Gambaran Intensi Menyontek pada Mahasiswa Universitas X

Rini Julistia, Yuliyana Yuliana, Yara Andita Anastasya, Ika Amalia, Rahmia Dewi, Widi Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran intensi menyontek pada mahasiswa di Universitas X. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian yaitu mahasiswa aktif di Universitas X dari tahun 2016 sampai 2020 berjumlah 205 subjek. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas dengan teknik corrected item-total correlation dan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensi menyontek pada mahasiswa di Universitas X berada pada kategori negatif. Hal ini memiliki makna bahwa mahasiswa di Universitas X, memiliki attitudes toward the bahavioral yang negatif dimana mahasiswa menilai perilaku menyontek merupakan perbuatan yang tidak baik. Kemudian subjective norm yang dipandang negatif, membuat mahasiswa merasakan tekanan sosial untuk menghindari perilaku menyontek. Ketika attitudes toward the bahavioral dan subjective norm dinilai negatif maka perceived behavioral control yang dirasakan akan kecil, sehingga intensi untuk melakukan menyontek akan negatif. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan metode kuantitatif dua variabel dan dapat menambah variabel kontrol diri dalam fenomena menyontek yang terjadi di mahasiswa.


Keywords


intensi, menyontek, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality, and Bahavior. (2nd ed.). Berkshire, UK: Open University Press-McGraw Hill Education. https://bit.ly/3q6S03n

Ajzen, I. (2006, January). Constructing a TPB Questionnaire: Conceptual and Methodological Considerations, 2-14. https://bit.ly/3zCLAfP

Anderman, E. M., & Murdock, T. B. (2007). Psychology of Academic Cheating. Academic Press Inc. https://doi.org/10.1016/B978-012372541-7/50002-4

Askia, M. (2020). Pengaruh Kematangan Emosi dan Kedisiplinan Terhadap Perilaku Menyontek. Jurnal Imiah Psikologi,8(4),634-647. https://bit.ly/33dCR7y

Astrini, T. A. (2015). Kejujuran Akademik Pada Siswa Laki-Laki Dan Perempuan. Naskah Publikasi. https://bit.ly/32Vy9M7

Bella, M. M., & Ratna, L. D. (2018). Perilaku Malas Belajar Mahasiswa Di Lingkungan Kampus Universitas Trunojoyo Madura. Journal of Management Studies,12(2),280-303. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i2.4963

Cakrawardana, A. (2019). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Perceived Behavioral Control, Peer Pressure, Moral Obligation Dan Faktor Demografis Terhadap Intensi Ketidakjujuran Akademik. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Islama Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. (publish). https://bit.ly/31K8PIk

Fitri, D. A., Diana, N., & Junaidi (2019). Analisis Kecurangan Akademik Melalui Perilaku Menyontek (Cheating) Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang.E-JRA,08(05). http://riset.unisma.ac.id/index.php/jra/article/view4068

Fishbein, M. & Ajzen, I. (2010). Predicting and Changing Behavior: The Reasoned Action Approach. Taylor & Francis Group LLC.

Halimatusyadiah. & Nugraha, A. (2017). Identifikasi Tingkat Kecurangan Akademik Di Lingkungan Perguruan Tinggi. Jurnal Akuntansi,7(2),35-52. http://dx.doi.org/10.33369/j.akuntansi.7.2.35-52

Herdian., & Astorini, D. (2017). Ketidakjujuran pada Calon Pendidik Agama Islam di Universitas X di Purwokerto. Psikologia Jurnal Psikologi,2(1)1-16. DOI Link: 10.21070/psikologia.v2i1.1073

Martinez, L., & Ramirez, R. E. (2018). Academic Fraud by University Students in Colombia: How Chronic is the IIInes?,44,1-17. DOI: http://dx.doi.org/10.1590/S1517-9702201706157079

Masada, C., & Dachmiati, S. (2016). Faktor Pemengaruh Perilaku Siswa Dan Mahasiswa Menyontek. SOSIO-E-KONS,8(3). 227-233. http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v8i3.1168

Nugroho, S. D. (2015). Kejujuran Akademik Pada Mahasiswa Saat menghadapi Ujian. Naskah Publikasi. https://bit.ly/33gKIB8

Patnayakuni, A & Sundaram, S. (2021). Prevalence, types and reasons for academic dishonesty among college students. Journal of Studies in Social Sciences and Humanities.7(1),1-14. https://bit.ly/3tc68KY

Pramadi, A., Pali, M., Hanurawan, F., & Atmoko, A. (2017). Academic Cheating In School: A Process of Dissonance Between Knowledge and Conduct. Mediterranean Journal of Social Sciences,8(6). http://dx.doi.org/10.1515/mjss-2017-0052

Saleh, M. A. & Meccawy, Z. (2021). EFL Female Students’ Perceptions Towards Cheating In Distance Learning Programmes.4(1). doi: 10.5539/elt.v14n1p29

Shara, S. (2016). Hubungan Self-Efficacy Dan perilaku Menyontek (Cheating) Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas X. Jurnal Ilmiah Psikologi.9(1). https://bit.ly/3GbSHhI

Simkin, M. G. & Mcleod, A. (2010). Why Do College Students Cheat?. Journal of Business Ethics Forthcoming. https://bit.ly/3qZGZ3o

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Widianto, A. & Sari, Y., P. (2017). Deteksi Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa D III Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal dengan Model Fraud Triangle. Jurnal Aksi (Akuntasi dan Sistem Informasi),1. DOI:10.32486/aksi.v1i1.9

Yuliyanto, H. (2015). Persepsi Mahasiswa Tentang Ketidak-Jujuran Akademik: Studi Kasus Mahasiswa Program Vokasi Universitas Indonesia. Jurnal Vokasi Indonesia,3(1)85-91. http://www.jvi.ui.ac.id/index.php/jvi/article/view/28




DOI: https://doi.org/10.29103/jpt.v5i2.9543

Article Metrics

 Abstract Views : 352 times
 PDF Downloaded : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rini Julistia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.