Community Empowerment Melalui Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Kota Lhokseumawe

Aflia Riski, Nur Hafni, Maisyura Maisyura, Richa Meliza, Mujiburrahman Mujiburrahman, Muhammad Fazil, Bahtera Khoirudin Lubis, Desy Fatmasari

Abstract


Perkembangan digitalisasi telah berkembang dengan pesat dan berpengaruh pada masyarakat dalam mendukung berbagai kegiatan bisnis skala besar maupun kecil. Digital Marketing menjadi salah satu sarana untuk berjualan yang dapat membantu peningkatan penjualan produk dibandingkan dengan penjualan secara konvensional. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan sektor pendorong utama pertumbuhan ekonomi masyarakat. Selain itu, TIK juga berperan sebagai enabler dalam transformasi sosial budaya di berbagai aspek kehidupan masyarakat. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat Gampong Blang Pulo, Kota Lhokseumawe, melalui penerapan strategi digital marketing bagi pelaku UMKM. Beberapa persoalan mendasar yang dihadapi oleh UMKM di Gampong Blang Pulo, yaitu: 1) Kurangnya pengetahuan tentang pentingnya pemanfaatan Digital Marketing atau e-commerce dalam memasarkan produk.; 2) Kurangnya jejaring/ kerja sama dengan berbagai pihak dalam memasarkan produk UMKM yang bisa memenuhi kebutuhan pasar dan menambah pendapatan masyarakat Blang Pulo Kota Lhokseumawe. 3) Minimnya kemampuan masyarakat/ kelompok UMKM untuk menggunakan teknologi dalam memasarkan produk. Dalam era digital saat ini, kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sangat penting untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha Mikro Kecil dan Menengah (UKM). Program pengabdian ini melibatkan serangkaian pelatihan dan pendampingan yang berfokus pada peningkatan keterampilan digital marketing, penggunaan media sosial, dan pemanfaatan platform e-commerce atau marketplace. Pelaksanaan pengabdian ini melibatkan beberapa tahap, yaitu: (1) identifikasi kebutuhan dan pemetaan pelaku UMKM, (2) pelaksanaan pelatihan dan workshop, (3) pendampingan teknis dalam implementasi strategi digital marketing, dan (4) evaluasi dan monitoring hasil kegiatan. Luaran yang dihasilkan pada pengabdian ini adalah publikasi kegiatan di media online, Publikasi ilmiah pada jurnal pengabdian berbasis OJS, Dokumen Kerjasama dan HKI.


Keywords


Pemberdayaan, digital marketing, UMKM

Full Text:

PDF

References


A. Fahmi Zakariya. (2019). Pemberdayaan UMKM dalam Mambangun Kekuatan Ekonomi Melalui Pengolahan Ikan Di Desa Karangagung. Islamic Management and Empowerment Journal Volume 2, Number 2, Desember 2019. p. 133 – 150 P-ISSN:2685-953X; e-ISSN:2686-0317

Aisyah, T., Murniati, M., Yani, A., Hasyem, M., & Arinanda, A. (2023). Empowerment of Salted Fish Processing Business in Increasing Community Income in Lhokseumawe City. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM), 4(2), 275.

Alfina Syntiasari, Cindy Khoirun Nisak, Elsa Auliasandi ikhsan Putri, Ineztasya Eka Rahmadani, Budi Prasetyo, G., & Kahan Tony Hendrawan. (2023). Community Empowerment Through Digital Marketing Training on Processed Chili Powder in Jipurapah Village. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1149–1157.

Cultivation, F., Budiwidjaksono, G. S., Novianti, A., Khairunisya, A., Ati, M., Ariasta, A., Putri, H. N., & Thalib, M. R. (2023). Pendampingan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Budidaya Lele Al-Qolam Fish Farm. Jurnal Masyarakat …, 2(2), 83–94.

E-commerce, N. D. A. N. (2017). Pemberdayaan masyarakat UMKM EY pesisir pantai utara jawa tengah melalui koperasi UMKM dan. XVII(September).

Fazil, M., & Arifin, A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pemerintahan Gampong (Desa) Di Wilayah Pesisir Kota Lhokseumawe. Jurnal Jurnalisme, 9(1), 1.

Fazil, M., Fahmi, A., & Riski, A. (2022). Digital Literacy in Building a Smart City at Banda Aceh. International Journal of Engineering, Science and Information Technology, 2(4), 55–60.

Hafni, N., Rizki, A., & Ritonga, N. (2023). Pelatihan Pemasaran Digital Berbasis Media Sosial. 1(1), 31–37.

Hasdyna, N., & Nahrisa, P. (2022). Sistem Informasi Komoditi UMKM Desa Blang Pulo Lama Kota Lhokseumawe. 3(2), 51–55.

Pemberdayaan, D. A. N., & Komunikasi, D. A. N. (2015). PADA PETANI DAN UMKM EY ( Survey Rumah Tangga dan Best Practices ).

Yulina, M. (n.d.). No Title.




DOI: https://doi.org/10.29103/jsm.v2i2.18788

Article Metrics

 Abstract Views : 28 times
 PDF Downloaded : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXED BY:

 

OFFICE:

Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. email: jsm.fisipol@unimal.ac.id

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

free web stats
View My Stats