to Meet the Energy Mix in Indonesia. Journal of Advanced Research in Fluid Mechanics and Thermal Sciences, 97(1), 85-104.

Richards, P., & Barker, J. (2023). Automotive fuels reference book. SAE International. Ahmad, S., Jafry, A. T., Haq, M. U., Abbas, N., Ajab, H., Hussain, A., & Sajjad, U. (2023). Performance and emission characteristics of second-generation biodiesel with oxygenated additives. Energies, 16(13), 5153.




DOI: https://doi.org/10.29103/jtku.v13i1.16603

Article Metrics

 Abstract Views : 13 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 oktavia salsa pangestu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN:2580-5436
P-ISSN: 2303-3991

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter
View My Stats