Gambaran Intensi Menyontek pada Mahasiswa Universitas X
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran intensi menyontek pada mahasiswa di Universitas X. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian yaitu mahasiswa aktif di Universitas X dari tahun 2016 sampai 2020 berjumlah 205 subjek. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas dengan teknik corrected item-total correlation dan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensi menyontek pada mahasiswa di Universitas X berada pada kategori negatif. Hal ini memiliki makna bahwa mahasiswa di Universitas X, memiliki attitudes toward the bahavioral yang negatif dimana mahasiswa menilai perilaku menyontek merupakan perbuatan yang tidak baik. Kemudian subjective norm yang dipandang negatif, membuat mahasiswa merasakan tekanan sosial untuk menghindari perilaku menyontek. Ketika attitudes toward the bahavioral dan subjective norm dinilai negatif maka perceived behavioral control yang dirasakan akan kecil, sehingga intensi untuk melakukan menyontek akan negatif. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan metode kuantitatif dua variabel dan dapat menambah variabel kontrol diri dalam fenomena menyontek yang terjadi di mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajzen, I. (2005). Attitudes, Personality, and Bahavior. (2nd ed.). Berkshire, UK: Open University Press-McGraw Hill Education. https://bit.ly/3q6S03n
Ajzen, I. (2006, January). Constructing a TPB Questionnaire: Conceptual and Methodological Considerations, 2-14. https://bit.ly/3zCLAfP
Anderman, E. M., & Murdock, T. B. (2007). Psychology of Academic Cheating. Academic Press Inc. https://doi.org/10.1016/B978-012372541-7/50002-4
Askia, M. (2020). Pengaruh Kematangan Emosi dan Kedisiplinan Terhadap Perilaku Menyontek. Jurnal Imiah Psikologi,8(4),634-647. https://bit.ly/33dCR7y
Astrini, T. A. (2015). Kejujuran Akademik Pada Siswa Laki-Laki Dan Perempuan. Naskah Publikasi. https://bit.ly/32Vy9M7
Bella, M. M., & Ratna, L. D. (2018). Perilaku Malas Belajar Mahasiswa Di Lingkungan Kampus Universitas Trunojoyo Madura. Journal of Management Studies,12(2),280-303. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i2.4963
Cakrawardana, A. (2019). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, Perceived Behavioral Control, Peer Pressure, Moral Obligation Dan Faktor Demografis Terhadap Intensi Ketidakjujuran Akademik. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Islama Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. (publish). https://bit.ly/31K8PIk
Fitri, D. A., Diana, N., & Junaidi (2019). Analisis Kecurangan Akademik Melalui Perilaku Menyontek (Cheating) Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang.E-JRA,08(05). http://riset.unisma.ac.id/index.php/jra/article/view4068
Fishbein, M. & Ajzen, I. (2010). Predicting and Changing Behavior: The Reasoned Action Approach. Taylor & Francis Group LLC.
Halimatusyadiah. & Nugraha, A. (2017). Identifikasi Tingkat Kecurangan Akademik Di Lingkungan Perguruan Tinggi. Jurnal Akuntansi,7(2),35-52. http://dx.doi.org/10.33369/j.akuntansi.7.2.35-52
Herdian., & Astorini, D. (2017). Ketidakjujuran pada Calon Pendidik Agama Islam di Universitas X di Purwokerto. Psikologia Jurnal Psikologi,2(1)1-16. DOI Link: 10.21070/psikologia.v2i1.1073
Martinez, L., & Ramirez, R. E. (2018). Academic Fraud by University Students in Colombia: How Chronic is the IIInes?,44,1-17. DOI: http://dx.doi.org/10.1590/S1517-9702201706157079
Masada, C., & Dachmiati, S. (2016). Faktor Pemengaruh Perilaku Siswa Dan Mahasiswa Menyontek. SOSIO-E-KONS,8(3). 227-233. http://dx.doi.org/10.30998/sosioekons.v8i3.1168
Nugroho, S. D. (2015). Kejujuran Akademik Pada Mahasiswa Saat menghadapi Ujian. Naskah Publikasi. https://bit.ly/33gKIB8
Patnayakuni, A & Sundaram, S. (2021). Prevalence, types and reasons for academic dishonesty among college students. Journal of Studies in Social Sciences and Humanities.7(1),1-14. https://bit.ly/3tc68KY
Pramadi, A., Pali, M., Hanurawan, F., & Atmoko, A. (2017). Academic Cheating In School: A Process of Dissonance Between Knowledge and Conduct. Mediterranean Journal of Social Sciences,8(6). http://dx.doi.org/10.1515/mjss-2017-0052
Saleh, M. A. & Meccawy, Z. (2021). EFL Female Students’ Perceptions Towards Cheating In Distance Learning Programmes.4(1). doi: 10.5539/elt.v14n1p29
Shara, S. (2016). Hubungan Self-Efficacy Dan perilaku Menyontek (Cheating) Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas X. Jurnal Ilmiah Psikologi.9(1). https://bit.ly/3GbSHhI
Simkin, M. G. & Mcleod, A. (2010). Why Do College Students Cheat?. Journal of Business Ethics Forthcoming. https://bit.ly/3qZGZ3o
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Widianto, A. & Sari, Y., P. (2017). Deteksi Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa D III Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal dengan Model Fraud Triangle. Jurnal Aksi (Akuntasi dan Sistem Informasi),1. DOI:10.32486/aksi.v1i1.9
Yuliyanto, H. (2015). Persepsi Mahasiswa Tentang Ketidak-Jujuran Akademik: Studi Kasus Mahasiswa Program Vokasi Universitas Indonesia. Jurnal Vokasi Indonesia,3(1)85-91. http://www.jvi.ui.ac.id/index.php/jvi/article/view/28
DOI: https://doi.org/10.29103/jpt.v5i2.9543
Article Metrics
Abstract Views : 374 timesPDF Downloaded : 5 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rini Julistia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.